Sukses

Bikin Nyaman, Pendukung Jokowi Disebut Banyak Beralih Dukung Prabowo

Banyaknya kader PDIP yang bermigrasi mendukung Pak Prabowo karena merasa lebih nyaman di bawah komando Pak Prabowo

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto merupakan figur calon presiden (capres) yang mempunyai kapabilitas memimpin yang sangat mumpuni. Atas dasar itulah, tak sedikit pendukung maupun relawan Jokowi yang beralih mendukung Prabowo untuk Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional (LSN), Gema Nusantara Bakry menjelaskan saat ini sudah banyak relawan hingga kader PDIP yang berbondong-bondong melabuhkan dukungannya kepada Prabowo. Menteri andalan Presiden Jokowi ini mampu menjadi magnet berbagai dukungan.

“Banyaknya kader PDIP yang bermigrasi mendukung Pak Prabowo karena merasa lebih nyaman di bawah komando Pak Prabowo,” kata Gema dikutip Jumat (8/9/2023).

Selain itu, Gema menuturkan faktor lainnya yakni adanya perbedaan sikap dari Prabowo dan Megawati. Menurut Gema, para kader PDIP menilai Megawati cenderung tidak egaliter dan kaku dalam melakukan manuver politik jelang Pilpres 2024.

“Berbeda dengan sikap Megawati yang cenderung kurang egaliter, sehingga tidak ada keluwesan dalam berpolitik di bawah bendera PDIP,” lanjut Gema.

Sebelumnya, banyak kader dan kombatan PDIP yang sudah memberikan dukungannya kepada Prabowo. Dua nama yang sudah terang-terangan yakni Effendi Simbolon dan Budiman Sudjatmiko.

Banyaknya kader PDIP yang beralih mendukung Prabowo makin diperkuat dengan hasil survei yang dilakukan oleh LSN periode 14 – 24 Agustus 2023. Berdasarkan hasil survei LSN tersebut, grafik pemilih PDIP terhadap Prabowo cenderung mengalami kenaikan.

Bermula dari November 2022, kala itu Prabowo hanya mendapatkan dukungan sebesar 21,8 persen. Lalu menguat di Maret 2023 dengan persentase 25,7, kemudian kembali naik menjadi 32,5 persen pada Juni 2023.

Angka dukungan itu semakin menguat pada Juli 2023 dengan total 38,8 persen dan puncaknya pada Agustus 2023 dengan jumlah dukungan mencapai 39,1 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Relawan Jokowi Jatim Deklarasi Capres 2024: Wayahe Prabowo!

Para Relawan Jokowi se-Jawa Timur sepakat medeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto untuk maju capres pada Pilpres 2024. 

Koordinator Relawan Jokowi se-Jawa Timur Afifuddin menyatakan, masyarakat dari berbagai elemen semakin bergelombang memberikan dukungan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi.

"Kami sebagai pengikut setia, menyatukan tekad, meluruskan niat, dan mensolidkan suara memberikan kepada Pak Prabowo Subianto untuk meneruskan estafet kepemimpinan sebagai Presiden 2024-2029," kata Afifuddin saat deklarasi para relawan Jokowi mendukung bakal capres Prabowo di Ponorogo, Jatim, Minggu (6/8/2023).

Deklarasi tersebut dihadiri berbagai simpul wilayah Jawa Timur di antaranya Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Tulungagung, Blitar, Trenggalek, Kediri, dan se-Mataraman. Mereka membentangkan spanduk bertuliskan "Wayahe Prabowo" (waktunya Prabowo).

Dukungan ini, lanjut dia, dilakukan atas inisiasi para relawan sebagai sikap nyata untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan kepada sosok tepat dan memahami visi kerja Jokowi selama memimpin pembangunan nasional.

"Kami menyatukan dukungan atas dorongan sendiri dengan dorongan sinyal Pak Jokowi. Pak Prabowo sosok yang tepat karena mengerti, melihat setiap langkah keputusan Pak Jokowi dalam melakukan kerja besar di nasional," ujarnya.

Selain itu, Prabowo dinilai sudah membuktikan loyalitasnya terhadap Jokowi dan mampu melaksanakan tugas yang diberikan untuk masyarakat. Kompetensi Prabowo sebagai pemimpin terbukti dari kinerja gemilang Kementerian Pertahanan sehingga kinerja Kabinet Indonesia Maju meraih rapor "approval rating" yang tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini