Sukses

Syahganda Nainggolan: Anies Baswedan Jenius dan Memiliki Kesabaran Politik yang Tinggi

Direktur Eksekutif Sabang Merauke Circle, Syahganda Nainggolan menyebut bakal calon presiden (capres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan jenius dan memiliki kesabaran politik yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Sabang Merauke Circle, Syahganda Nainggolan menyebut bakal calon presiden (capres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan jenius dan memiliki kesabaran politik yang tinggi.

Pasalnya, kata dia meski bukan kader partai politik (parpol), Anies berhasil mendapatkan tiket maju sebagai calon bakal presiden untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Dia berujar, ketimbang figur lain, Anies termasuk yang paling sabar.

"Banyak orang yang tidak memiliki hal tersebut. Misal, banyak tokoh seperti Gatot Nurmantyo, Rizal Ramli dan La Nyalla yang gagal tembus presidential treshold 20 persen. Namun Anies sabar. Ia tahu ada tantangan tersebut," kata Syahganda dalam keterangan tertulis, diterima Selasa (31/10/2023).

Selain itu, Syahganda mengatakan, Anies juga melakukan langkah jenius dengan mendekati partai politik untuk memenuhi 20 persen presidential threshold tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berhasil Dapat Tiket Capres

Sebelumnya, pakar komunikasi politik Effendi Gozali juga mengakui langkah jenius yang dilakukan oleh Anies Baswedan hingga berhasil dapatkan tiket pencapresan mengingat dirinya tidak memiliki kendaraan partai politik.

Pihak lainnya menyebutkan, orisinalitas strategi yang digunakan Anies mampu memaksa ketua umum Partai NasDem Surya Paloh mendapatkan tiket pencapresan untuk dirinya dan turut menekan NasDem untuk menentukan cawapres.

Bahkan ada manuver dirinya yang dianggap cerdik, yaitu saat memberikan lampu hijau atas tawaran ketua umum partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi cawapres.

Kala itu Anies terus melakukan tekanan pada NasDem karena disatu sisi dirinya yakin Surya Paloh tidak mungkin memberikan tiket cawapres pada AHY yang jika dilakukan akan membesarkan perolehan suara Demokrat, mengalahkan NasDem.

3 dari 3 halaman

Anies-Cak Imin Resmi Jadi Pasangan Pertama Daftar ke KPU

Diketahui, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar resmi menjadi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pendaftaran itu ditandai dengan diserahkannya logo simbolik bertuliskan AMIN ke Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

"Izin kan kami mengucapkan terima kasih kepada KPU sehingga kami bisa mendaftar hari pertama hari ini," kata Anies di Kantor KPU RI Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Menerima pendaftaran itu, Hasyim menyatakan berkas dan dokumen yang dibawa pasangan Anies-Cak Imin lengkap. Nantinya berkas itu akan diverifikasi oleh tim KPU untuk dicek sah dan tidaknya.

"Setelah itu memasuki tahap verifikasi apakah sah atau belum, ukurannya dua benar atau belum, sah atau belum, nanti ada kesempatan sekiranya belum maka ada kesempatan untuk kelengkapan dan perbaikan,” jelas Hasyim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.