Sukses

Mayoritas Masyarakat Nilai Erick Thohir Paling Cocok Dampingi Ganjar Pranowo

Mayoritas masyarakat Indonesia menilai Menteri BUMN Erick Thohir paling cocok untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Calon Presiden (Capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo.

Liputan6.com, Jakarta - Mayoritas masyarakat Indonesia menilai Menteri BUMN Erick Thohir paling cocok untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Calon Presiden (Capres) PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo.

Dalam hasil survei terbaru Indonesia Political Opinion (IPO), menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut mendapatkan angka dukungan tertinggi untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

Erick Thohir terekam mendapatkan angka dukungan sebesar 26,8 persen untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang. Angka ini menjadi yang tertinggi jika dibandingkan dengan kandidat cawapres lainnya.

“26,8 persen masyarakat setuju Erick Thohir disandingkan dengan Ganjar Pranowo," terang Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion, Dedi Kurnia Syah.

Dalam temuan terbaru dari IPO, terdapat selisih besar antara Erick Thohir yang berada di posisi pertama dengan Menkopolhukam Mahfud MD yang berada di posisi kedua sebagai cawapres yang cocok mendampingi Ganjar Pranowo. Di mana Ketum PSSI tersebut mendapatkan dukungan sebesar 26,8 persen sedangkan Majfud MD hanya mendapatkan sebesar 13,5 persen.

Terdapat jarak sebesar 13,3 persen antara Erick Thohir dan Mahfud MD. Pun Mahfud MD kini tengah naik daun sebagai cawapres namun belum berhasil mengejar dukungan yang dimiliki oleh Eks Presiden Inter Milan tersebut.

Demikian pula dengan Menparekraf Sandiaga Uno yang belakangan santer diberitakan oleh media akan menjadi cawapres Ganjar Pranowo melalui PPP. Sandiaga bahkan hanya mendapatkan 4,5 persen dukungan dari masyarakat untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Jadi Pilihan Utama

Untuk itu, Masyarakat melihat Ketum Golkar Airlangga Hartarto lebih cocok untuk mendampingi Ganjar Pranowo ketimbang Sandiaga Uno dengan jumlah dukungan sebesar 7,3 persen. Dengan hasil ini, Erick Thohir menjadi pilihan utama masyarakat dalam mencari pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang versi IPO.

“Erick Thohir tetap konsisten berada di atas jika disandingkan dengan Ganjar Pranowo,” pungkas Dedi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.