Sukses

Elite PPP Dinilai Masih Bernafsu Jadikan Erick Thohir Cawapres 2024

Dia mengtakan, sedari awal PPP begitu menaruh perhatian besar pada sosok Erick Thohir. Anggota Kehormaran Banser NU itu bahkan seringkali diikutsertakan dalam sejumlah agenda penting PPP.

Liputan6.com, Jakarta - Kharisma Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) tidak pernah luntur bahkan masih sangat memikat di elite PPP. Tak ayal kondisi demikian mendorong kalangan petinggi partai berlambang Ka'bah tersebut kukuh mendorong Erick Thohir jadi cawapres meski sudah dipinang Sandiaga Uno.

"Terlihat di kalangan elite internal masih cukup banyak yang berpihak ke Erick Thohir," ujar Pengamat Politik Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, dikutip Sabtu (26/8/2023).

Dia mengtakan, sedari awal PPP begitu menaruh perhatian besar pada sosok Ketua Umum PSSI tersebut. Anggota Kehormaran Banser Nahdlatul Ulama (NU) itu bahkan seringkali diikutsertakan dalam sejumlah agenda penting PPP.

Seperti pada saat Erick Thohir menghadiri peringatan hari lahir partai yang kini dipimpin oleh Muhamad Mardiono tersebut di Cilegon, Banten, beberapa bulan lalu. Kehadiran Erick Thohir bahkan disambut meriah kader PPP kala itu.

Meskipun pada akhirnya kepeutusan PPP jatuh dengan memlih Sandiaga Uno, Dedi menilai, tidak bisa dipungkiri harapan besar petinggi partai tersebut belum sepenuhnya solid. Keinginan menjadikan Erick Thohir sebagai cawapres belum sepenuhnya pudar.

"Tetapi bukan berarti hadirnya Sandiaga di PPP menjadi kunci untuk pengusungan Cawapres," katanya.

Sementara keinginan PPP mengusung Erick Thohir cawapres menguat, Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan hasil temuan figur terkuat cawapres di Pilpres 2024. Survei periode 1 - 8 Juli 2023 tersebut menunjukkan, nama Erick Thohir berada di posisi pertama.

Erick Thohir mendapat angka elektabilitas sebesar 21,2 persen unggul dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 19,6 persen. Kemudian meninggalkan sosok cawapres PPP Sandiaga Uno yang memperoleh 17,5 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Dinilai Mampu Raih Dukungan dari Warga NU

Menteri BUMN Erick Thohir merupakan sosok Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang mampu meraih dukungan lebih dari Nahdlatul Ulama (NU). Hal itu dikarenakan Erick Thohir merupakan sosok kader terbaik NU dan sangat dicintai oleh nahdliyin.

Sebutan itu diungkap langsung oleh Wakil Ketua Umum PPP Asrul Sani. Ia menyebut karakter kepimpinan Erick Thohir mampu menjamin meningkatnya akseptabilitas dan elektabilitasnya sebagai Cawapres 2024.

Asrul mengatakan bahwa kualitas kepemimpinan Erick Thohir terlihat saat menjadi Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah Satu Abad NU. Menurutnya kesuksesan tersebut turut menguatkan elektabilitas cawapres menteri andalan dan kepercayaan presiden Jokowi tersebut.

"Aktivitas Erick Tohir sebagai Ketua Panitia Harlah Satu Abad NU juga turut menyumbangkan akseptabilitas dan elektabilitas dirinya," kata Asrul.

Bahkan Asrul mengatakan Erick Thohir berpotensi menjadi cawapres kuat di Pilpres 2024. Apalagi nama Anggota Kehormatan Banser NU tersebut masuk ke dalam nama-nama cawapres yang diusung oleh internal PPP.

Itu menunjukan sosok Erick Thohir sebagai pemimpin yang mampu menggaet pendukung akar rumput terutama di basis suara NU. Asrul mengakui munculnya nama Erick Thohir di internal partai dikarenakan elektabilitasnya yang selalu tinggi di setiap hasil survei.

"Kenaikan elektabilitas Erick Tohir ini menggembirakan karena Erick Thohir adalah satu sosok yang juga digadang sejumlah kalangan internal PPP untuk menjadi cawapres," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini