Sukses

Dicap Pemimpin Tata Kata, Anies: Bisa JIS Dibangun dengan Kata-Kata?

Calon presiden (capres) nomor urut satu, Anies Baswedan melakukan kampanye di Bandung, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut satu, Anies Baswedan, melakukan kampanye di Bandung, Jawa Barat. Dia pamer hasil kerja selama menjabat Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, mulai dari Jakarta Internasional Stadium (JIS) hingga Sekolah Net Zero Carbon.

Hal ini disampaikan Anies saat sesi tanya jawab dalam acara Desak Anies di Kafe 150, Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/11/2023). Anies ditanyai seorang peserta bernama Sarah Ardiwinata soal Anies yang kerap disindir sebagai pemimpin tata kata.

"Bagaimana bapak yang selalu dicap sebagai pemimpin yang tata kata bukan tata kota menegaskan bahwa gagasan-gagasan bapak yang luar biasa ini, ide-ide yang luar biasa ini bersifat implementatif dan memang rasional?" kata Sarah.

Menanggapi pertanyaan itu, Anies menyebut JIS tidak dibangun dengan kata-kata. Anies juga pamer hasil kerja lainnya, yakni pembangunan sepanjang 250 kilometer (km) trotoar di Jakarta yang menurut dia tidak akan terealisasi kalau hanya modal kata-kata.

"Anda tahu Jakarta International Stadium? Bisakah hanya dibangun dengan kata-kata? Tidak. Anda tahu semua 250 km trotoar di Jakarta bisa dibangun dengan kata-kata? Tidak," kata Anies.

"Tahukah Anda sekarang di Jakarta di mana pun lokasi Anda berdiri 900 meter Anda akan dapat taman di Jakarta. Dan di Jakarta kita membangun sekolah Net Zero School pertama di Indonesia kita baru di Jakarta. Semua sekolah baru di Jakarta Net Zero School. Enggak bisa kata-kata," lanjut Anies.

2 dari 3 halaman

Anugerah Tuhan

Anies menyatakan, kemampuannya bertutur kata bukan buatan, melainkan anugerah Tuhan yang dirinya syukuri. Sehingga, kata Anies, melalui anugerah itu gagasan bisa disampaikan dengan baik ke masyarakat.

"Jadi yang saya sampaikan adalah iya alhamdulillah Tuhan memberkati, Tuhan memberikan taufik, memberikan petunjuk, sehingga saya bisa mengkomunikasikan gagasan. Allah yang berikan itu semua, itu bukan buatan saya. Saya diberikan hidayahnya, diberikan taufik-Nya, diberikan rahmat-Nya, sehingga bisa berkomunikasi," ucap Anies.

3 dari 3 halaman

Ujungnya Karya

Selain itu, kata Anies, banyak kemudahan lainnya yang ia bisa terima dari sang pencipta. Dia menyebut, kemampuan bertutur katanya itu juga dibarengi dengan kemampuan mengerjakan gagasan dan ide dalam bentuk nyata.

"Tapi juga alhamdulillah Allah berikan saya kemudahan untuk bisa bergerak bersama teman-teman di dalam mengeksekusi, karena itu kami selalu sampaikan tiga hal: gagasan, narasi, karya. Ujungnya karya," ujar Anies.

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

Video Terkini