Sukses

Berpeluang Jadi Cawapres, Relawan Jokowi Siap Safari Kenalkan Gibran ke Publik

Relawan Jokowi, Samawi akan memotret respons dari masyarakat terkait potensi Gibran menjadi cawapres jika putusan MK nanti mengakomodir hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Solidaritas Ulama Muda Jokowi (SAMAWI) akan menggelar pertemuan dengan berbagai elemen masyarakat di seluruh kecamatan di Provinsi Jawa Barat & Banten mulai Rabu 30 Agustus 2023 untuk mengenalkan sosok Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Sekretaris Jenderal Samawi Nizar Ahmad, hal itu dilakukan karena melihat peluang Gibran sebagai bakal calon wakil presiden (Bacawapres) 2024.

"Kami akan melakukan pertemuan bersama masyarakat di tingkat kecamatan. Total terdapat 625 titik di Provinsi Jawa Barat dan 155 titik di Provinsi Banten yang sudah terjadwal. Kegiatan ini secara maraton akan dilaksanakan selama 20 hari mulai 30 Agustus 2023" ucap Nizar saat membuka acara diskusi Samawi Talks seperti dikutip dari siaran pers diterima, Senin (28/8/2023).

Nizar mengungkap, sebagai bagian dari relawan pendukung Jokowi, Samawi ingin memperkenalkan sosok Gibran Rakabuming Raka dan kinerjanya selama memimpin Solo. Selain itu, bersama Samawi, Nizar juga memotret respons dari masyarakat terkait potensi Gibran menjadi cawapres jika putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nanti mengakomodir hal tersebut.

”Dalam proses menyambut jika MK mengabulkan gugatan, kami terus mempersiapkan diri dan mempelajari beberapa nama muda dan segar yang potensial masuk dalam bursa Pilpres. Hasil dari diskusi internal kami Gibran adalah salah satu nama yang paling menonjol. Ini juga sejalan dengan survei-survei yang sudah muncul ke permukaan,” tegas Nizar.

Nizar meyakini, hasil dari kegiatan ini akan menjadi salah satu bahan untuk dibahas dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Samawi yang akan digelar pada awal Oktober mendatang. Sebagai informasi, saat Rapimnas akan dibahas soal pandangan, saran dan harapan masyarakat terkait sikap Samawi untuk Pilplres 2024.

"Akumulasi pandangan, saran, dan harapan dari masyarakat ini akan menjadi bahan Samawi memutuskan langkah dan sikap kita pada Pilpres 2024," ucap relawan Jokowi ini memungkasi.

 

2 dari 2 halaman

Gibran Masuk Bursa Bakal Cawapres Prabowo

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkap, ada hilal nama bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Salah satunya adalah putra sulung dari presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Namun demikian, dibanding dua calon lain seperti  Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Menteri BUMN Erick Thohir, Gibran masih terbentur syarat usia.

"Ada juga. Ada yang melihat hilal, mas Gibran ada juga," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/8).

Soal penyebutan hilal, Wakil ketua MPR ini tidak menjelaskan apakah itu berarti menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi terkait gugatan UU Pemilu soal batas umur calon presiden dan calon wakil presiden atau bukan.

"Saya menunggu apa ya pokoknya menunggu hilal sampai 3 derajat begitu aja udah. Minimal 3 derajat," Muzani menandasi.

 

Video Terkini