Sukses

Anies Baswedan Kampanye di Medan, Siap Terima Nasihat dan Teguran Ulama

Anies Baswedan menyebut, ulama merupakan tokoh penting dalam kemerdekaan Indonesia. Atas dasar itu, dia memastikan akan menuruti para ulama.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 1 dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menyatakan siap menerima nasihat hingga teguran dari para ulama jika nantinya menang dalam Pilpres 2024. Anies mengaku siap mendengar saran dan masukan dari para ulama dalam memimpin bangsa Indonesia.

Hal ini disampaikan saat menghadiri peringatan Haul Guru ke-21 Saidi Syekh H Amir Damsar Syarif Alam di Pondok Pesantren Persulukan Thariqat Naqsyabandiyah Jabal Qubis, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (3/12/2023).

"Kami yang hari ini bekerja di urusan-urusan kenegaraan, urusan-urusan pemerintahan ingin, butuh, dan mendapatkan nasihat, mendapatkan petunjuk, mendapatkan arahan bagian mendapatkan teguran dari para ulama, para masyayikh, para mursyid, guru-guru kita," ujar Anies di lokasi.

Anies menyebut, ulama merupakan tokoh penting dalam kemerdekaan Indonesia. Atas dasar itu, dia memastikan akan menuruti para ulama.

"Salah satu prinsip yang kami pegang adalah, tadi mendengar, meneladani mengambil hikmah dari para alim ulama, dan tidak sekali-sekali memusuhi ulama, itu yang ingin kita pegang sama-sama," kata Anies.

Anies mengaku mendapat keteduhan saat mengunjungi pondok pesantren ini. Dia mengaku ingin menularkan keteduhan yang dia rasakan di pesantren ini untuk Indonesia secara keseluruhan.

"Ingin mendapatkan keberkahan dan semoga hikmah dan keberkahan ini tertularkan kepada seluruh umat Islam di Indonesia," ucap Anies.

Rencananya, Anies Baswedan melakukan empat rangkaian kegiatan selama berada di Medan. Pada pukul 09.30 WIB - 12.00 WIB, Anies akan menghadiri acara Haul Guru ke-21 Saidi Syekh H Amir Damsar Syarif Alam di Pesantren Persulukan Thariqat Naqsyabandiyah Jabal Qubis.

Kemudian siangnya sekitar pukul 12.30 WIB - 14.00 WIB, Anies akan menghadiri pertemuan terbatas dengan Masyarakat Sumatera Utara di GOR Pancing, Jl. Williem Iskandar Kenangan Baru Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang.

Pada pukul 14.30 WIB - 16.30 WIB, Anies akan menuju Pos Bloc Medan, Kesawan. Terakhir pada 17.00 WIB - 18.00 WIB, Anies akan minum kopi bersama masyarakat Kota Medan di Bandar Kupi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiba di Medan untuk Kampanye, Anies Baswedan Disambut Puluhan Emak-Emak

Calon Presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan tiba di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara (Sumut) untuk melanjutkan kampanye Pemilu 2024, Minggu (3/12/2023). Anies tiba di Bandara Kualanamu sekitar pukul 10.00 WIB.

Saat keluar dari Bandara Kualanamu, Anies tampak bersama mantan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang juga Ketua Timnas Pemenangan Daerah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Anies Baswedan terlihat sudah mengalungkan bunga. Dia mengenakan kemeja berwarna biru muda, dengan celana hitam.

Kedatangan Anies ini langsung disambut para pendukungnya yang didominasi oleh para ibu-ibu atau emak-emak. Mereka membawa pengeras suara ke depan pintu keluar Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara (Sumut).

"Satu, satu, satu pilihanku, kami nomor satu, nomor satu pilihanku, nomor satu presidenku," demikian yel-yek yang dinyanyikan oleh ibu-ibu pendukung Anies.

Mereka juga kerap menawarkan kepada masyarakat yang lewat untuk memilih Anies dalam Pilpres 2024.

"Jangan lupa pilih nomor satu," ujar mereka kepada masyarakat yang lewat.

3 dari 3 halaman

Anies Baswedan Terima Pesan Sebelum ke Tarekat Naqsabandiyah: Takutlah Akan Dosa

Calon Presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan memulai kampanye perdananya di Sumatera Utara dengan mengunjungi Pesantren Persulukan Tarekat Naqsabandiyah Jabal Qubis.

Adapun Anies Baswedan menghadiri acara Haul Guru ke-21 Saidi Syekh H Amir Damsar Syarif Alam, Minggu (3/12/2023).

Anies mengaku sebelum bertolak ke pesantren tersebut, dirinya sempat menerima pesan dari mantan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi yang juga Ketua Timnas Pemenangan Daerah (TPD) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN.

"Dalam perjalanan menuju majelis yang mulia ini, Pak Edy Rahmayadi tadi mengungkapkan sebuah kalimat singkat tapi mendalam, beliau mengatakan Pak Anies, Insyaallah selalu takut dengan dosa, jaga itu takutlah dengan dosa," ujar Anies saat memberikan sambutan di Pesantren Persulukan Tarekat Naqsabandiyah Jabal Qubis, Minggu (3/12/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta agar dirinya dan seluruh masyarakat dijauhkan dari hal-hal yang berujung dosa. Dia berharap, ke depannya bisa terus memberikan manfaat bagi banyak orang.

"Dan sebagai umara (pemimpin pemerintahan), yang mendapatkan amanat untuk mengurusi urusan-urusan kemasyarakatan, salah satu prinsip yang kami pegang adalah, tadi mendengar, meneladani mengambil hikmah dari para alim ulama, dan tidak sekali-sekali memusuhi ulama, itu yang ingin kita pegang sama-sama," kata Anies.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini