Sukses

Poltracking: Prabowo-Gibran 40,2 Persen, Ganjar-Mahfud 30 Persen, Anies-Cak Imin 24,4 Persen

Hasil survei Poltracking Indonesia menunjukkan pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul. Prabowo-Gibran memiliki elektabilitas mencapai 40,2 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil survei Poltracking Indonesia menunjukkan pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul. Prabowo-Gibran memiliki elektabilitas mencapai 40,2 persen. Hal tersebut tercatat dalam hasil survei tatap muka yang dilakukan pada 28 Oktober-3 November 2023.

"Prabowo-Gibran 40,2 persen," jelas Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda saat paparan survei secara daring, Jumat (10/11/2023).

Sementara, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md berada di urutan kedua dengan angka 30,1 persen. Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memiliki elektabilitas 24,4 persen.

"Ganjar-Mahfud 30,1 persen, Anies-Muhaimin 24,4 persen," jelas Hanta.

Terlihat terjadi jarak yang jauh antara pasangan Prabowo-Gibran dengan Ganjar-Mahfud. "Margin antara Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud agak merenggang, menjauh sedikit," jelas Hanta.

Sementara, Ganjar-Mahfud mulai ditempel oleh Anies-Cak Imin. Bila diterapkan margin of error, pasangan Anies-Cak Imin bisa menempel Ganjar Mahfud.

"Di saat yang sama Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin mendekat jaraknya. "Kalau kita gunakan margin of error 2,9, Ganjar dan Anies ini bisa bertemu," papar Hanta.

Poltracking menggelar survei tatap muka pada 29 Oktober-3 November 2023. Survei menggunakan metode pengambilan sampel multistage random sampling dengan jumlah 1220 responden. Survei memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Survei Populi Center: Dukungan Pemilih di Bawah 35 Tahun kepada Prabowo-Gibran Meningkat Jadi 54,7 Persen

Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka merupakan pasangan yang paling diterima oleh anak muda saat ini. Prabowo–Gibran merupakan pilihan anak muda di bawah 35 tahun.

Terbaru, riset yang dilakukan Populi Center periode 29 Oktober-5 November 2023 menemukan Prabowo–Gibran adalah pasangan paling diterima milenial dan gen z dengan perolehan 54,7 persen.

Raihan tersebut unggul dari pasangan koalisi PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo–Mahfud MD sebesar 15,3 persen dan duet Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar sebanyak 19,1 persen.

"Dukungan dari pemilih berusia di bawah 35 tahun meningkat menjadi 54,7 persen,” kata Peneliti Populi Center, Hartanto Rosojati dalam paparannya, Kamis (9/11/2023).

Perolehan Prabowo itu naik cukup drastis dari temuan Populi Center pada bulan September lalu. Saat itu Prabowo belum berpasangan dengan Gibran.

Dalam temuan September lalu, Prabowo mendapatkan angka dukungan 39,4 persen. Unggul dari Ganjar 36,3 persen, dan Anies 18,8 persen.

"Pada data survei september lalu, Prabowo didukung oleh 39,4 persen," ucap Hartanto. 

 

3 dari 3 halaman

Pemilih Loyal Jokowi Diprediksi Pilih Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dipastikan mendapatkan dukungan dari para pemilih loyalis Jokowi. Prabowo-Gibran diyakini oleh para pemilih loyal Jokowi itu mampu wujudkan Indonesia Emas 2045.

"Jadi dipandang sebagai tokoh yang representatif konsolidasi Prabowo-Jokowi, arus pemilih Jokowi yang loyal dan lintas partai akan semakin deras mengalir ke paslon ini,” kata Direktur Eksekutif Lembaga dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) Mochammad Thoha, dalam keterangannya, Kamis (9/11/2023).

Prabowo-Gibran diyakini akan melanjutkan program pro rakyat Presiden Jokowi di kepemimpinan berikutnya. Prabowo-Gibran beberapa waktu lalu sudah mengungkapkan beberapa program prioritas yang akan dijalaninya jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode selanjutnya.

Prabowo-Gibran bertekad untuk menghapuskan sepenuhnya kemiskinan ekstrem dalam waktu dua tahun setelah menjabat. Tak hanya itu, mereka juga akan berkomitmen sepenuhnya untuk mencapai swasembada pangan, energi hingga air.

Kemudian, Prabowo-Gibran dipastikan akan mengakselerasi keberlanjutan dari hilirisasi serta industrialisasi sumber daya alam termasuk di dalam bidang kelautan. Lalu, pasangan senior-junior itu juga bersikukuh untuk menghentikan pembangkit listrik tenaga batu bara, mempercepat dekarbonisasi untuk target emisi 0 bersih. 

 

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini