Sukses

HNW Jawab Harapan PKB yang Ingin PKS Tetap di Koalisi Perubahan

HNW mengaku memahami harapan Partai NasDem dan PKB yang meminta agar PKS segera memutuskan dukungan kepada Muhaimin Iskandar sebagai bacawapres dari Anies Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid menegaskan, sikap PKS yang tetap konsisten dengan keputusan Majelis Syura, sejak awal mendukung koalisi perubahan untuk persatuan bersama bakal calon presiden Anies Baswedan pada pemilihan presiden 2024.

“Perubahan tentu merupakan sebuah keniscayaan, karena tidak ada sesuatu pun di dunia ini statis apalagi yang sempurna. Sehingga, perubahan untuk perbaikan yang lebih baik dalam kebijakan pemerintah seharusnya menjadi fokus setiap kandidat. Termasuk untuk meneruskan hal-hal yang sudah dinilai baik agar menjadi lebih baik,” kata HNW dalam keterangannya, Senin (11/9/2023).

HNW mengaku memahami harapan Partai NasDem yang meminta agar PKS segera memutuskan dukungan kepada Muhaimin Iskandar sebagai bacawapres dari Anies Baswedan.

“Sangat wajar apabila Bacapres Anies Baswedan, Nasdem dan PKB sangat berharap agar bisa menang, dengan PKB kuat di Jatim dan Jateng, tapi juga dengan PKS yang kuat di Jabar, Jakarta dan Banten. Maka wajar diharap PKS tetap berada di koalisi perubahan untuk persatuan ini. Apalagi Ketum PKB juga mengungkit kenangan sukses dalam koalisi antara PKB dan PKS yang memenangi 40-50 pilkada di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut, HNW menegaskan bahwa keputusan mendukung Anies Baswedan tersebut sesuai dengan keputusan Majelis Syura PKS, dan Majelis Syura dalam waktu yang tidak lama lagi akan bermusyawarah untuk menguatkan koalisi dengan merespons harapan dengan memutuskan sikap terhadap usulan Muhaimin Iskandar sebagai bacawapres untuk Anies.

 

2 dari 2 halaman

Tidak Kembali ke Otoritarianisme

HNW menjelaskan bahwa esensi dari adanya koalisi perubahan adalah agar tidak kembali lagi era otoritarianisme dengan mengedepankan musyawarah dan kesetaraan.

“Saya yakin dengan rekam jejaknya yang bisa kita ikuti bersama, Bacapres Anies Baswedan sudah sangat memahami cita-cita dan tujuan nasional Bangsa dan Negara Indonesia, serta cara bagaimana mencapai tujuan tersebut. Dan PKS berharap Bacawapresnya akan dapat membantu mewujudkan komitmen dan cita-cita luhur tersebut. Itulah karenanya PKS tetap konsisten dengan Keputusan-keputusan Majelis Syura soal Bacapres maupun bacawapres,” pungkasnya.

Video Terkini