Sukses

Kampanye Pemilu 2024 Dimulai, Jokowi: Silakan Adu Gagasan dan Ide

Masa kampanye Pemilu 2024 telah dimulai pada Selasa, 28 November 2023 dan akan berakhir 10 Februari 2024. Jokowi mengajak para peserta pemilu untuk tetap tersenyum dan gembira saat beradu gagasan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mempersilakan para peserta Pemilu dan Pilpres 2024 untuk saling adu gagasan dan ide di masa kampanye. Namun, dia mengajak para peserta Pemilu untuk tetap tersenyum dan gembira saat beradu gagasan.

"Silakan adu gagasan dan adu ide, tetapi tetap tersenyum dan gembira," kata Jokowi kepada wartawan di Hutan Kita JIEP Kawasan Industri Pulo Gadung Jakarta Timur, Rabu (29/11/2023).

Adapun masa kampanye Pemilu 2024 telah dimulai pada Selasa, 28 Oktober 2023 dan akan berakhir 10 Februari 2024. Jokowi pun mengajak semua peserta Pemilu 2024 untuk menyambut pesta demokrasi lima tahun sekali ini dengan damai.

"Ya kita laksanakan pesta demokrasi ini dengan, kita bersama-sama berharap pesta demokrasi ini semuanya kita jalani dengan damai, aman, penuh dengan senyum, dan kegembiraan," jelas Jokowi.

KPU menetapkan masa Kampanye Pemilu 2024 dimulai pada Selasa (28/11/2023) dan berakhir pada 10 Februari 2024. Berbeda dari sebelumnya, Pemilu 2024 kini digelar serentak, bersamaan dengan pemilihan anggota legislatif, presiden-wakil presiden, dan kepala daerah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pemungutan suara pemilu legislatif dan pemilu presiden, pada Rabu, 14 Februari 2024. Sedangkan pemungutan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) dilaksanakan pada Rabu 27 November 2024. Penetapan itu telah dituangkan dalam Keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Capres-Cawapres Resmi Teken Naskah Kampanye Pemilu Damai 2024 di KPU

Tiga pasangan capres-cawapres resmi menandatangani naskah deklarasi Pemilu Damai di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Sebelum diteken, naskah deklarasi Pemilu Damai 2024 itu dibacakan terlebih dahulu. Pembacaan naskah dipimpin Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

Pembacaan naskah deklarasi oleh Hasyim kemudian ikuti oleh tiga pasangan capres-cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md, serta diikuti juga oleh 18 partai politik peserta Pemilu 2024.

Naskah itu berisi tiga poin yang mesti ditaati para peserta Pemilu 2024. Mulai dari pemilu yang diharapkan berjalan adil, damai, tanpa politik uang, hingga pelaksanaannya sesuai dengan aturan undang-undang.

"Naskah deklarasi pemilu tahun 2024. Peserta pemilu, satu, mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, dan adil. Dua, melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi sara, dan tanpa politik uang," kata Hasyim.

"Tiga, melaksanakan kampanye pemilu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku," lanjut dia.

3 dari 3 halaman

Kampanye Pemilu 2024 Dimulai, Bawaslu Luncurkan 3 Saluran Aduan Hoaks

Bawaslu terus berupaya untuk meminimalisir dan mencegah hoaks selama Pemilu 2024. Terbaru, mereka meluncurkan tiga saluran aduan hoaks yang bisa digunakan masyarakat mulai hari pertama kampanye Pemilu 2024.

Tiga saluran itu adalah melalui layanan telepon aduan, email, dan juga posko aduan masyarakat yang ada di kantor pengawas pemilu di seluruh tingkatan.

Sebelumnya Bawaslu juga sudah ada dua saluran aduan hoaks yang bisa digunakan masyarakat. Yakni melalui media sosial jajaran pengawas pemilu di seluruh tingkatan dan juga melalui website pada portal jarimuawasipemilu.bawaslu.go.id/pengaduan.

"Peluncuran ini merupakan salah satu kesiagaan Bawaslu mengawasi konten hoaks pemilu, sekaligus memperkuat dua saluran aduan yang telah ada sebelumnya. Untuk hotline aduan masyarakat bisa menghubungi nomor 08119810123 dan email melalui medsos@bawaslu.go.id," ujar Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu RI Lolly Suhenty dilansir Antara.

"Khusus laporan dugaan pelanggaran pemilu, salurannya tetap melalui mekanisme temuan dan laporan sebagaimana Perbawaslu Nomor 7 Tahun 2023 tentang temuan dan laporan pelanggaran pemilihan umum," katanya menambahkan.

Lolly menjelaskan Bawaslu bekerjasama dengan banyak pihak agar Pemilu 2024 terbebas dari hoaks.

"Secara umum, strategi pengawasan hoaks terdiri dari patroli pengawasan siber (bekerja sama dengan Kemenkominfo), pemantauan pemberitaan baik melalui portal Intelligent Media Monitoring (https://imm.bawaslu.go.id/) maupun media lainnya, dan kerja sama dengan koalisi masyarakat sipil," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.