Sukses

Kampanye Pemilu Hari Pertama, Ini Rencana Titik Lokasi Para Paslon

Ketiga para pasangan calon presiden dan wakil presiden tengah bersiap untuk memulai hari pertama kampanye Pemilu 2024 yang akan dimulai Selasa, 28 November 2023.

Liputan6.com, Jakarta Ketiga para pasangan calon presiden dan wakil presiden tengah bersiap untuk memulai hari pertama kampanye Pemilu 2024 yang akan dimulai Selasa, 28 November 2023.

Para paslon pun sudah menyiapkan rencana titik lokasi kampanye yang akan disasar.

Misalnya, cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyampaikan pihaknya kampanye perdana di sekitaran wilayah Jabodetabek yang digelar selama beberapa hari.

“Jabodetabek, (mulai) besok ada beberapa titik,” ujar Cak Imin saat ditemui awak media saat acara Rakornas Sentra Gakkumdu oleh Bawaslu RI, di kawasan Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Namun demikian, Cak Imin tak menjelaskan lebih lanjut teknis kampanye hari pertama dan lokasi pastinya. Termasuk, apakah akan berjalan bersama dengan Capres Anies Baswedan atau tidak.

Sementara, paslon nomor dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming akan fokus berkampanye untuk hari pertama di sekitar jabodetabek. 

“Kita kick off di sekitar Jabodetabek,” ujar Prabowo kepada wartawan.

Meski belum jelas lokasi pastinya, tetapi Prabowo memastikan dirinya akan membagi tugas dengan Gibran selaku wakil untuk agenda kampanye-kampanye kedepannya

“Kita mulai bagi tugas, yang muda bergerak kemana-mana haha,” ucap Prabowo.

Sementara, paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah mempersiapkan rencana kampanye dari wilayah timur dan barat Indonesia hingga bertemu di titik tengah Indonesia.

Ganjar membeberkan soal rencana kampanye tersebut sudah siap dan akan dimulai esok hari.

“Sudah siap semuanya dan kita memulai besok,” ujar Ganjar kepada wartawan saat menghadiri Rakornas Sentra Penegakkan Hukum Terpadu di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Senin (27/11/203).

Dia pun menyebut dua kota yang akan menjadi titik awal mula rangkaian kampanye nasional adalah di Papua dan Aceh. 

“Saya di Papua, Pak Mahfud di Aceh,” tegasnya.

Mengenai mekanisme rencana kampanye tersebut, Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa ia bersama Mahfud MD akan saling bergerak dari timur ke barat, begitupun sebaliknya.

“Dari timur ke barat kita bergerak,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bawaslu Pastikan Awasi Kampanye

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada para partai politik peserta Pemilu untuk berkampanye yang akan dimulai pada Selasa, 28 November 2023.

"Bapak Ibu yang sangat kami hormati kiranya tanggal 28 November adalah kampanye, kami mempersilahkan kepada peserta Pemilu untuk berkampanye seluas-luasnya dan sebanyak-banyaknya, silakan," kata Bagja.

Menurut dia, masa kampanye adalah ajang bagi para peserta Pemilu untuk meyakinkan masyarakat dengan program yang dimiliki.

"Inilah ajang Bapak Ibu peserta Pemilu untuk meyakinkan pemilih di Republik ini dengan menawarkan visi misi program dan atau citra diri," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Akan Bekerja Maksimal

Oleh sebab itu, Bagja berharap, tugas dan fungsi Bawaslu dapat dibantu oleh para peserta Pemilu.

Ia juga mengingatkan terkait pelanggaran pasal 280 soal pelanggaran tindak pidana Pemilu.

"Oleh sebab itu, kami mengundang Bapak Ibu semua peserta pemilu menghadapi tanggal 28 ini, kerawanan yang kami prediksi mungkin saja bisa terjadi, akan tetapi gakkumdu dalam strategi penanganan tindak pidana Pemilu akan mengedepankan azas ultimum rebidium, tindak pidana Pemilu sebagai upaya hukum terakhir," tandas dia.

 

 

 

 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini