Sukses

Viral Baliho Prabowo Subianto Terpasang di Kompleks TNI AU: Keduanya Sudah Diturunkan

Sebuah foto yang menampilkan sebuah baliho bergambar Prabowo Subianto dan bertuliskan, "Untuk Indonesia Terus Maju" ramai menjadi perbincangan di Twitter karena berada di kompleks TNI AU.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah foto yang menampilkan baliho bergambar Prabowo Subianto dan bertuliskan, "Untuk Indonesia Terus Maju" ramai menjadi perbincangan di Twitter. 

Sekilas, baliho ini tampak normal. Namun, menjadi masalah ketika dipasang di tempat tak seharusnya. Pada kasus ini, baliho tersebut terpasang di kompleks TNI.

Foto tersebut diketahui diunggah oleh akun @Paltiwest, 19 Juli 2023.

"Apa Bapak-Bapak yang terhormat @Puspen_TNI @_TNIAU bisa jelaskan hal ini?! Seharusnya netralitas benar-benar dijaga, jangan TNI jadi berpihak begini. Semoga ada tindakan," tulis akun tersebut, seperti dilansir pada Kamis (20/7/2023).

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono membenarkan soal baliho yang terpasang di kompleks TNI tersebut.

"Betul, kalau lihat fotonya itu area TNI, mohon waktu pendalaman," kata Julius saat dihubungi Merdeka.

Akun Twitter resmi milik @_TNIAU pun membalas cuitan @Paltiwest. Melalui akun tersebut, TNI mengaku berterima kasih atas informasi yang diberikan.

TNI AU pun membenarkan soal keberadaan baliho tersebut dan telah menurunkannya. TNI AU menegaskan tetap netral dalam Pemilu 2024.

"Terima kasih atas pemberitahuannya. Satu baliho memang berada di dekat Perwakilan TNI AU Langen dan satu lagi berada di dekat Lanud WIR. Saat ini kedua baliho sudah diturunkan dan diamankan di Mako Lanud WIR. TNI AU akan tetap memegang teguh netralitas TNI dalam Pemilu 2024," tulis akun @_TNIAU.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

TNI Minta Maaf

Selain itu, pihak TNI AU meminta maaf atas adanya baliho yang terpasang di lokasinya itu. Ia pun memastikan bahwa baliho itu telah dicopot.

"Kami mohon maaf atas terlambatnya pemberitahuan ini. Kami pastikan bahwa sebelum maghrib tadi, Lanud WIR Tasikmalaya dan Pos TNI AU Langen Banjar sudah kembali bersih dari Baliho untuk menjaga komitmen netralitas TNI pada Pemilu 2024," imbuh TNI.

TNI AU meminta jika adanya ketidaknetralan yang dilakukan oleh anggotanya, dapat segera dilaporkan.

"Apabila airmen semua menemukan adanya ketidaknetralan anggota TNI AU dalam Pemilu 2024, mohon dapat dilaporkan ke Satpom Lanud setempat atau melalui medsos resmi TNI AU. Sekali lagi airmin mengucapkan terima kasih," pungkasnya.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • TNI AU

Video Terkini