Sukses

PAN Sebut Bakal Cawapres Pendamping Prabowo Subianto Akan Didiskusikan Bareng Koalisi

Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi menyampaikan jika bakal capres Prabowo Subianto dan Koalisi Indonesia Maju sebagai pengusungnya akan memutuskan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang mendampinginya.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi menyampaikan jika bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan Koalisi Indonesia Maju sebagai pengusungnya akan memutuskan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang mendampinginya.

"Untuk cawapres nanti akan diputuskan oleh Pak Prabowo Subianto bersama dengan anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM)," ungkap Viva Yoga saat ditemui di Kantor DPP PAN, Warung Buncit, Jakarta Selatan, Selasa (12/9/2023).

Viva mengungkapkan, beberapa anggota dari koalisi telah memberikan kandidat bakal calon wakil presiden (cawapres).

"Saat ini kan beberapa anggota koalisi sudah menyatakan beberapa bacawapres. PAN mengusulkan Pak Erick Thohir, Golkar mengusulkan Pak Airlangga Hartarto, dan PBB mengusulkan Yusril Ihza Mahendra," beber dia.

Viva Yoga menegaskan, keputusan pemilihan bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto akan diselesaikan secara kekeluargaan. Namun, menurut dia, Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 cukup berbeda dengan sebelumnya.

"Segala keputusan nanti akan diselesaikan berdasarkan rapat secara kekeluargaan musyawarah mufakat kolektif kolegial bagi pan konfigurasi pilpres 2024 memang berbeda dengan pilpres sebelumnya," terang dia.

Viva Yoga juga menjelaskan, bagi PAN menjadi cawapres harus memberikan kontribusi yang elektoral. Namun, kata dia, kontribusi capres akan semakin besar dengan ditambahnya kontribusi elektoral cawapres.

"Jadi cawapres bagi PAN harus dapat memberikan kontribusi elektoral pada pasangannya yaitu capres. Kemudian nanti dari koalisi partai politik dalam penggabungan karena memiliki basis konstituen masing-masing dan digabung akan menjadi semakin besar ditambah lagi dengan kontribusi elektoral capres, ditambah lagi dengan kontribusi cawapres," ucap dia.

 

2 dari 3 halaman

Akan Semakin Efektif

Menurut Viva Yoga, jika digabung menjadi satu, maka basis sosial yang dikelola akan menjadi semakin efektif dalam mendapatkan perolehan suaranya.

"Jadi kalau semuanya digabung menjadi satu, maka basis sosial masing-masing partai yg akan kita kelola agar betul-betul menjadi efektif utk perolehan suara," jelas Viva Yoga.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) terus mendorong Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk maju menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi calon presiden (capres) Prabowo Subianto. Sosok Erick dinilai merepresentasikan anak muda dan dapat mendongkrak perolehan suara pada pilpres 2024.

"Cawapres Mas Erick Thohir itu representasi dari anak muda, kaum milenial yang profesional, yang seorang santri, seorang teknokrat, dan pecinta olahraga. Dari kriteria seperti itu tentu akan memiliki nilai elektoral yang sangat penting di dalam menambah nilai elektoral calon presiden," ujar Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi di Kantor DPP PAN, Warung Buncit, Jakarta Selatan, Selasa (12/9/2023).

"Dengan hal seperti itu kita akan berharap bahwa anak muda Indonesia bisa melihat bahwa PAN ini adalah partai anak muda. Beberapa pengurus, ketua-ketua, bupati-bupati, wali kota, pimpinan dewan dari dewan, itu semuanya anak muda," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Gaet Anak Muda, PAN Tegaskan Bukan Hanya Jadi Partai Artis Nasional Siap Menangkan Pemilu 2024

Viva juga menyampaikan, dirinya berharap jika melihat PAN merupakan partai anak muda, dimulai dari pengurus partai, bupati, walikota dipimpin oleh anak muda semua.

"Dengan begitu kita berharap bahwa melihat PAN merupakan partai anak muda, mulai dari pengurus, bupati-bupati, wali kota pimpinan dewan semua anak muda," ujar Viva Yoga Mauladi saat ditemui di Kantor DPP PAN, Selasa (12/9/2023).

Sementara itu, Viva Yoga juga menyebut, PAN bukanlah hanya partai artis nasional namun merupakan partai anak muda yang memiliki nilai untuk berkontribusi.

"Jadi PAN bukan hanya partai artis nasional, tetapi anak muda yg memiliki nilai kontribusi yg sangat penting," ucap dia.

Menurut dia, PAN juga menyediakan ruang untuk anak muda dapat berekspresi. Hal tersebut dinilai Viva Yoga, PAN juga dapat digunakan oleh mereka untuk tempat perjuangannya.

"Kita menyediakan ruang bagi mereka ekspresi dan jadikan pan sebagai alat perjuangan mereka," jelas Viva.