Sukses

Dekat Kiai dan Ulama, Prabowo Disebut Kantongi Dukungan dari Nahdliyin Jelang Pilpres 2024

Prabowo hingga kini memang pemimpin yang dekat dengan kalangan kiai dari NU. Hal itu terekam di beberapa kesempatan, saat Prabowo bertemu dengan salah satunya Habib Luthfi.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto disebut mengantongi dukungan dari kalangan Nahdliyin atau warga Nahdlatul Ulama (NU) jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini lantaran Menteri Pertahanan RI tersebut memang memiliki hubungan yang dekat dengan para kiai dan ulama dari NU.

Pengamat Politik Universitas Airlangga, Suko Widodo menerangkan, menjelang Pilpres 2024, Prabowo Subianto diyakini sudah memiliki modal sosial yang sangat kuat. Hal itu tercermin dari relasi yang terus dijaga Prabowo kepada para kiai, ulama dan ponpes di Jawa Timur (Jatim).

“Saya kira masuk akal, karena memang Pak Prabowo itu kan sudah punya modal sosial sejak Pilpres 2014 dan 2019, ketika pilpres itu, punya relasi-relasi dengan utamanya, adalah kiai-kiai ponpes itu,” kata Suko, Rabu (16/8/2023).

Prabowo hingga kini memang pemimpin yang dekat dengan kalangan kiai dari NU. Hal itu terekam di beberapa kesempatan, saat Prabowo bertemu dengan salah satu tokoh umat Islam yakni Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau lebih akrab disapa Habib Luthfi bin Yahya.

Adapun kedekatan Prabowo dengan Habib Luthfi ini menjadi sebuah sinergi yang ciamik untuk menyukseskan acara berkelas internasional yakni Muktamar Sufi Internasional yang akan diselenggarakan pada 29-31 Agustus 2023 mendatang. Kedekatan yang terjalin antara Ketum Gerindra itu dengan Habib Luthfi, menjadi katalis positif menyerap dukungan warga Nahdliyin.

Terbukti berdasarkan dari hasil survei yang dikeluarkan oleh SRS, Prabowo berhasil mendapatkan dukungan dari kalangan nahdliyin sebesar 41,5 persen. Angka itu jauh lebih tinggi, dibandingkan yang didapat Capres PDIP, Ganjar Pranowo 36,5 persen dan Capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dengan 10,8 persen.

 

2 dari 2 halaman

Kedekatan Prabowo dengan Kiai Memantik Dukungan dari Warga NU

Maka dari itu, Suko mengatakan penerimaan Prabowo di Jatim meningkat karena memiliki hubungan dekat dengan para kiai dan ulama. Menurutnya kedekatan hubungan ini terus memantik gelombang dukungan dari para nahdliyin Jatim.

“Hubungan Pak Prabowo dengan para kiai itu sudah lama terjalin, itu yang saya kira menyebabkan kenapa di riset hari ini angkanya cukup tinggi,” ujar Suko.

Video Terkini