Sukses

Erick Thohir Disebut Makin Punya Potensi Kuat Cawapres Pendamping Prabowo

Menteri BUMN Erick Thohir semakin terbuka menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) potensial berpasangan dengan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir semakin terbuka menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) potensial berpasangan dengan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Keterusungan keduanya semakin menguat melihat raihan elektabilitas yang signifikan meningkat pesat.

Berdasarkan hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) Prabowo-Erick Thohir mendapatkan perolehan angka elektabilitas 47,1 persen. Unggul dari pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno dengan raihan elektabilitas sebesar 41,3 persen.

Survei yang dilakukan LSI pada 3-9 Agustus 2023 menjadi tanda hadirnya peluang kemenangan besar terhadap keduanya pada Pilpres mendatang. Terlebihnya lagi jika Pilpres 2024 nanti dilakukan sampai dengan dua kali putaran.

“Erick Thohir potensial jadi cawapres Prabowo,” kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, Sabtu (2/9/2023).

Adi menyebutkan menguatnya Erick Thohir menjadi cawapres bukan hanya menyoal tingkat elektabilitas yang kuat. Hal demikian semakim dimungkinkan lantaran partai politik pendukung Erick Thohif berada dalam satu perahu koalisi dengan Prabowo

Erick Thohir, dia melanjutkan, saat ini semakin kuat diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) yang berada dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). Kehadiran PAN turut ditemani oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, serta juga ada PKB

Oleh karenanya, lanjut dia, tidak begitu mengejutkan bila duet Prabowo - Erick Thohir semakin santen terdengar. Bahkan semakin terus menguat untuk dapat ikut dalam pertarungan elektoral pada Pilpres mendatang. “Mengingat Erick Thohir di-endorse PAN dan sepertinya juga dekat dengan Jokowi,” terang Adi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Dinilai Cawapres Terkuat Penuhi Harapan Anak Muda

Potensi Menteri BUMN Erick Thohir terusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) semakin terbuka lebar. Dukungan besar terhadap Erick Thohir banyak hadri dari kalangan anak muda alias milenial Tanah Air.

“Kalau kita bicara Erick Thohir dekat dengan milenial atau menaruh harapan besar kepada anak muda ya mungkin seperti itu,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin dikutip Kamis (31/8/2023).

Dia mengatakan, kedekatan Erick Thohir dengan kalangan milenial tentu tidak terlepas dari karakteristik kepemimpinannya yang punya kerja cepat. Kerja hebat Erick Thohir disebut berhasil menorehkan berbagai capaian gemilang.

Sebagai pemimpin masa depan, dia melanjutkan, Erick Thohir sangat memberi perhatian besar terhadap milenial. Pengembangan kompetensi talenta muda Indonesia selalu menjadi fokus utamanya.

“Ya semua bakal Capres dan Cawapres itu menaruh harapan pada anak-anak muda Indonesia sebagai pemimpin bangsa,” ujarnya.

Hal itu terlihat dari sejumlah program kebijakan yang didorong Erick Thohir untuk meningkatkan kompetensi para milenial. Salah satunya seperti memperkuat pembiayaan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM milenial melalui Rumah BUMN.

Lebih banyak lagi kebijakan Erick THohir untuk anak muda. Semisal Program Magenta BUMN yang membuka peluang untuk santri, kemudian mahasiswa hingga fresh graduate mendapatkan pengalaman kerja. Terdapat juga program hunian murah untuk generasi muda. Selanjutnya terdapat PNM Mekaar, Makmur, Pasar Digital UMKM hingga Kartu Tani Digital yang mayoritas menyasar generasi muda.

Lebih lanjut, Ujang juga menegaskan, bukan hanya Erick Thohir saja yang menaruh harapan bangsa ke depan kepada para anak muda. Menurutnya, semua Capres dan juga Cawapres yang akan berlaga pada Pilpres 2024 menaruh harapan yang sama.

“Jadi ya pasti semua Capres dan Cawapres itu peduli terhadap anak-anak muda Indonesia,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini