Sukses

Gibran Rakabuming Raka Kembali Dapat Dukungan Maju Cawapres 2024

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali mendapat dukungan untuk maju sebagai bakal Cawapres 2024. Kali ini dukungan datang dari Dewan Eksekutif Wilayah Rampai Nusantara Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Eksekutif Wilayah Rampai Nusantara Jawa Tengah mendeklarasikan dukungan kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk maju sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) dalam ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua Rampai Nusantara Jateng, Taufik menilai sosok Gibran Rakabuming Raka dapat menjadi pendulang suara dari basis kemenangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Pemilihan Umum (Pemilu) sebelumnya.

"Siapapun yang dipasangkan dengan Gibran, akan mendapatkan keuntungan terutama di daerah basis kemenangan Jokowi pada Pemilu 2014 dan 2019 lalu. Jateng menjadi salah satu lumbung suara kemenangan tersebut," tutur Taufik kepada wartawan, Senin (9/10/2023).

Menurut Taufik, presentase pemilih muda yang menjadi pemilik suara mayoritas dengan jumlah 60 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan menjadi nilai lebih jika Gibran Rakabuming Raka maju dan menjadi wakil generasi muda bangsa.

“Gibran menjadi sosok anak muda yang menurut kami paling ideal untuk ikut berlaga dalam Pilpres 2024 mendampingi nama-nama calon presiden yang sudah beredar,” jelas dia. 

Selain itu, putra sulung Presiden Jokowi ini juga dinilai telah membuktikan gaya kepemimpinannya di Kota Solo melalui berbagai terobosan dan prestasi dalam pembangunan daerah.

“Kami di Jawa Tengah telah melihat bagaimana Kota Solo dibawah kepemimpinan Gibran mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam berbagai bidang, ini tentu bisa menjadi modal utama untuk melangkah ke nasional oleh yang bersangkutan," Taufik menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PBB Dorong Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Sebelumnya, Partai Bulan Bintang (PBB) mendorong Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Salah satu alasannya adalah karena dia putra Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Paling tidak dengan wacana adanya Gibran, anak muda tokoh milenial kemudian pengalaman di wali kota bagus, ditambah dia putra presiden," kata Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor di Jakarta, Minggu, (8/10/2023).

Sebagai putra Presiden Jokowi, kata Afriansyah, Gibran diyakini memiliki tingkat keterpilihan yang tinggi.

"Anda tahu sendiri presiden ini tingkat kesukaan rakyat masih di atas 80 persen. Harapan ini tentunya salah satu strateginya kenapa selain Pak Yusril kami mendorong Gibran. Ini harapannya," kata Afriansyah.

Namun, kata dia, nama Gibran masih akan dibahas bersama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan partai Koalisi Indonesia Maju.

"Sementara ini masih Mas Gibran, masih semua dibicarakan, belum ada mengerucut dan belum ada yang fix. Makanya semua masih bergulir," kata Afriansyah.

 

3 dari 4 halaman

Relawan Jokowi Dukung Gibran Dampingi Prabowo

Sebelumnya Prabowo juga mendapat usulan untuk menggandeng Gibran sebagai calon wakil presiden. Usulan itu datang dari Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi).

Prabowo akan membawa usulan terkait menggandeng Gibran sebagai cawapresnya ke forum parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM). Sebab, KIM punya mekanisme musyawarah dalam menentukan cawapres.

"Karena itu kita punya kesepakatan adalah ketum-ketum akan musyawarah mufakat untuk bersama-sama memutuskan siapa wakil-wakil presiden, jadi itu penting saya terima masukan dari saudara-saudara, dan akan saya bawa ke forum koalisi Indonesia maju, yang penting kita akan cari terbaik untuk bangsa Indonesia," kata Prabowo di kediaman Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10/2023).

Prabowo memahami keinginan generasi muda untuk berpartisipasi aktif dan memiliki sesuatu perwakilan yang nyata didalam perpolitikan Indonesia. Prabowo juga mendengar aspirasi itu di daerah.

"Saya mengerti, di daerah pun saya mendengar harapan-harapan seperti itu. Tapi saya ingin sampaikan, bahwa saya bagian dari koalisi Indonesia maju, yang terdiri dari beberapa partai besar, Golkar, PAN, Demokrat, Gerindra, didukung juga oleh Gelora, PBB, Garuda," tuturnya.

"Insya allah sebentar lagi akan ada yang menyusul, dan kita akan menerima siapapun mendukung," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Zulhas Anggap Wajar Gibran Didorong Jadi Cawapres

Sementara itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hassan (Zulhas) merespons usulan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo Subianto.

Zulhas menilai usulan itu hal wajar, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut merupakan sosok anak muda yang sukses memimpin Kota Solo.

 "Gibran tuh anak muda, wali kota sukses ya kan. Jadi kalau ada yang mengangkat namanya kan bagus, pantes, wajar," katanya ditemui di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Minggu (4/10/2023).

Menurutnya, apabila Gibran maju sebagai calon wakil presiden bukan melanggengkan dinasti politik Jokowi. Memang Gibran anak yang terlahir di keluarga politik.

"Emang anak politik. Saya, putri-putri saya, emang suka politik, maju politik. Kalau ada pengusaha, anaknya jadi pengusaha, itu apa namanya? Nanti ada bapaknya tentara, anaknya jadi tentara juga, dinasti tentara? Gimana?" katanya.

"Ada yang bapaknya gubernur, anaknya wali kota. Saya kira biasa saja," ucap Zulhas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.