Sukses

Erick Thohir Disebut Lebih Diunggulkan Ketimbang Khofifah dan Gibran untuk Cawapres Prabowo

Dia mengatakan keunggulan Erick Thohir dibanding dua nama lain adalah dari sisi kinerja.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai berpeluang besar menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendampingi Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto. Bahkan, Erick Thohir dinilai lebih unggul dibandingkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan juga Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.

“Kalau saya pribadi melihat tiga nama itu, yang paling ideal untuk menjadi cawapres Prabowo itu adalah Erick Thohir,” kata Direktur Executive Partner Politik Indonesia, AB Solissa dalam keterangannya, Sabtu (30/9/2023).

Dia mengatakan keunggulan Erick Thohir dibanding dua nama lain adalah dari sisi kinerja. Ketua Umum (Ketum) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu bahkan berhasil mentransformasi BUMN setelah bertahun-tahun lamanya perusahaan pelat merah berada di titik nadir.

Kinerja Erick Thohir ditunjukkan dengan berhasilnya menyehatkan keuangan BUMN. Itu dibuktikan dengan meningkatnya pendapatan BUMN mencapai Rp 2.613 triliun di tahun 2022, naik dari Rp 2.292 triliun pada tahun sebelumnya.

Dampaknya, BUMN meraup laba sebesar Rp303 triliun pada tahun 2022 yang mana merupakan raihan terbesar dalam sejarah. Meningkatnya laba selaras dengan dividen BUMN yang dibagikan kepada negara sebesar Rp80 triliun.

Selain faktor kinerja, dia menyebut Erick Thohir juga unggul dari segi elektabilitas. Hal itu merupakan hal yang menguntungkan bagi Prabowo jika dipasangkan dengan Erick Thohir.

Dari berbagai survei, elektabilitas Erick Thohir memang selalu menduduki posisi pertama. Misalnya pada temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) bulan Agustus memperlihatkan elektabilitas Erick Thohir berada di angka 15,9 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elektabilitas Erick Thohir

Hasil serupa juga ditunjukkan Polling Institute periode Agustus yang menempatkan nama Erick Thohir di posisi pertama dengan torehan hasil 15,1 persen pada simulasi 19 nama. Nama menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini tetap berada di posisi pertama dalam simulasi lima nama Polling Institute dengan 24,5 persen.

“Hampir semua temuan, kalau kita bicara Erick Thohir yang paling di atas, Erick Thohir yang paling tertinggi survei elektabilitasnya,” pungkas Solissa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.