Sukses

Tiba di Medan untuk Kampanye, Anies Baswedan Disambut Puluhan Emak-Emak

Saat keluar dari Bandara Kualanamu, Anies Baswedan terlihat bersama mantan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang juga Ketua Timnas Pemenangan Daerah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan tiba di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara (Sumut) untuk melanjutkan kampanye Pemilu 2024, Minggu (3/12/2023). Anies tiba di Bandara Kualanamu sekitar pukul 10.00 WIB.

Saat keluar dari Bandara Kualanamu, Anies tampak bersama mantan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang juga Ketua Timnas Pemenangan Daerah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Anies Baswedan terlihat sudah mengalungkan bunga. Dia mengenakan kemeja berwarna biru muda, dengan celana hitam.

Kedatangan Anies ini langsung disambut para pendukungnya yang didominasi oleh para ibu-ibu atau emak-emak. Mereka membawa pengeras suara ke depan pintu keluar Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara (Sumut).

"Satu, satu, satu pilihanku, kami nomor satu, nomor satu pilihanku, nomor satu presidenku," demikian yel-yek yang dinyanyikan oleh ibu-ibu pendukung Anies.

Mereka juga kerap menawarkan kepada masyarakat yang lewat untuk memilih Anies dalam Pilpres 2024.

"Jangan lupa pilih nomor satu," ujar mereka kepada masyarakat yang lewat.

Rencananya, Anies Baswedan akan melakukan empat rangkaian kegiatan selama kampanye Pemilu 2024 di Medan. Pada pukul 09.30 WIB - 12.00 WIB, Anies akan menghadiri acara Haul Guru ke-21 Saidi Syekh H Amir Damsar Syarif Alam di Pesantren Persulukan Thariqat Naqsyabandiyah Jabal Qubis.

Kemudian siangnya sekitar pukul 12.30 WIB - 14.00 WIB, Anies akan menghadiri pertemuan terbatas dengan Masyarakat Sumatera Utara di GOR Pancing, Jl. Williem Iskandar Kenangan Baru Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang.

Pada pukul 14.30 WIB - 16.30 WiB anies akan menuju Pos Bloc Medan, Kesawan. Terakhir pada 17.00 WIB - 18.00 WIB, Anies akan minum kopi bersama masyarakat Kota Medan di Bandar Kupi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anies Serap Aspirasi Nelayan Kronjo, Siap Tuntaskan Masalah jika Jadi Presiden

Calon presiden (capres) nomor urut satu, Anies Baswedan, melanjutkan kampanye hari kelima, Sabtu (2/12/2023) dengan mengunjungi Kampung Nelayan Kronjo, Tangerang, Banten.

Anies tiba di Kronjo sekira pukul 16.30 WIB. Dia disambut warga yang merupakan keluarga nelayan di kawasan pelelangan ikan Kronjo.

Setibanya di Kronjo, Anies Baswedan disambut puluhan warga yang antusias dengan kedatangannya. Warga berebut ingin berswafoto dan berjabat tangan dengan Anies.

"Insyaallah jadi, kita butuh perubahan," kata seorang warga.

"Kronjo Anies kabeh," teriak warga lainnya.

Anies kemudian berbincang dengan warga di atas sebuah kapal nelayan. Para nelayan yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Pengawas Perikanan (Pokmaswas) itu menyampaikan aspirasinya kepada Anies.

Aspirasi itu meliputi, pembuatan pelabuhan nusantara di Kecamatan Kronjo, pembuatan dokumen kapal nelayan dipermudah, meminta normalisasi alur Kali Cipasilian diperbarui.

Kemudian para nelayan juga meminta fasilitas sarana dan prasarana. Para nelayan juga meminta Anies menghentikan pematokan laut oleh pengembang.

"Slogannya nelayan sejahtera, negara kuat," kata Ketua Pokmaswas Kronjo Rifai saat mengakhiri penyampaian aspirasi kepada Anies.

"AMIN ga? Nelayan sejahtera, negara kuat. Insyaallah, amin. Ini saya terima aspirasinya," jawab Anies.

Anies berjanji apabila jadi presiden terpilih di pilpres 2024 akan berusaha mewujudkan aspirasi yang disampaikan nelayan Kronjo. Selain itu, dia juga berjanji akan memenuhi kebutuhan solar bersubsidi nelayan.

"Insyaallah kita akan berusaha untuk membuat perubahan, supaya lebih adil, supaya kebutuhan solar subsidinya gampang dan selalu tersedia. Banyak pematokan insyaallah itu yang nanti kita hentikan," ujar Anies.

 

3 dari 4 halaman

Anies Ajak Ribuan Pendukungnya Bangun Perubahan: Ada Banyak yang Harus Dikoreksi

Calon Presiden dari Partai NasDem, PKB dan PKS, Anies Baswedan, lakukan kampanye di Gor Gondrong, Kota Tangerang, Sabtu (2/12/2023).

Ribuan simpatisan dan relawan Anies-Muhaimin (Amin) memadati gedung olahraga tersebut. Tampak sejumlah petinggi partai di Provinsi Banten, seperti ketua DPW NasDem yang juga mantan Gubernur Banten, Wahidin Halim dan sejumlah calon legislatif lainnya, ikut meramaikan kampanye tersebut.

Anies datang dengan mengenakan kemeja panjang berwarna putih, yang dipadukannya dengan celana bahan berwarna gelap. Saat namanya dipanggil pembawa acara, Anies langsung menyapa dan menyalami pendukungnya dari atas panggung setinggi semeter itu.

Dalam orasinya, Anies berulangkali menekankan perlunya perubahan dalam pembuat kebijakan. Sebab baginya, apa yang sudah terjadi di masyarakat saat ini, dinilai sudah tidak menguntungkan masyarakat.

"Kenapa mau perubahan? Kita tahu kondisi saat ini ada banyak yang harus dikoreksi. Apakah harga-harga kebutuhan pokok murah atau mahal? Apakah mau diteruskan? Kita perlunya apa? Perubahan," ujarnya dalam orasi.

Lalu dia juga menyinggung kondisi lain yang menyulitkan masyarakat. Seperti lapangan pekerjaan yang sulit, pendidikan yang semakin mahal, serta iklim investasi yang cenderung menguntungkan pemodal, bukan padat karya yang bisa membuka semakin banyak lapangan pekerjaan.

"Investasinya di sektor-sektor pemodal bukan padat karya, karena itu anak-anak kita kesulitan pekerjaan. Maka itu, kita dorong investasi di sektor-sektor yang menyerap dan membuja pekerjaan baru. Seperti manufaktur, pertanian," ungkap Anies.

4 dari 4 halaman

Transparan dan Bersih

Anies juga menyinggung soal masih maraknya kasus korupsi di Indonesia. Dia pun menjanjikan, di kepemimpinanya, perubahan juga akan terjadi pada pemerintahan. Sehingga akan muncul pemerintahan yang transparan dan bersih.

Dia pun memastikan, ribuan pendukungnya hadir di GOR Gondrong tersebut mendukungnya tanpa ada paksaan apalagi bayaran.

"Ibu bapak kesini hadir dengan dibayar enggak?"

"Enggak!" jawab kompak ribuan pendukung Anies.

Sehingga, ucapan terima kasih pun dia lontarkan atas dukungan dan kehadiran simpatisan ataupun pendukungnya.

"Terima kasih atas segala dukungan, dan kehadirannya. Sekali lagi, kewenangan itu akan diberikan lewat Pemilu, lewat Pilpres. Kapan? 14 Februari, dari jam 8 sampe jam 1 siang, setelah 5 jam itu, kita akan melewatkan 5 tahun menuju perubahan,"ujarnya.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini