Sukses

Tiba di Balikpapan, Kedatangan Ganjar Disambut Hangat Masyarakat di Bandara Sepinggan

Ratusan masyarakat berkumpul di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, pada Selasa (5/12/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan masyarakat berkumpul di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, pada Selasa (5/12/2023).

Mereka menunggu kedatangan calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang akan berkampanye di Balikpapan.

Pantauan Liputan6.com di lapangan, Ganjar tiba pada pukul 09.20 WITA. Masyarakat dan juga simpatisan antusias menyambut kehadiran Ganjar. Tak sedikit dari mereka menghampirinya untuk sekedar bersalaman atau pun berfoto.

Seorang emak-emak menghentikan langkah kaki Ganjar Pranowo. Dia meminta Ganjar untuk meluangkan waktu sejenak.

"Pak anak saya nge-fans sama bapak," kata emak-emak, Selasa (5/12/2023).

"Oh iya, iya," jawab Ganjar sambil menyodorkan tangan ke anak tersebut.

Momen itu kemudian diabadikan oleh si ibu dengan kamera telepon genggam.

Ganjar lalu menghampiri satu orang wanita berpakaian adat Dayak. Dia terlihat membawa slempang manik-manik Dayak berwana hitam-putih.

Seorang ibu-ibu yang ada disamping wanita itu pun mengalungkan manik-manik itu ke leher Ganjar Pranowo.

Ibu-ibu merupakan relawan Ganjar Pranowo bernama Ganjarist dari Kalimantan Timur. Dia adalah Nyai Enon Esti.

"Ini ungkapan selamat datang. Biasanya diberi kepada tamu-tamu istimewa," ujar Enon.

Adapun, kalung berwarna hitam dan putih miliki arti tersendiri buat sosok Ganjar Pranowo.

"Dia tidak abu-abu jadi tegas," ucap Enon.

Sementara itu, teriakan Ganjar Presiden terus mengiringi langkah Ganjar Pranowo ke luar bandara untuk melanjutkan kampanye.

"Ganjar siji, Ganjar kabeh. Ganjar Presiden," teriak simpatisan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kampanye Ganjar Pranowo di Balikpapan

Dari Bandara, Ganjar Pranowo memulai kegiatan dengan menyapa warga dan pedagang di Pasar Baru, Klandasan Ilir.

Rencananya ada beberapa agenda kampanye yang dilakukan Ganjar di Balikpapan. Diantaranya bertemu dengan Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud dan Calon Anggota Legislatif (Caleg) partai koalisi, serta relawan di Swiss-bel Hotel Balikpapan.

Kemudian, Salat Zuhur di Masjid Agung At-Taqwa Balikpapan. Berikutnya, makan siang bersama pimpinan partai koalisi, tokoh dan relawan di Warung Makan Jogja.

Selanjutnya, Berkunjung ke Ponpes Syaichona Cholil. Selain itu makan malam dengan tokoh lintas agama dan menghadiri acara deklarasi dukungan dari masyarakat adat dayak.

Kunjungan pada hari pertama ke Balikpapan, Ganjar akan mengakhiri kegiatannya dengan nongkorng bareng Millennial, Gen Z dan Infulencer lokal.

 

3 dari 4 halaman

Ganjar Optimis Keruk Suara Besar di Lumbung Lawan, Termasuk Indonesia Timur

Sebelumnya, calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo optimis dapat meraup suara terbanyak dalam Pilpres 2024, meski daerah tersebut merupakan lumbung suara paslon lain.

Termasuk juga di wilayah Indonesia Timur, khusunya Palu, Sulawesi Tengah.

"Meskipun saya tahu, di Sulawesi Tengah ini dikenal sebagai ceruk suara capres lainnya, tapi saya optimis mampu memperoleh suara terbanyak. Masyarakat sudah tahu track record masing-masing capres serta program-programnya," tutur Ganjar di Palu, Sulawesi Tengah, Senin 4 Desember 2023.

Dalam pertemuan dengan Tim Pemenangan Daerah (TPD), Ganjar mengaku menerima banyak aspirasi dan isu masalah yang memerlukan respon cepat. Dari situ, dia pun menyiapkan strategi penyelesaian.

"Mudah-mudahan ini menjadi kekuatan untuk memperbaiki. Harus optimis," kata Ganjar.

Diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan bertolak ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) usai kunjungan kampanye calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo. Ditanya kekhawatiran suara untuknya akan tersapu, mantan Gubernur Jawa Tengah itu menjawab santai.

"Oh nggak (takut suara kesapu), Pak jokowi kan Presiden. Karena Pak Jokowi Presiden, Pak Jokowi bisa ke mana pun untuk kepentingan apapun. Saya selalu menghormati ya. Nggak apa-apa," tutur Ganjar singkat di Palu, Sulawesi Tengah, Senin 4 Desember 2023.

 

4 dari 4 halaman

Jokowi ke NTT

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pekan ini.

Informasi yang diperoleh, mantan Gubernur DKI Jakarta itu ke NTT tanggal 4-5 Desember 2023. Ia tiba di NTT melalui Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Jokowi bakal menggelar sejumlah agenda di Labuan Bajo hingga ke Kabupaten Nagekeo. Jokowi lalu ke Kupang pada Selasa (5/12/2023).

Di Kupang, Jokowi ke RSUP dr Ben Mboi Kupang untuk meninjau rumah sakit milik pemerintah pusat itu.

Mantan Wali Kota Solo itu juga akan meninjau gudang Bulog. Informasi lainnya menyebut presiden dua periode itu bakal mengunjungi Kabupaten Sabu Raijua.

Plt Kepala Biro Tatapem Setda NTT Stef Surat membenarkan agenda kunjungan Jokowi ke NTT.

"Betul (Jokowi ke NTT)," sebut Stef Surat, Minggu 3 Desember 2023.

Dia menyebut Pemprov NTT telah melakukan rapat persiapan pada Sabtu pagi.

"Plt Asisten II Setda NTT yang memimpin rapat persiapan kedatangan Presiden," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.