Sukses

Erick Thohir Dinilai Cawapres Pendongkrak Elektoral Parpol

Dia menilai dukungan kuat PAN untuk Erick Thohir tidak terlepas dari harapan akan hadirnya efek ekor jas. Utamanya untuk menambah daya elektoral PAN sehingga dapat melewati ambang batas parlemen atau parliamentary threshold.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) yang mampu mendongkrak tingkat elektoral bagi partai politik. Kondisi demikian tidak terlepas dari raihan elektabilitas tinggi Erick Thohir sampai sekarang ini.

Karenanya tidak mengherankan, bila sosok Erick Thohir terus mendapat dukungan kuat maju cawapres. Salah satu dukungan kuat datang dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, Erick Thohir menjadi sosok cawapres idaman bagi PAN. Kehadirannya mampu membawa dampak elektoral secara signifikan.

“Mungkin saja bagi PAN peluang logistik dan elektabilitas,” kata Pangi dikutip Rabu (7/6/2023).

Hal demikian tentunya tidak terlepas dari daya elektoral kuat yang dimiliki Erick Thohir sampai sekarang ini. Tercatat nama Erick Thohir begitu konsisten berada di daftar elektabilitas teratas sebagai cawapres.

Merujuk pada survei Indikator Politik Indonesia periode 26 hingga 30 Mei 2023 mencatatkan, elektabilitas Erick Thohir semakin melesat tinggi. Raihan angka elektabilitas Erick Thohir mencapai 15,5 persen.

Dia menilai dukungan kuat PAN untuk Erick Thohir tidak terlepas dari harapan akan hadirnya efek ekor jas. Utamanya untuk menambah daya elektoral PAN sehingga dapat melewati ambang batas parlemen atau parliamentary threshold.

“Peluang untuk mengangkat elektabilitas dari PAN-nya,” sambung Pangi.

Menurut dia hal demikian sah saja dilakukan oleh parpol manapun pada Pemilu 2024 nanti. Terlebih Erick Thohir merupakan figur yang berasal dari kalangan profesional dan bukan kader parpol tertentu.

“Karena Erick Thohir belum diklaim belum ditake over oleh partai manapun. Artinya Erick Thohir masih milik publik belum miliki partai manapun,” terang Pangi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PAN Nilai Erick Thohir Lengkap Portofolio

menilai Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) paket lengkap untuk menjadi salah satu pemimpin Indonesia selanjutnya melalui Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal ini membuat PAN getol mempromosikan menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut ke partai–partai pengusung capres yang berada di dalam koalisi pemerintahan seperti PDI Perjuangan dan Gerindra.

"Alasan rasionalnya, pertama, Erick Thohir ini tokoh nasional yang tergolong lengkap portofolio pengalamannya. Dia tokoh pengusaha, politik, media, olahraga, ekonomi syariah dan pejabat negara," terang Ketua Dewan Pakar PAN, Drajad Wibowo.

"Bukan kaleng-kaleng. Semuanya papan atas," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini