Sukses

Gibran Rakabuming Raka Resmi Ditunjuk Jadi Cawapres Prabowo Subianto

Prabowo Subianto mengumumkan sendiri Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapresnya. Keputusan itu telah disepakati parpol KIM.

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon presiden (Bacapres) Prabowo Subianto mengumumkan sendiri bakal calon wakil presiden (Bacawapres) yang akan mendampinginya sebagai di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Prabowo menyebut, nama Gibran Rakabuming Raka yang akan menjadi calon wakil presiden dari dirinya. Keputusan tersebut telah disepakati secara aklamasi oleh partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Kita sudah sepakat mengusung saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju,” kata Prabowo di Rumah Kertanegara Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Prabowo mengatakan, keputusan itu diambil usai rapat bersama seluruh ketua umum KIM. Menurut dia, tidak ada sengketa dari keputusan tersebut karena diputuskan secara aklamasi.

“Ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus untuk Indonesia maju,” tegas Prabowo.

Pantauan di Rumah Kertanegara IV, Jakarta Selatan, pukul 19.34 WIB, seluruh ketua umum dari KIM sudah tiba.

Diawali oleh Prabowo pada pukul 4 sore, kemudian dilanjutkan oleh para ketua umum partai politik KIM lain, seperti Anis Matta dari Partai Gelora, Yusril Ihza Mahendra dari Partai Bulan Bintang (PBB), Ahmad Ridha Sabana dari Partai Garuda dan perwakilan dari Partai Prima.

Kemudian hadir juga Airlangga dari Partai Golkar, Zulkifli Hasan dari PAN, dan Agus Harimurti Yudhoyono dari Partai Demokrat. Rapat para elite parpol KIM tersebut membahas sosok cawapres pendamping Prabowo Subianto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gibran Terima Diusulkan Jadi Cawapres Prabowo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menerima keputusan Rapimnas Golkar yang mengusulkannya menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto. 

Gibran mengatakan, akan segera koordinasi dan tindaklanjuti keputusan Rapimnas Golkar tersebut dengan Prabowo.

"Saya sangat apresiasi keputusan Rapimnas untuk selanjutnya akan kami koordinasikan akan kami tindaklanjuti dengan Pak Prabowo," ujar Gibran di kantor DPP Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto telah menyerahkan surat rekomendasi hasil Rapimnas kepada Gibran. Surat itu merupakan deklarasi dukungan Golkar terhadap pasangan Prabowo-Gibran.

Gibran menyampaikan terima kasih atas dukungan Golkar kepada dirinya.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Golkar," kata putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

Sementara itu Gibran masih bungkam tentang status kepartaiannya. Namun, sebelumnya dikabarkan Gibran akan menjadi ketua umum AMPI, organisasi sayap kepemudaan Partai Golkar.

3 dari 4 halaman

Prabowo Ungkap Respons Jokowi Soal Gibran Diusulkan Jadi Cawapres

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengungkapkan respons Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat dia meminang putra sulungnya yakni Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal cawapres untuk mendampinginya di Pilpres 2024.

Mulanya, dia bercerita sebagai seorang warga negara Indonesia yang memiliki adat budaya tentunya akan menyampaikan usulan para partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk meminang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kepada Presiden Jokowi.

"Ya tentunya sebagai orang Indonesia yang adat budaya kita tentunya pasti kita menyampaikan keinginan dari partai-partai dan usulan kita," kata Prabowo di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023).

Dia mengungkapkan, Jokowi menyerahkan sepenuhnya kepada Gibran. Jika, Gibran bersedia menjadi bakal cawapres Prabowo maka tidak akan menahan.

"Dan beliau bilang terserah Pak Wali, kan sudah dewasa. Kalau Pak Wali bersedia ya beliau (Presiden Jokowi) pasti tidak menahan, kira-kira begitu," ungkap Prabowo.

Saat ditanya, apakah pinangan tersebut mendapat respons baik dari Gibran, Menteri Pertahanan itu tak menjawab secara detail.

Dia pun berseloroh seharusnya para awak media dapat memberikan kesimpulan bagaimana respons Gibran atas pinangannya.

"Ya masa Anda enggak bisa memberi kesimpulan, oke ya," tutur Prabowo sambil tertawa. 

4 dari 4 halaman

Jokowi Restui Gibran Jadi Cawapres

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku tidak mengintervensi anaknya yakni Gibran Rakabuming Raka yang diusung Partai Golkar menjadi cawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden 2024.

Hal itu disampaikan Jokowi usai mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional 2023, di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur.

"Tanyakan kepada partai politik. Itu wilayahnya partai politik atau koalisi partai politik, atau gabungan partai politik. Bukan urusan Presiden," tegas Jokowi, Minggu (22/10/2023).

Begitupun disinggung soal laporan Rapimnas Golkar yang mengusung Gibran Rakabuming Raka, Jokowi lagi-lagi enggan memberikan tanggapan dan hal itu tidak termasuk urusan Presiden.

"Rapimnas itu urusannya Golkar. Urusannya apa Golkar melaporkan kepada Presiden," ucap Jokowi.

Jokowi tidak dapat melakukan intervensi pada keputusan Gibran terkait rekomendasi Golkar yang dicalonkan menjadi cawapres. Namun Jokowi mengaku sebagai orang tua hanya dapat mendoakan yang terbaik kepada anaknya.

"Ya orang tua itu hanya tugasnya mendoakan dan merestui," kata Jokowi.

Jokowi menilai, sebagai orang tua enggan mencampuri Gibran yang dianggap telah dewasa. Secara tersirat, Jokowi menyerahkan segalanya kepada Gibran yang mendapatkan usungan maju pada Pilpres 2024.

"Keputusannya karena sudah dewasa jangan terlalu mencampuri urusan yang sudah diputuskan oleh anak-anak kita," pungkas Jokowi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini