Sukses

Erick Thohir Dinilai Cawapres Unggulan di Kalangan Nahdliyin

Bukan tidak mungkin jika Erick Thohir bisa mengungguli tokoh yang sudah lekat dengan NU, Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD hingga Muhaimin Iskandar.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Singgih Manggalaou menyatakan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai sosok calon wakil presiden (cawapres) yang potensial. Selain memiliki elektabilitas tinggi, Ketua Umum (Ketum) PSSI itu juga sangat populer di kalangan warga Nahdlatul Ulama (NU) atau Nahdliyin.

“Pak Erick Thohir sangat populer di kalangan NU dalam momen Harlah 1 Abad yang digelar di Sidoarjo,” kata Singgih dikutip Kamis (29/6/2023).

Kepopuleran pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi tersebut kepada Nahdliyin tak semata-mata muncul di momen Harlah 1 Abad NU beberapa waktu lalu. Tapi, Erick Thohir juga sering kali terlihat berdiskusi dengan para Nahdliyin di berbagai kesempatan.

Hal ini tidak mengherankan mengingat Erick Thohir merupakan bagian dari keluarga besar NU sebagai Anggota Kehormatan Banser. Karenanya ia juga mendapatkan dukungan dari para petinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk maju sebagai cawapres.

Dukungan ini datang dari Sekjen PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Ketua Umum GP Ansor NU sekaligus Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Selain dekat dengan para petinggi dan struktural NU, Erick Thohir juga menjadi salah satu inisiator lahirnya Badan Usaha Milik NU (BUMNU) yang diprediksi akan berjumlah 250 unit di seluruh Indonesia.

BUMNU itu sendiri memiliki tujuan mendorong Nahdliyin agar senantiasa memiliki jiwa wirausaha dan meningkatkan kemandirian ekonomi. Melihat andil Erick Thohir untuk kalangan Nahdliyin di Jawa Timur, Singgih menegaskan popularitas Menteri BUMN tersebut semakin menunjukkan tren positif.

Bahkan, bukan tidak mungkin jika Ketum PSSI tersebut, bisa mengungguli tokoh yang sudah lekat dengan NU lainnya seperti, Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD hingga Muhaimin Iskandar.

“Sebab itu Erick Thohir menjadi cawapres yang memiliki elektabilitas tertinggi di Jawa Timur,” ucap Singgih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elektabilitas Erick Thohir

 

Menteri BUMN Erick Thohir memang diketahui memiliki hubungan cukup dekat dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sebagai Anggota Kehormatan Banser.

Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi menilai, hubungan dekat itu mampu mendorong keterpilihan menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut di tengah warga NU atau Nahdliyin untuk maju menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

 "Kedekatan dengan NU juga bisa menjadi faktor pendorong dukungan warga nahdliyin," kata Ade melalui keterangan tertulis, Senin (26/6/2023).

Seperti diketahui, kedekatan hubungan yang dimiliki oleh Erick Thohir sebagai kader PBNU tidak terjadi begitu saja. Namun, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau Ketum PSSI ini juga banyak berkontribusi dalam berbagai kegiatan acara NU maupun pemberdayaan Nahdliyin.

Peran Erick Thohir untuk salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia itu terbukti dengan dibangunnya 250 Badan Usaha Milik NU (BUMNU).

Di BUMNU, eks Presiden Inter Milan itu terlibat secara langsung menjadi penyambung lidah bersama pemerintah dan pihak-pihak lain yang terkait di luar NU.

Selain menjadi inisiator dari BUMNU, Erick Thohir juga selalu mengedepankan program-program pemberdayaan untuk masyarakat luas atau yang berada dalam cakupan NU. Seperti Santripreneur, Pesantrenpreneur, Pertashop khusus Pesantren dan Santri Makmur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini