Sukses

Gerindra Klaim Hilal Cawapres Prabowo Mulai Terlihat, Mulai Gibran Sampai Erick Thohir

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkap hilal nama calon wakil presiden yang akan mendampingi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Pemilu 2024 sudah mulai terlihat.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkap hilal nama calon wakil presiden yang akan mendampingi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Pemilu 2024 sudah mulai terlihat.

Menurutnya tinggal menunggu kapan diputuskan. Ia menganalogikan penetapan calon wakil presiden seperti penetapan hari raya Idulfitri dan Iduladha.

"Calon wakil presiden Pak Prabowo sekarang ini sudah mulai terlihat, ibarat orang mau memutus kapan hari raya tiba hilalnya sudah nampak, hilalnya sudah kelihatan, cuma masalahnya kita akan memutuskan bahwa hari raya itu jatuh kalau hilal itu sudah nampak minimal tiga derajat kalau sudah tiga derajat bisa dikatakan sidang isbat untuk meneruskan bahwa besok hari raya," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/8/2023).

Hanya saja hilal yang terlihat baru sedikit. Sehingga masih perlu bersabar untuk deklarasi nama calon wakil presiden.

"Cuma masalahnya hilal ini baru nampak sedikit jadi mesti bersabar sampai tiga derajat. Sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa sudah isbat sudah bisa dilaksanakan dan besok hari raya kira-kira begitu," kata Muzani.

Muzani pun mengungkap tiga nama yang menguat menjadi calon wakil presiden untuk mendampingi Prabowo Subianto. Pertama adalah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Ia adalah nama yang populer untuk saat ini.

"Sekali lagi berkali kali saya mengatakan bahwa nama yang paling populer dari beberapa hilal yang dengar ya yang paling yang terdengar itu ya Muhaimin Iskandar, Muhaimin Iskandar, begitu," ujarnya.

Begitu juga ada nama Wali Kota Solo yang juga putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Namun, Gibran masih terbentur syarat batas minimal calon presiden.

"Ada juga. Ada yang melihat hilal, mas Gibran ada juga," kata Muzani.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Juga Ada

Serta nama Menteri BUMN Erick Thohir juga dipertimbangkan sebagai nama calon wakil presiden. "Sama juga (soal peluang Erick menjadi calon wakil presiden)," jelas Muzani.

Wakil ketua MPR ini tidak menjelaskan apakah menunggu hilal itu adalah menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi terkait gugatan UU Pemilu soal batas umur calon presiden dan calon wakil presiden.

"Saya menunggu apa ya pokoknya menunggu hilal sampai 3 derajat begitu aja udah. Minimal 3 derajat," kata Muzani.

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

Video Terkini