Sukses

Gibran Rakabuming Raka Sapa Warga di Kawasan Sarinah

Gibran terlihat duduk bersama masyarakat yang tengah menonton pertunjukan musik. Beberapa ada yang meminta swafoto bersama Gibran.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka menyapa masyarakat di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu pagi (3/12/2023). Dia memakai kaus berwarna putih duduk di tangga pusat perbelanjaan Sarinah yang menghadap ke Jalan M.H. Thamrin. 

Gibran terlihat duduk bersama masyarakat yang tengah menonton pertunjukan musik. Beberapa ada yang meminta swafoto bersama Gibran. Demikian dilansir dari Antara.

Sesekali Gibran terlihat mengangguk-anggukkan kepala seraya menikmati alunan musik.

Beberapa tokoh terlihat pada acara pertunjukan tersebut seperti artis Uya Kuya dan politikus PAN Sigit Purnomo Said Samsudin atau Pasha Ungu serta Tim Kampanye Nasional (TKN) Rahayu Saraswati. Hingga saat ini Gibran masih terlihat menikmati alunan musik bersama kerumunan massa.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

​​​​​​​KPU juga telah menetapkan masa kampanye pemilu mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gibran Bagi-Bagi Susu Gratis di Penjaringan, Jakarta Utara

Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka bertemu warga Penjaringan, Jakarta Utara pada Jumat, (1/12/2023) sore. Saat blusukannya itu, Gibran membagikan susu gratis untuk ibu-ibu dan anak-anak.

Acara bagi-bagi susu gratis itu pun merupakan salah satu program untuk mencegah stunting dan peningkatan gizi.

Gibran tiba di jalan Rawa Bebek 1, Gang 14, penjaringan, Jakarta Utara sekitar pukul 17.40 WIB dengan mengenakan kemeja biru. Setibanya dia langsung disambut antusias warga yang ingin sekedar bersalaman dan berswafoto.

"Mas Gibran, Mas Gibran, Mas Gibran," teriak anak-anak kecil itu sambil disambut tepuk tangan, Jumat, (1/12/2023).

Kedatangan Gibran tidak lama setelah ia menaiki panggung acara yang telah disiapkan panitia acara. Ia hanya menyebut susu yang telah disediakan akan dibagikan kepada warga yang telah menunggunya.

"Karena sudah masuk magrib, jadi susunya dan nanti sembako akan dibagikan segera. Pokoknya nanti tertib nanti semuanya dapet. Sehat semua," ucap Gibran.

Tidak hanya itu, anak sulung Presiden Joko Widodo juga meresmikan posko Wifi gratis untuk warga Rawa Bebek 1, Gang 14.

Usai membagi-bagikan susu, Gibran menyempatkan diri mampir ke pasar yang tidak jauh dari lokasi acara, sambil membeli pisang salah satu toko.

Pedagang pisang, Jenggo (35) mengaku kaget ketika calon presiden nomor urut dua menghampiri dan membeli dagangannya.

"Dia beli dua sisir harganya Rp60 ribu. Dia kasih Rp100 ribu, dikembaliin enggak boleh," ucap Jenggo.

Tidak ketinggalan Jenggo pun menitipkan kepada Gibran apabila nantinya terpilih agar amanah dalam menjalankan tugasnya nanti.

"Intinya kalau memang untuk jadi capres cawapres bisa memimpin lebih amanah kedepannya," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Kampanye di Lampung, Zulhas Tegaskan PAN Dukung Prabowo-Gibran dan Ajak Jaga Perdamaian

Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) memulai tur kampanye perdana di Provinsi Lampung pada Sabtu (2/11/2023). Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Di hadapan warga Tulus Rejo, Kecamatan Pekalongan, Lampung Timur, Zulhas dengan tegas menyampaikan dukungannya terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Dalam kesempatan itu, Zulhas juga menyoroti pentingnya partisipasi masyarakat terhadap Pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Nah ibu-ibu, tahun ini sudah memasuki tahun Pemilihan Umum. Tanggal 14 Februari nanti kita akan ada pencoblosan," ujar Zulhas.

"PAN dalam Pilpres nanti, mendukung Prabowo-Gibran," sambungnya.

Selain itu, Zulhas juga mengajak masyarakat untuk menjaga perdamaian di tengah gejolak tahun politik.

Menteri Perdagangan (Mendag) ini mengakui bahwa perbedaan pilihan sebagai sesuatu yang wajar dalam demokrasi. Dia pun dengan tegas mengingatkan agar masyarakat tidak terlibat dalam konflik atau perkelahian akibat perbedaan pandangan politik.

"Pemilu ini bisa aja milihnya presidennya beda, namanya demokrasi. Tapi kita jangan ribut, jangan berkelahi," kata Zulhas. 

"Kita tetap bersaudara, kita keluarga, kita keluarga besar Negara Kesatuan Republik Indonesia," tandas dia.

4 dari 4 halaman

Prabowo dan Gibran Minta Tim Kampanyenya Terapkan Pemilu Riang Gembira

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Perkasa Roeslani mengungkapkan arahan calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) TKN-TKD yang digelar tertutup di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Rosan menyebut, Prabowo dan Gibran meminta tim kampanyenya untuk tidak menjelek-jelekkan pasangan calon (paslon) lain. TKN dan Tim Kampanye Daerah (TKD) diminta menjalankan pesta demokrasi dengan riang gembira.

"Pesan dari Pak Prabowo dan Mas Gibran sudah disampaikan, intinya tadi, jadi yang disampaikan bahwa kita harus menjalankan pesta demokrasi ini dengan santun baik. Tidak boleh menjelek-jelekkan paslon lain, bermartabat, dan dibawa dengan riang gembira. Karena ini pesta demokrasi," ujar Rosan pada wartawan, Jumat (1/12/2023).

Rosan menjelaskan, arahan Prabowo dan Gibran tersebut sekaligus menjadi edukasi politik bagi mereka. “Seluruh tim kampanye di level nasional dan daerah harus menerapkan arahan itu dengan baik,” kata dia.

Selain itu, kata Rosan, aturan yang sudah ada dari KPU dan Bawaslu juga harus ditaati. "Yang paling penting kampanye ini harus memberikan asas manfaat juga, kepada seluruh rakyat Indonesia," kata Rosan.

Agenda Kampanye Prabowo-GibranLalu, Rosan menyinggung kampanye yang akan dilakukan oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada akhir pekan ini.

Dia menjelaskan, Prabowo akan berkunjung ke tiga titik di Tasikmalaya, sementara Gibran akan menghadiri final Piala Dunia U-17 di Surakarta.

"Sehingga Mas Gibran banyak tamu yang datang ke sana, ada Presiden FIFA, menteri juga, sehingga beliau besok hanya berada di Solo," katanya.

"Kemudian Minggu Pak Prabowo akan ke Banten, termasuk untuk ziarah ke alim ulama, dan juga menemui kiai, dan bertemu dengan masyarakat. Itu rencananya dua hari lagi di Banten," ucap Rosan Roeslani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini