Sukses

Prabowo Subianto Capres Pilihan Tertinggi Kalangan Milenial dan Pengguna Media Sosial

Direktur CPI LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas mengungkapkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi salah satu calon presiden (capres) yang lebih banyak dipilih oleh milenial dan pengguna media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur CPI LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas mengungkapkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi salah satu calon presiden (capres) yang lebih banyak dipilih oleh milenial dan pengguna media sosial.

Hanggoro menerangkan, capres Partai Gerindra tersebut dipilih oleh mayoritas penguna media sosial YouTube dan Facebook.

“Publik yang menggunakan YouTube, capres pilihan tertingginya adalah Prabowo. Prabowo dipilih sebesar 44,0 persen, Ganjar 34,6 persen dan Anies 20,6 persen,” kata Hanggoro.

Hanggoro menjelaskan, selain YouTube, masyarakat yang aktif menggunakan media sosial Facebook juga lebih banyak menaruh pilihannya kepada menteri pertahanan andalan Presiden Jokowi tersebut.

“Publik yang menggunakan Facebook, capres pilihan tertingginya jatuh kepada Prabowo Subianto mencapai 31,0 persen, Ganjar dipilih sebesar 29,5 persen dan Anies 28,8 persen,” terang Hanggoro.

Keunggulan Prabowo Subianto tak hanya tercermin dari tingginya tingkat pengguna media sosial YouTube dan Facebook. Dari laporan yang sama, orang nomor satu di Partai Gerindra itu juga merupakan sosok yang diminati oleh para pembaca buku, baik sastra maupun non sastra. Hal itu berbanding terbalik dengan dua nama capres lainnya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

“Dari 43,5 persen pemilih, setidaknya yang membaca satu buku dalam satu tahun paling banyak pilihannya jatuh kepada Prabowo,” ungkap Hanggoro.

“Publik yang baca buku, capres pilihan tertingginya Prabowo. Prabowo dipilih sebesar 38,9 persen, Anies dipilih 32,9 persen. dan Ganjar dipilih 22,5 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Unggul di kalangan Segmentasi Pembaca Buku

Kemudian, temuan lainnya, Prabowo Subianto juga unggul dari segmentasi kalangan pembaca buku sastra dan non-sastra. Capres Partai Gerindra itu terbukti unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

“Segmen pembaca buku sastra, Prabowo dipilih sebesar 41,9 persen dan non sastra Prabowo dipilih sebesar 37,7 persen,”

Terakhir, para peminat pembaca buku fisik atau cetak juga secara langsung menjatuhkan pilihan capresnya kepada Prabowo Subianto. Di kalangan pembaca buku fisik atau cetak, Prabowo Subianto mendapatkan dukungan sebesar 42,6 persen, Anies Baswedan 29,0 persen dan Ganjar Pranowo yang hanya mendapatkan suara sebesar 21,0 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.