Sukses

Elektabilitas Konsisten, Erick Thohir Dinilai Cawapres Terkuat Prabowo

Menteri BUMN Erick Thohir disebut-sebut sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) paling kuat untuk berpasangan dengan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir disebut-sebut sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) paling kuat untuk berpasangan dengan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto. Penyebabnya tak lain karena elektabilitas Erick Thohir selalu konsisten berada di posisi teratas dalam temuan berbagai lembaga survei.

“Berdasarkan hasil beberapa lembaga survei, kalau kita lihat kan Pak Erick selalu konsisten dan hasilnya memuaskan,” kata Direktur Rumah Politik Indonesia (RPI), Fernando Ersento M. Sitorus dalam keterangannya, Sabtu (23/09).

Dalam sejumlah survei, elektabilitas Erick Thohir selalu ditemukan dalam posisi teratas. Itu terlihat dari temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) bulan Agustus yang menemukan elektabilitas Erick Thohir berada di angka 15,9 persen.

Hasil serupa juga ditunjukkan Polling Institute periode Agustus yang menempatkan nama Erick Thohir di posisi pertama dengan torehan hasil 15,1 persen pada simulasi 19 nama. Nama pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini tetap berada di posisi pertama dalam simulasi lima nama Polling Institute dengan 24,5 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Perkuat Basis di Luar Jawa

Selain faktor tingginya elektabilitas, Prabowo diprediksi akan mempertimbangkan Erick Thohir sebagai Cawapres untuk melengkapi latar belakang yang dimiliki. Salah satunya perihal melengkapi latar belakang mereka yang berbeda karena Prabowo berasal dari Jawa dan Erick Thohir berasal dari Sumatera.

Hal tersebut penting untuk memperkuat basis pemilih di luar Jawa. Menurutnya, kelompok luar Jawa tetap harus diperhatikan karena memiliki potensi yang cukup besar untuk memenangkan Pilpres 2024.

“Beliau (Erick Thohir) ini representasi dari masyarakat luar pulau Jawa, bagaimana pun juga pemilih luar Jawa patut dipertimbangkan oleh capres,” ungkap Fernando.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini