Sukses

Punya Potensi Besar, Erick Thohir Disebut Cawapres dengan Banyak Sumber Daya Elektoral

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komaruddin, kenaikan elektabilitas Erick Thohir begitu konsisten tumbuh sangat positif menjadi sebuah modal kuat. Utamanya untuk dapat diusung sebagai cawapres pada Pilpres mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Peluang Menteri BUMN Erick Thohir terusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) terus menguat untuk Pilpres 2024. Punya keunggulan elektabilitas ditopang dengan kinerja hebat, semakin membuat Erick Thohir potensial dipilih oleh semua kalangan masyarakat.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komaruddin, kenaikan elektabilitas Erick Thohir begitu konsisten tumbuh sangat positif menjadi sebuah modal kuat. Utamanya untuk dapat diusung sebagai cawapres pada Pilpres mendatang.

“Semua sumber daya dimiliki Erick Thohir untuk meningkatkan elektabilitas,” kata Ujang, dikutip Minggu (3/9/2023).

Misalnya merujuk pada hasil temuan Voxpol Center periode 24 Juli - 2 Agustus 2023 menunjukkan, nama Erick Thohir tempati posisi teratas pada simulasi tiga nama cawapres. Erick Thohir sukses mendapat angka sebesar 34,4 persen. Posisi Erick Thohir tersebut bahkan sukses unggul dari kandidat lain seperti Agus Harimurti Yudhoyono dengan 30,3 persen serta juga Khofifah Indar Parawansa yang hanya mendapat 15,3 persen.

Menurut dia, kekuatan Anggota Kehormatan Banser Nahdlatul Ulama (NU) inj sangat menguat tidak hanya dari tingkat elektabilitas kuat. Jika melihat dari rekam jejak kinerja di BUMN, bahkan membuat citra positif Erick Thohir semakin tumbuh sangat signifikan.

Lewat tangan dingin Erick Thohir, lanjut dia, BUMN sukses bertransformasi hadir dengan banyak capaian gemilang. Selain juga mampu mencatat laba kenaikan hingga Rp 303,7 triliun pada 2022 dan membuat BUMN mendapat dividen tertinggi sebesar Rp 80,2 triliun.

“Baik personal maupun kinerjanya di kementerian BUMN,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Dinilai Cawapres Punya Daya Dongkrak Elektoral

Potensi keterusung Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Calon Wakil Presiden (cawapres) makin terbuka lebar. Keberadaan Erick Thohir semakin menambah keterpilihan pada Pilpres 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komaruddin mengatakan, Erick Thohir mendapat dukungan besar maju cawapres. Salah satunya dukungan besar yang hadir dari Partai Amanat Nasional (PAN).

"Erick Thohir ini memiliki sumbangan dari partai politik terutama PAN yang sangat menggencarkan Erick untuk maju menjadi Cawapres di Pilpres 2024," kata Ujang dikutip Minggu (3/9/2023).

Menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini adalah sosok non partai politik (parpol) dan terbuka dengan semua kalangan. Kondisi demikian membuat Erick Thohir memiliki banyak dukungan, termasuk PAN.

Karenanya tidak begitu mengherankan, menurut Ujang, jika Erick Thohir memiliki elektabilitas yang sangat menjanjikan. Terbukti di berbagai lembaga survei politik, nama Erick Thohir terus merajai bursa cawapres.

Merujuk dari hasil temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dilakukan pada periode 1- 8 Juli 2023. Erick Thohir kokoh di puncak elektabilitas teratas simulasi tujuh nama cawapres. Posisi Erick Thohir di peringkat pertama dengan mendapatkan dukungan sebesar 21,2 persen. Mengungguli Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat 19,6 persen dan Menparekraf, Sandiaga Uno dengan angka 17,5 persen.

"Erick Thohir di beberapa lembaga survei elektabilitasnya paling tinggi dan paling bagus dibandingkan kandidat yang lain. Artinya dia punya potensi kuat bisa menjadi faktor penentu kemenangan," ungkap Ujang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.