Sukses

Presiden Jokowi Ungkap Isi Pertemuan dengan Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto di Istana

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkap isi pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pada Selasa 1 Agustus 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkap isi pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pada Selasa 1 Agustus 2023. Pertemuan dengan kedua tokoh politik itu berlangsung secara terpisah.

Jokowi menjelaskan bahwa pertemuan dengan Sandiaga membahas soal pariwisata. Berbeda dengan Sandiaga, Jokowi mengaku tak ada pembahasan soal politik saat bertemu Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP itu.

"(Bahas) Pariwisata. Ndak (bahas politik). Pariwisata. Wong jam 4 sore (rapat) pariwisata," ujar Presiden Jokowi di Senayan Park Jakarta, Rabu (2/8/2023).

Sementara saat bertemu Prabowo, Jokowi mengaku menerima laporan soal kunjungan Menteri Pertahanan Arab Saudi yang menemui Ketua Umum Partai Gerindra itu.

"Apanya? Ya laporan mengenai kunjungan Menteri Pertahanan Arab Saudi," jelas Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno bertemu empat mata dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 1 Agustus 2023.

Selain membahas soal tugasnya sebagai menteri, Sandiaga mengakui pertemuan empat mata dengan Jokowi juga menyinggung soal politik terkini.

"Pertemuannya kami hanya berdua membahas pariwisata. Tapi juga ada diskusi ringan lah. Diskusi-diskusi ringan, diskusi tipis-tipis tentang politik," kata Sandiaga kepada wartawan usai pertemuan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 1 Agustus 2023.

2 dari 3 halaman

Sampaikan Perkembangan Politik Terkini

Sandiaga menjelaskan bahwa dirinya menyampaikan soal hasil kunjungannya turun langsung menemui masyarakat sebagai Ketua Bappilu PPP. Mulai dari, soal aspirasi masyarakat, percepatan pembangunan, hingga destinasi pariwisata unggulan.

"Perkembangan (politik) terkini, saya baru dua bulan bergabung dengan partai baru seperti apa dari hasil kunjungan ke masyarakat," ucap dia.

"Apa yang disampaikan aspirasi, apa saja yang perlu dipercepat pembangunan berkaitan dengan situasi di destinasi-destinasi unggulan yang kita proyeksikan sebagai lokomotif dari kebangkitan ekonomi kita seperti apa aspirasi dari masyarakat," sambung Sandiaga.

Sandiaga mengakui pertemuan empat mata dengan Jokowi juga membahas soal namanya yang menjadi kandidat calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo.

Kepada Jokowi, Sandiaga menyampaikan bahwa dirinya masih menunggu keputusan dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

"Dibahas juga (soal menjadi kandidat cawapres) dan saya menyampaikan belum ada update dan ini masih menunggu keputusan dari PDIP dari Bu Mega dan itu tentunya kita sangat hormati," terang dia.

Kemudian, Sandiaga menyampaikan soal pertemuan dengan Ganjar sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan. Termasuk, soal chemistry atau koneksi kuat antara dirinya dengan Ganjar Pranowo.

"Juga dari segi beberapa pertemuan sama Pak Ganjar serta chemistry yang selama ini terbangun dan juga diskusi-diskusi, termasuk juga masukan-masukan mengenai bagaimana kita tantangan global ini semakin fluktuatif," tutur Sandiaga.

 

3 dari 3 halaman

Berpapasan di Istana, Hubungan Sandiaga dan Prabowo Masih Sangat Baik Seperti Senior dan Junior

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga Ketua Bappilu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno sempat papasan dengan Menteri Pertahanan dan juga Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 1 Agustus 2023.

Sandiaga menyatakan, hubungannya dengan Prabowo masih terjalin sangat baik. Dia menganggap Prabowo seperti seniornya.

"Hubungan super baik, super baik dan ya seperti senior dan junior," kata Sandiaga.

Sandiaga menyatakan, berbincang dengan Prabowo.

"Kan rutin rapat kabinet, yapi tadi ngobrol ya bertukar salam dan saya hormat sama dia," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini.

Sandi mengaku Prabowo adalah seniornya. Dia banyak belajar dari Pak Prabowo sosoknya dan sekarang jadi anggota kabinet senior dari pak presiden.

"Mitra kerja saya juga, tetangga kebetulan tetangga rumah dan tetangga kantor juga, jadi sangat dekat," sambungnya.

Mantan kader Gerindra ini pun menginginkan agar kandidat Pilpres 2024 bisa menawarkan program kerja kepada masyarakat.

"Tadi ketemu Pak Prabowo juga, papasan keluar, ini masing-masing bisa kita formulasikan dalam sebuah program kerja dalam bentuk gagasan yang ditawarkan kepada pemilih nanti di Februari 2024," pungkasnya.