Sukses

Gerindra: Pertemuan Prabowo dengan Demokrat Serius, Kami Menangkap Semangat SBY dan AHY

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrasi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambangi kediaman bakal capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrasi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum (Ketum) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambangi kediaman bakal calon presiden (capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

Juru Bicara Pemenangan Pemilu Partai Gerindra Budi Djiwandono mengatakan, pertemuan itu berlangsung penuh canda namun serius. Meski begitu, dia menyebut komunikasi sangat intens.

"Tapi tadi kita sangat intens, sangat terbuka, penuh bercanda tapi serius dan saya rasa kami menangkap semangat Pak SBY dan tentu Ketua Umum Demokrat Mas AHY," ujar Budi dalam konferensi pers daring, dikutip Minggu (17/9/2023).

Budi berharap, usai pertemuan yang intens ini, Partai Demokrat bakal segera mengumumkan secara resmi bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Tentu kita berharap pada saatnya nanti Partai Demokrat akan mengumumkan atau mendeklarasikan secara resmi," terang dia.

Menurut Budi, ke depan, Partai Demokrat dan KIM berencana terus menjalin komunikasi. Hal itu, kata dia, menjadi salah satu hal yang disepakati dalam pertemuan ini.

"Kami menunggu, nanti undangan secara resmi dari Partai Demokrat tadi disepakati bahwa akan terus kita komunikasi di hari-hari ke depan karena sudah terjadi komunikasi yang sudah sangat intens beberapa hari ini dan akan dilanjutkan," papar dia.

"Dan moga-moga pada saatnya dalam waktu dekat kami akan sama-sama kembali lagi. Dan apakah itu nanti forum rapim seperti yang diinformasikan. Kami menunggu kabar selanjutnya," sambung Budi.

Dia mengatakan, ke depannya, hal-hal strategis bakal menjadi pokok pembahasan. Intinya, kata Budi, SBY dan Prabowo mempunyai banyak kesamaan.

"Hal-hal strategis yang akan kita bicarakan ke depan. Intinya dari kedua tokoh ini mempunyai kesamaan, mempunyai keakraban, hubungan yang sudah terjalin erat sejak lama, dua sahabat lama yang bertemu," tandas Budi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

SBY Nyaman dengan Prabowo Subianto Sesama Lulusan Militer

Sebelumnya, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat yang juga merupakan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan turun gunung memenangkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres).

Sebelumnya, Partai Demokrat telah resmi menyampaikan mendukung Prabowo sebagai bakal capres.

SBY serta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menggelar pertemuan dengan Prabowo dan partai Koalisi Indonesia Maju di kediaman Prabowo Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

"Pak SBY sendiri menyatakan akan ikut turun gunung untuk memperjuangkan Pak Prabowo menjadi Presiden 2024," ujar Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Viva Yoga Mauladi yang juga hadir dalam pertemuan di Hambalang, Minggu (17/9/2023).

Viva Yoga mengungkap, SBY menyatakan nyaman dengan mendukung Prabowo Subianto. Apalagi, kata dia,, keduanya sama-sama lulusan Akademi Militer Lembah Tidar, Magelang serta, Demokrat punya pengalaman mendukung Prabowo sebagai capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) sebelumnya.

"Pak SBY menyatakan bahwa Pak Prabowo nyaman, sama-sama sebagai saudara dari keluarga besar di Tidar dan selama ini pernah menyatakan dukungan kerjasama di Pilpres sebelumnya," ucap Viva Yoga.

 

3 dari 3 halaman

Belum Bicarakan Cawapres

Viva Yoga menyebut, dalam pertemuan kali ini, belum dibahas apakah Partai Demokrat mengajukan nama AHY sebagai calon wakil presiden (cawapres) atau tidak.

Hanya, kata Viva Yoga, pernyataan resmi Partai Demokrat mendukung Prabowo sebagai bakal capres di Pilpres 2024.

"Tadi belum dibicarakan hal detail intinya acara di Hambalang ini menyatakan bahwa kita menerima dengan rasa syukur gembira suka cita Alhamdulillah bahwa Partai Demokrat hari ini secara resmi menyatakan dukungannya kepada Pak Prabowo untuk menjadi calon presiden di 2024," papar dia.

Viva menyebut, soal masalah bagi jabatan dan cawapres tentunya akan dibahas secara musyawarah mufakat.

"Soal itu tentunya akan dibicarakan secara musyawarah mufakat kolektif kolegial," kata dia.

Sementara, lanjut Viva Yoga, soal tim pemenangan juga akan dibahas belakangan secara bersama-sama

"Nanti akan dibahas setelah acara ini. Intinya bahwa suasana kebatinan begitu hangat penuh kekeluargaan dan saya rasa kalau ini kemudian disolidkan akan menjadi kekuatan besar untuk dapat memenangkan Pilpres 2024," pungkas Viva Yoga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.