Sukses

Hadi Tjahjanto Dinilai Bisa Jadi Kuda Hitam Cawapres di Pilpres 2024

Efriza mengatakan, jika Hadi ingin menjadi cawapres maka harus berjuang mendekati elite-elite PDIP. Selain itu, ia mampu meyakini PDIP yang tidak begitu menyenangi duet Nasionalis-Militer.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Citra Institute Efriza menilai positif jika sosok mantan Panglima TNI Hadi Thahjanto diajukan menjadi cawapres Ganjar Pranowo. Menurutnya, Hadi bisa menjadi kuda hitam.

"Ia unsur yang baik kok jika mau diajukan, kuda hitam cawapres, kejutan cawapres," kata Efriza kepada wartawan, Minggu (30/4/2023).

Efriza memandang, jika Hadi diajukan, maka ia dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Terlebih, hubungan Jokowi dengan Hadi juga dekat.

"Jika Hadi diajukan diyakini Jokowi menginginkan urusan IKN dapat dilanjutkan, diselesaikan berdasarkan pengalaman Hadi sebagai menteri ATR/BTN. Ia dapat dipercaya oleh Jokowi karena pengalamannya dan kedekatan hubungan keduanya," tuturnya.

Efriza mengatakan, jika Hadi ingin menjadi cawapres maka harus berjuang mendekati elite-elite PDIP. Selain itu, ia mampu meyakini PDIP yang tidak begitu menyenangi duet Nasionalis-Militer.

"Ia harus membangun hubungan lebih spesial kepada Jokowi jika ingin mengajukan diri sebagai cawapres potensial dan kuda hitam," ucap Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Sutomo ini.

Efriza menambahkan, pekerjaan terberat lainnya adalah Hadi Tjahjanto mesti memiliki kekuatan massa maupun penerimaan publik yang besar kepada dirinya. Baik dari figur masyarakat umum maupun dari unsur militer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mampu Naiki Elektabilitasnya, Hadi Tjahjanto Berperluang Dampingi Ganjar Pranowo

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto dianggap bisa saja berpeluang mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilu 2024 sebagai calon wakil presidennya.

Pengamat politik dan dosen Fisip UBK, Faisyal Chaniago mengatakan, Hadi Tjahjanto bisa menjadi Cawapres bagi Ganjar. Namun dengan beberapa catatan.

"Apakah Hadi ada peluang untuk mendampingi Ganjar? Bisa saja, asal tim sukses Hadi bisa melakukan pendekatan politik pada elit-elit PDIP dan partai lain," katanya saat dihubungi wartawan.

Dia juga mengimbau, agar Hadi Tjahjanto memperbanyak kegiatan dengan masyarakat. Harapannya, dapat meningkatkan elektabilitas sehingga menjadi satu nilai tawar.

"Serta dalam waktu dekat mampu menaiki elektabilitasnya - karena pemilu salah satu ukurannya dari elektabilitas," ujarnya.

Selain elektabilitas, Faisyal menambahkan, Hadi juga harus membangun komunikasi politik dengan sejumlah parpol. Dengan dua bekal tersebut, dia meyakini, Hadi memiliki peluang untuk ikut dala kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Sebelumnya, lembaga penelitian Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei yang dilakukan 25-28 April 2023, di mana melihat suara pemilih kritis terhadap kandidat calon presiden untuk Pemilu 2024.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengatakan, pemilih kritis adalah pemilih yang punya akses ke sumber-sumber informasi sosial-politik secara lebih baik karena mereka memiliki telepon atau cellphone sehingga bisa mengakses internet untuk mengetahui dan bersikap terhadap berita-berita sosial-politik. Mereka umumnya adalah pemilih kelas menengah bawah ke kelas atas, lebih berpendidikan, dan cenderung tinggal di perkotaan.

Mereka juga cenderung lebih bisa memengaruhi opini kelompok pemilih di bawahnya. Total pemilih kritis ini secara nasional diperkirakan 80%. Karena itu, survei ini tidak mencerminkan populasi pemilih nasional 100%.

Adapun, hasilnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas dengan raihan 20,8%. Di bawahnya ada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan 15,8% dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan 11,4%.

"Ini mengindikasikan bahwa Ganjar mengalami kenaikan signifikan dari 13% pada 4-7 April 2023, baru setelah keputusan FIFA yang membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20, menjadi 20,8% pada 25-28 April 2023 baru setelah keputusan PDIP mencalonkan Ganjar," kata Deni dalam keterangannya, Sabtu (29/4/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Marsekal Hadi Tjahjanto, menjadi calon tunggal yang diajukan sebagai pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo, selaku Panglima TNI.

    Hadi Tjahjanto

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Cawapres

Video Terkini