Sukses

Gerindra Coret Dua Nama Caleg Eks Koruptor di Pemilu 2024

Partai Gerindra memastikan sudah mencoret dua nama anggotanya yang merupakan mantan terpidana korupsi yang sebelumnya sebagai Calon Legislatif (Caleg) pada Pemilu 2024 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra memastikan sudah mencoret dua nama anggotanya yang merupakan mantan terpidana korupsi yang sebelumnya sebagai Calon Legislatif (Caleg) pada Pemilu 2024 mendatang. Dua nama caleg itu disebut tidak akan masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT).

"Ada (tindaklanjut) pasti di DCT enggak ada lagi tuh orang namanya, tidak tercantum lagi," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman kepada wartawan, Rabu (20/9/2023).

Habiburokhman menegaskan, untuk penghapusan nama dua caleg tersebut dilakukan bukan baru-baru ini tapi sudah sejak lama.

"(Sudah pasti diapus per hari ini) enggak, bukan. Sudah sejak jauh-jauh hari sebetulnya. Tapi anda kan bisa ngeceknya nanti di DCT," tegas Habiburokhman.

Sebelumnya, Bacapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto berjoget santai saat ditanyakan ada 2 mantan terpidana korupsi yang maju caleg dari partai Gerindra. Hal ini ditanyakan oleh Najwa Shihab dalam acara Bacapres Bicara Gagasan

Najwa menanyakan, dari 67 caleg DPR dan DPD RI dua di antaranya adalah kader partai Gerindra yang dipimpin Prabowo Subianto.

"Terpidana kasus korupsi, faktanya sekarang ada 67 caleg DPR dan DPD yang merupakan mantan terpidana kasus korupsi, dan 2 diantaranya pak itu kader anda," kata Najwa dalam tayangan YouTube Mata Najwa, Selasa 19 September 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo soal Caleg Eks Koruptor

Pertanyaan itu lantas mendapat sorakan kecewa dari penonton. Namun, Prabowo dengan santai mengatakan bahwa sudah siap menjawab pertanyaan itu.

"Tunggu, tunggu ada jawabannya," ucap Prabowo dengan gaya santai.

Najwa lalu mencecar Prabowo karena ada dua kader Gerindra yang mantan koruptor diloloskan menjadi caleg.

"Kenapa pak, kenapa diloloskan pak kalau komitmen anti korupsi?" tanya Najwa.

"Tunggu, tunggu Mba aku mau jawab dulu," ucap Prabowo.

"Kalau komitmen anti korupsi kenapa ada dua kader mantan koruptor pak?" tegas Najwa lagi.

"Saya mau jawab," ujar Prabowo dengar nada tinggi.

"Dua calon itu sudah saya coret," jelas Prabowo.

Sesudah melontarkan jawaban itu, Menteri Pertahanan ini berjoget dengan menggerak-gerakan tangannya. Penonton pun menjadi riuh senang.

"Anda akan mencoret? sebentar saya mau pastikan dulu," tanya Najwa lagi.

"Sudah saya coret," ucap Prabowo.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.