Sukses

Projo Ganjar Klaim Mayoritas Pendukung Jokowi Bukan ke Prabowo

Relawan Pro Jokowi (Projo) Ganjar menyatakan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Mereka mengklaim, pendukung Jokowi bukan ke Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Relawan Projo Ganjar, Haposan Situmorang menegaskan, arah dukungan dari kelompok pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 adalah untuk Ganjar Pranowo.

Menurut dia, apa yang dilakukan oleh kelompok Projo pimpinan Budi Arie mendukung Prabowo Subianto adalah tindakan yang berseberangan.

“Betul kita pisah, kita tidak mau memanipulatif orang, kita main jujur saja. Kami ini tulus semua! Bahkan lebih 80% Projo Ganjar adalah pendukung Pak Jokowi sampai sekarang,” kata Haposan di Rumah Pemenangan Ganjar Pranowo, Jalan Diponegoro Jakarta, Minggu (15/10/2023).

Haposan tidak ingin ambil pusing atas tindakan yang dilakukan Budi Arie dan kelompoknya saat mendeklarasikan nama Prabowo Subianto sebagai presiden yang didukung untuk Pemilu 2024. Sebab, mayoritas suara Projo, diyakini ada pada Ganjar.

“Kita biarkan saja mereka dengan deklarasinya ke Prabowo karena tidak semua Projo mendukung Prabowo, Anda lihat kemarin di arena Rakernas tidak full. Karena Projo itu mendukung Ganjar,” ucapnya yakin.

Haposan memastikan, kelompoknya tidak akan bertindak secara transaksional dalam menyatakan deklarasi dukungan terhadap Ganjar Pranowo seperti yang dilakukan oleh Budi Arie. Sebab yang akan dilakukan oleh Haposan dan kelompoknya hanyalah untuk kerja memenangkan Ganjar.

“Kita sejak menyatakan pro Pak Ganjar kita sudah bekerja dan ada di seluruh Indonesia DPD dan DPC-nya, kita sudah kerja semua dan kita tidak ada sermoni,” kata Haposan menandasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Projo Ganjar Deklarasikan Dukungan

Sebagai informasi, Relawan Pro Jokowi (Projo) Ganjar mendatangi Rumah Aspirasi Ganjar Pranowo Presiden 2024 di Jalan Diponegoro, Menteng Jakarta Pusat,  Minggu (15/10) sore. Kedatangan mereka guna menegaskan dukungan kepada Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024 Ganjar Pranowo. 

Pengurus DPC Projo Ganjar Jakarta Utara Nasikin mengungkap, kehadiran mereka di Rumah Aspirasi Ganjar Pranowo Presiden 2024 untuk menjelaskan kepada publik bahwa Ganjar Pranowo memiliki reputasi yang baik dalam kepemimpinannya.

"Selama menjabat Bapak Ganjar terbukti mampu mengmengimpletasikan kebijakan yang sangat berpihak pada rakyat, dan memajukan sektor ekonomi serta pembangunan infrastruktur. 

Selanjutnya, kami yakin akan lebih banyak lagi Projo-Projo yang mendukung Pak Ganjar karena memiliki rekam jejak yang bagus dan jiwa kepemimpinan," kata Nasikin.

Nasikin percaya, Ganjar Pranowo juga seorang pemimpin yang tegas, jujur, bersih, berani dan bernyali dalam mengambil keputusan.

"Beliau sangat mengerti birokrasi dan juga sudah membuktikan program-program serta berani membuat keputusan. Jadi kami solid akan memenangkan Pak Ganjar sebagai Presiden 2024," tandas Nasikin.

3 dari 4 halaman

Projo Dukung Prabowo

Sebelumnya, Relawan Joko Widodo alias Projo secara resmi memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto di Pemilu 2024.

Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi menyampaikan dukungan pada Prabowo langsung di kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu (14/10/2023). Menurut Budi, Prabowo Subianto yang masuk kriteria capres Jokowi.

"Beliau sudah menyampaikan beberapa hal termasuk kriteria calon lanjut beliau, kami dari projo menyimpulkan calon yang dimaskud adalah Bapak Prabowo, karena melihat beberapa hal yang sangat penting adalah bahwa berani dan punya nyali serta punya komitmen," kata Budi saat deklarasi di Kertanegara, Sabtu (14/10/2023).

Dia memuji Prabowo sebagai prajurit sejati, hal itu yang membuat Projo mendukung Prabowo.

"Pak prabowo adalah patriot sejati, karena itulah kami Projo sopakat mendukung Bapak Prabowo subianto sebagai calon presiden RI pada Pilpres 2024 mendatang," kata Budi.

Selanjutnya, pihaknya memberikan Prabowo buku Maklumat Projo dan juga memakaikan jaket Prajo ke Prabowo.

4 dari 4 halaman

Projo Klaim Dukungan ke Prabowo Atas Permintaan Jokowi

Relawan Joko Widodo alias Projo secara resmi memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) di pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Saat ditanya apakah dukungan ke Prabowo atas permintaan langsung Jokowi, Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi menyatakan hal itu sudah jelas, sehingga tidak perlu ada penjelasan lain lagi.

"Yang jelas, jelas, sudah tidak perlu diperjelas lagi," kata Budi Arie usai deklarasi di Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (14/10/2023).

Terkait pernyataan Jokowi agar relawan Projo bersabar dan tidak mendesak untuk menyebutkan capres dukungannya, menurut Budi, hal itu tidak perlu dijelaskan lagi. Arah dukungan Jokowi, kata Budi, sudah sangat jelas.

"Sabar gimana, itu sudah gong 8 kali. Gong 8 kali itu masa bukan sinyal sih," kata Budi.

Selain itu, Budi menyebut, Prabowo lah yang masuk kriteria capres Jokowi.

"Beliau sudah menyampaikan beberapa hal, termasuk kriteria calon lanjut beliau. Kami dari Projo menyimpulkan calon yang dimaksud adalah Bapak Prabowo," kata Budi Arie.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.