Sukses

7 Fakta Terkait PDIP Resmi Umumkan Mahfud Md Jadi Bakal Cawapres Dampingi Ganjar Pranowo

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud Md menjadi bakal cawapres pendamping bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo pada hari ini, Rabu (18/10/2023).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud Md menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo pada hari ini, Rabu (18/10/2023).

"Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, maka calon wakil presiden yang dipilih PDI Perjuangan yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Prof Dr Mahfud Md," ujar Megawati di DPP PDIP, Rabu (18/10/2023).

Saat mengumumkan, Megawati bersama Plt Ketua Umum PPP M Mardiono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang serta bakal Capres Ganjar Pranowo di Kantor DPP PDIP.

Kemudian, Megawati menjelaskan sejumlah alasan akhirnya memilih Mahfud Md sebagai bakal cawapres untuk mendampingi bakal cawapres di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Di mata Megawati, Mahfud adalah sosok yang pantas dan mumpuni jadi cawapres Ganjar.

"Pak Mahfud, beliau sosok yang saya sendiri tidak asing beliau pernah menjadi anggota Dewan Pembina di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Jadi saya mengerti jalan pikirannya dan ketika beliau dipilih untuk menjadi Menkopolhukam, saya guyon sama beliau 'Saya ini dari Presiden turun menjadi Ketua Dewan Pembina Ideologi Pancasila', tapi saya bilang kepada beliau enggak apa-apa itu idelogi pancasila, tapi Anda (Mahfud) langsung meroket menjadi anggota kabinet," kata Megawati.

Lalu, Megawati Soekarnoputri pun menugaskan Mahfud Md untuk mereformasi total hukum di Indonesia.

"Mahfud Md sosok yg kami tugaskan untuk reformasi hukum nasonal," jelas Megawati.

Mahfud pun siap mengemban tugas yang diamanatkan kepadanya.

"Adalah kehormatan dan kebanggaan saya diberi amanah tanggung jawab yang besar dan mulia bersama Mas Ganjar meneruskan cita-cita Bung Karno dan para pendiri negara lainnya untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera," kata Mahfud.

Berikut sederet fakta terkait Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan Mahfud Md menjadi bakal cawapres pendamping bakal capres Ganjar Pranowo dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 8 halaman

1. Resmi Diumumkan Jadi Cawapres, Dinilai Sosok Mumpuni

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud Md menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo pada hari ini, Rabu (18/10/2023).

"Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, maka calon wakil presiden yang dipilih PDI Perjuangan yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Prof Dr Mahfud Md," ujar Megawati di DPP PDIP, Rabu (18/10/2023).

Dalam pidatonya, Megawati menyinggung Mahfud Md merupakan sosok yang mumpini dan pantas menjadi cawapres Ganjar Pranowo. Selain itu, Megawati juga menyinggung bahwa pasangan Ganjar-Mahfud akan bertindak sebagai pembela rakyat dan diharapkan dapat menyuburkan iklim demokrasi di Indonesia.

"Pasangan Pak Ganjar Pranowo Pak Mahfud ini akan menyuburkan demokrasi negeri, mereka akan bertindak sebagai sahabat rakyat sejati, Insya Allah mereka lahir tumbuh menjadi mumpuni karena doa penuh kasih dari ibu-ibu sejak berada dalam kandungan," ucap Megawati.

 

3 dari 8 halaman

2. Megawati Sebut Mahfud Md Pendekar Hukum, Pembela Wong Cilik

Di mata Megawati, Mahfud adalah sosok yang pantas dan mumpuni jadi cawapres Ganjar.

"Pak Mahfud, beliau sosok yang saya sendiri tidak asing beliau pernah menjadi anggota Dewan Pembina di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Jadi saya mengerti jalan pikirannya dan ketika beliau dipilih untuk menjadi Menkopolhukam, saya guyon sama beliau 'Saya ini dari Presiden turun menjadi Ketua Dewan Pembina Ideologi Pancasila', tapi saya bilang kepada beliau enggak apa-apa itu idelogi pancasila, tapi Anda (Mahfud) langsung meroket menjadi anggota kabinet," kata Megawati.

Megawati menambahkan, pengalaman dan pengetahuan tinggi Mahfud di bidang jadi salah satu pertimbangannya.

"Prof Mahfud, seorang sosok inteletual yang mumpuni. Pengetahuan beliau di masalah hukum sangat penuh dengan pengalaman dan pengetahuan. Sosok dengan pengalaman lengkap di legisliatif, eksekutif, yudikatif," ucap dia.

"Lalu dikenal rakyat sebagai Pendekar Hukum dan pembela Wong Cilik," tambah Megawati.

 

4 dari 8 halaman

3. Mahfud Md Ditugaskan Reformasi Hukum Nasional

Megawati Soekarnoputri memilih Mahfud Md sebagai calon wakil presiden pendampingi Ganjar Pranowo. Saat ini Mahfud Md masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM. Megawati pun menugaskan Mahfud Md untuk mereformasi total hukum di Indonesia.

"Mahfud Md sosok yg kami tugaskan untuk reformasi hukum nasonal," kata Megawati.

Megawati mengatakan, bahwa dirinya resah dengan hukum saat ini karena semua bungkam. Namun, kata dia saat ini ada Mahfud Md yang sering bersuara mengenai hukum di Indonesia.

"Saya bilang kepada beliau bahwa hukum ini jangan semua bungkam. Untuk apa kalau semua pada diam, ayo Pak kita ngomong. Saya dulu sepi, sendiri, karena saya ngomong semua pada bully, nah sekarang ada Pak Mahfud yang bela saya," kata dia.

Megawati pun mengatakan, Mahfud adalah sosok intelektual yang mumpuni karena pernah menjabat di 3 bidang politik yaitu legislatif, eksekutif dan yudikatif.

"Karena sy perhatikan begiau di masalah hukum sangat penuh dengan pengalaman dan pengetahuan lengkap. Lalu dikenal sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik," jelas Megawati.

 

5 dari 8 halaman

4. Mahfud Md Siap Lanjutkan Cita-Cita Menuju Indonesia Emas 2045, Sampaikan Terima Kasih pada Jokowi

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud Md menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo. Mahfud pun siap mengemban tugas yang diamanatkan kepadanya.

"Adalah kehormatan dan kebanggaan saya diberi amanah tanggung jawab yang besar dan mulia bersama Mas Ganjar meneruskan cita-cita Bung Karno dan para pendiri negara lainnya untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera," kata Mahfud di Kantor DPP PDIP, Rabu (18/10/2023).

"Bung Karno dan Bung Hatta telah mengantarkan bangsa Indonesia ke pintu gerbang emas kemerdekaan Indonesia. Mas Ganjar dan saya bersama-sama seluruh rakyat akan melanjutkan upaya cita-cita menuju Indonesia Emas 2045," sambung dia.

Mahfud mengatakan, Indonesia Emas 2045 akan terwujud bila memenuhi sejumlah syarat.

"Ideologi bangsa kokoh, ekonomi baik, hukum dan keadilannya ditegakkan, politiknya demokratis, budaya gotong royongnya hidup serta mengedepankan persaudaraan," ucap Mahfud.

Mahfud juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) lantaran dirinya sudah dipercaya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam).

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah memberi kesempatan kepada saya selama ini," kata dia.

Dia juga memuji sosok bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo yang ia nilai sosok berani dan siap menerima kritik.

"Saya tahu persis mas Ganjar adalah figur pemimpin yang merakyat dan berani. Berani memperbaiki yang bengkok-bengkok, berani menerima kritik, berani memperjuangkan nilai-nilai politik yang diyakini benar," kata Mahfud.

Oleh karena itu, Mahfud yakin Ganjar adalah sosok tetap menjadi pemimpin dan dapat melanjutkan cita-cita Indonesia

"Saya berkeyakinan Mas Ganjar adalah figur yang tepat memimpin bangsa Indonesia untuk mewujudkan semua cita-cita dan melanjutkan program pembangunan yang sudah baik," ucap Mahfud.

 

6 dari 8 halaman

5. Mahfud Md Akui Tak Pernah Kampanye, Baru Kali Ini Nyatakan Bersedia Jadi Cawapres

Kemudian Mahfud menyatakan, selama ini dirinya tidak pernah menyatakan ikut dalam kontestasi pilpres ataupun berkampanye.

"Saat ini saya mengemban amanat sebagai Menko Polhukam yang tugasnya antara lain memastikan pemilu berjalan lancar dan aman, karena tugas saya itu maka selama ini saya tidak pernah sekalipun menyatakan akan ikut dalam kontestasi pemilu," kata Mahfud.

Mahfud mengaku baru kali pertama menyatakan siap maju Pilpres yakni hari ini, pasca diumumkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Saya juga tidak pernah berkampanye, pasang spanduk dan lain-lain, baru kali ini lah pertama kali saya menyatakan bersedia menjadi cawapres karena amanah yang sudah diberikan oleh Ibu Megawati bersama pimpinan partai," kata Mahfud.

Oleh karena itu, bagi para pemilih yang masih menunda menentukan pilihan, Mahfud menyatakan siap mendedikasikan diri bersama Ganjar untuk Indonesia.

"Bagi yang selama ini menunda untuk menentukan pilihan karena menunggu kepastian saya, maka saat ini saya menyatakan saya bersedia untuk ikut kontestasi. Bersama Mas Ganjar saya akan mendedikasikan diri, semua kemampuan saya, ilmu saya, pengalaman saya, ketegasan dan keteguhan sikap saya serta keberanian-keberanian yang selama ini saya usahakan untuk selalu ditunjukkan kepada bangsa dan negara Indonesia," jelas Mahfud.

 

7 dari 8 halaman

6. Ganjar Sebut Pemimpin Mendengarkan Langsung Suara Rakyat, Berkeringat Bersama Rakyat

Bakal Calon Presiden (capres) PDIP Ganjar Pranowo, menegaskan komitmennya bersama Cawapres Mahfud Md untuk menjadi pemimpin yang amanah dan siap maju di pilpres 2024.

Ganjar akan berpasangan dengan Menkopolhukam Mahfud di Pilpres 2024. Dalam pidatonya, Ganjar memastikan akan menjadi pemimpin yang mendengarkan suara rakyat.

"Dunia kita sedang menghadapi krisis iklim yang mengancam kehidupan kita semua. Oleh karena itu, kami bertekad bahwa semua potensi alam Indonesia harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Namun juga pastikan kelestarian alam untuk generasi selanjutnya," kata Ganjar di Kantor DPP PDIP, Rabu, (18/10/2023).

Ganjar mengatakan, memajukan perekonomian adalah salah satu syarat utama yang harus kita miliki dan bisa kita wujudkan cita-cita melalui pembangunan ekonomi hijau, ekonomi biru, ekonomi digital dan inilah ekonomi baru yang diharapkan.

 

8 dari 8 halaman

7. Ganjar Mengaku Akan Gerak Cepat Wujudkan Indonesia Unggul dan Mohon Doa Semua

Ganjar Pranowo mengatakan dirinya dan Mahfud Md berkomitmen akan bekerja dengan tulus dan sepenuh hati usai ditunjuk menjadi calon presiden dan wakil presiden oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Bersama Mahfud Md, Ganjar pun mengaku akan bergerak cepat mewujudkan Indonesia unggul dan bermartabat.

"Ini bukan tentang Ganjar, bukan tentang Mahfud, bukan tentang kekuasaan, tapi soal seluruh rakyat Indonesia. Kami pastikan rakyat Indonesia berdaulat, di bidang politik pangan, sosial, bebas dari kemiskinan," kata Ganjar.

Ganjar pun berjanji akan mendongkrak kemiskinan dengan memberikan kesetaraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Hari ini akan menjadi sebuah tonggak sejarah untuk menyongsong tatanan Indonesia yang lebih adil dan diperjuangkan oleh pemimpin yang mendengarkan langsung suara rakyat, pemimpin yang mau berkeringat bersama rakyat, pemimpin yang mau betul-betul merasakan penderitaan rakyat," ucap dia.

"Mulai detik ini, mari bergerak bersama mewujudkan mimpi seluruh anak bangsa di manapun berada tanpa terkecuali. Ini bukan perjuangan mudah. Oleh karena itu dalam kesempatan ini, dengan segala kerendahan hati, kami mohon doa restu, kami mohon dukungan seluruh rakyat Indonesia untuk melangkah maju," tegas Ganjar.