Sukses

Tim Tujuh Jokowi Berikan Materi Pemenangan Ganjar kepada Jurkam Muda PDIP

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan Tim Tujuh bentukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan pelatihan kepada juru kampanye (jurkam) muda Partai dan Bacapres Ganjar Pranowo.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan Tim Tujuh bentukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan pelatihan kepada juru kampanye (jurkam) muda Partai dan Bacapres Ganjar Pranowo.

Hal itu disampaikan Hasto saat memberikan arahan dalam kegiatan Pelatihan Jurkam PDIP, yang diselenggarakan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (5/8/2023).

“Nanti Tim Tujuh ini, juga perwakilan dari mereka akan menggembleng saudara-saudara sekalian selama tiga jam agar memiliki keterampilan yang baik,” kata Hasto.

Dia menyampaikan sudah menemui Jokowi pada 22 Juni 2023. Dalam pertemuan itu, Hasto mengingatkan janji Jokowi dalam kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP yang ingin membantu pemenangan Ganjar di Pilpres 2024.

Dalam Rakernas itu, lanjut Hasto, Jokowi menyampaikan perlunya grand strategy untuk memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

“Akhirnya Pak Jokowi mengirimkan orang. Ini salah satu hasilnya tentang gaya kepemimpinan Pak Ganjar,sejarah, nilai hidup, dan tantangan zaman,” tandas Hasto.

Diketahui, DPP PDIP menggelar pelatihan juru kampanye (jurkam) partai tingkat nasional dalam menghadapi Pemilu 2024 di Sekolah Partai PDIP di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (5/8/2023). Pelatihan ini digelar selama dua hari.

Adapun, para peserta yang mengikuti pelatihan ini merupakan kader PDIP muda yang memang dipersiapkan untuk menjadi jurkam di Pemilu 2024.

Jumlah peserta yang hadir sebanyak 100 orang yang berasal dari utusan 32 DPD. Rinciannya ialah di luar Pulau Jawa sebanyak 64 orang, utusan DPD Partai di pulau Jawa sebanyak 24 orang, dan utusan Sayap dan Badan Partai 12 orang. Dari seratus perserta ini, terdapat 17 kader putri.

 

2 dari 2 halaman

Kembangkan Mesin Ide untuk Narasi dan Strategi Pemenangan Ganjar Pranowo

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan Tim 7 bentukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mengembangkan mesin ide sebagai narasi dan strategi pemenangan Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo.

Hal ini disampaikannya di sela-sela pagelaran wayang kulit dalang 3 dengan Lakon Pandawa Syukur (Sesaji Rojosuyo) sebagai bentuk refleksi Tragedi Kudatuli 27 Juli 1996, di halaman masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (28/7/2023).

"PDI Perjuangan melakukan suatu dialog yang intens dengan Bapak Presiden Jokowi. Bahkan tadi malam bertemu dengan Tim 7 yang diberikan Presiden Jokowi. Itu melakukan suatu koordinasi secara detail dalam mengatur strategi komunikasi dan narasi besar dari Pak Ganjar Pranowo untuk gerak cepat Indonesia maju yang merupakan kelanjutan dari kepemimpinan Pak Jokowi," kata Hasto.

Dia meyakini Presiden Jokowi memberikan dukungan penuh terhadap Ganjar di Pilpres 2024. Hal itu terbukti dengan pembentukan Tim 7, hubungan sekarah antara PDIP dengan Jokowi, dan hubungan emosional antara Ganjar dengan Presiden RI tersebut.

"Pak Jokowi akan memberikan dukungan. Kami yakin itu mengingat kerja dengan Tim 7 yang beliau berikan kepada kami, itu juga sangat intens, bahkan tadi malam mereka Tim 7 ini merancang adanya mesin ide," kata Hasto.

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) RI itu menyampaikan mesin ide ini akan mengeluarkan narasi-narasi dari kepemimpinan Ganjar Pranowo yang merupakan kesinambungan dengan leadership Jokowi.

Hasto masih merahasiakan nama-nama anggota Tim 7 ini. Namun, Hasto menyampaikan Tim 7 ini sudah mendampingi Presiden Jokowi, paling tidak selama 7 tahun terakhir ini.

Tim 7, lanjut Hasto, bahkan terlibat aktif membangun komunikasi yang efektif dari Presiden Jokowi kepada rakyat.

"Karena itulah, Pak Ganjar juga memiliki karakter yang sama dengan Pak Jokowi turun ke bawah, blusukan," kata Hasto.

Video Terkini