Sukses

Dikabarkan Dukung Prabowo, Ini Tanggapan Partai Demokrat

Partai Demokrat dikabarkan telah bersedia mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrat dikabarkan telah bersedia mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada pemilu 2024.

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra belum mau membenarkan atau membantah kabar itu. Ia mengatakan, Partai Demokrat akan menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) pada 21 September 2023.

"Kita akan ada rapimnas tanggal 21," ujar Herzaky kepada wartawan, Minggu (17/9/2023).

Herzaky meminta sebaiknya menunggu pernyataan resmi dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Keputusan resmi Partai Demokrat akan disampaikan langsung oleh AHY.

"Tunggu saja dari Mas AHY. Beliau langsung yang akan menyampaikan. Bisa juga sebelumnya," kata Herzaky.

Herzaky mengatakan, saat rapimnas atau sebelumnya bisa saja sudah ada tanda yang jelas arah dukungan Partai Demokrat.

"Mungkin di tanggal itu sudah ada tanda-tanda yang jelas," kata Herzaky.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) menyebut Partai Demokrat telah menyatakan siap bekerja sama dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Partai pendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden kini bertambah dengan dukungan Partai Demokrat. Saat ini partai yang sudah bergabung untuk mendukung Prabowo di pilpres 2024 yakni, Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Gelora.

"Partai Amanat Nasional merasa senang, gembira, haru, dan bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena Partai Demokrat menyatakan siap sedia bekerja sama, bergabung, dan berjuang bersama-sama di Koalisi Indonesia Maju (KIM)," kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi dalam keterangannya, Minggu (17/9/2023).

"Hal ini adalah kabar gembira buat kami di KIM. PAN, Golkar, Gerindra, PBB, dan Gelora menyambut Partai Demokrat dengan suka cita," ujar Viva.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Golkar Ungkap Partai Biru yang Dipimpin Pria Muda dan Tampan segera Merapat ke Prabowo

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar Dave Akbar Laksono mengungkap, ada partai berwarna biru yang akan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM). Dave mengatakan, partai biru tersebut dipimpin pria tampan yang muda.

"Ada partai biru, partai berwarna biru, partai warna biru yang dipimpin oleh seorang, apa namanya ya, oleh seorang pria yang amat tampan dan muda," kata Dave di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (16/9/2023).

Menurut Dave, partai biru tersebut akan segera mendeklarasikan bergabung ke koalisi pengusung capres Prabowo Subianto.

"Harus segera, harus segera, karena kan tanggal 10 (Oktober 2023) kita sudah pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden," ucap Dave.

Dave mengaku komunikasi pihaknya dengan partai biru tersebut tak pernah berhenti. Kata Dave, jika sudah sepakat bergabung, pimpinan Koalisi Indonesia Maju akan mengumumkannya.

"Nanti dijadwalkan, nanti kita jadwalkan. Yang pasti materi ataupun juga pembahasan-pembahasannya sudah matang, nanti ketika waktu yang tepat akan kita ungkapkan," ujar Dave.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.