Sukses

Di Hadapan Kiai Krapyak, Siti Atikoh Beberkan Program Ganjar-Mahfud soal Pesantren

Istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh, menyatakan Ganjar-Mahfud MD akan memberikan perhatian serius untuk pondok pesantren tanpa memandang apakah ponpes itu besar atau kecil.

Liputan6.com, Yogyakarta - Istri Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh, menyatakan Ganjar-Mahfud MD akan memberikan perhatian serius untuk pondok pesantren (ponpes), tanpa memandang apakah ponpes itu besar atau kecil.

Hal itu Siti Atikoh sampaikan di hadapan kiai dan pimpinan ponpes di Krapyak, Yogyakarta, yang berkumpul di Ponpes Al Munawwir Krapyak Yogyakarta, Rabu (6/12/2023) malam.

"Mas Ganjar dan Pak Mahfud akan memberikan perhatian penuh ke pesantren sebagai lembaga pendidikan lembaga dakwah dan pengabdian kepada masyarakat setempat," kata Atikoh.

Atikoh menyampaikan, Ganjar-Mahfud akan mengoptimalkan dana abadi pesantren untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan di ponpes, beasiswa santri untuk kesejahteraan pengasuh, dan pendidik ustaz serta ustazah.

Atikoh juga menyampaikan program mengenai kesejahteraan ustaz dan ustazah sudah pernah dilakukan Ganjar saat menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah.

Selain itu, lanjut Atikoh, Ganjar-Mahfud akan memfasilitasi program penyamarataan sehingga lulusan pesantren dapat mudah masuk perguruan tinggi umum.

"Beasiswa santri juga diperluas. Kemudian Mas Ganjar-Pak Mahfud akan mempersiapkan ekosistem membekali santri agar siap kerja. Misalnya fasilitasi BUMN agar memiliki program magang dam ekskul di pesantren," kata Atikoh.

Tak hanya itu, tambah Atikoh, Ganjar-Mahfud akan membuat program santripreneur sehingga santri melek pada ekonomi kreatif berbasis digital.

"Kemudian ketujuh, Ganjar-Mahfud akan memfasilitasi ma'had ali agar semakin banyak dan berkualitas," tandas Atikoh. 2 Attachments • Scanned by Gmail

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Safari Politik Atiqoh Ganjar

Istri calon Presiden (Capres), Ganjar Pranowo, Siti Atiqoh Supriyanti, sowan ke Pondok Pesantren Gelar Peuteuycondong, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (4/12/2023).

Siti Atiqoh Ganjar bersama Ketua DPP PDI Perjuangan, Wiryanti Sukamdani, dan rombongan tiba di Pondok Pesantren Gelar Peuteuycondong sekira pukul 10.10 WIB.

Kehadiran Siti Atiqoh langsung disambut hangat oleh perwakilan Ponpes. 

"Assalamuallaikum," ucap Atiqoh saat bus yang ditumpanginya.

"Waalaikumsalam, selamat datang Ibu," ucap perwakilan Ponpes.

Atiqoh pun menyalami satu persatu perwakilan pesantren dan sejumlah jajaran perwakilan Partai yakni Anggota DPR RI Fraksi PDIP Diah Pitaloka, Ketua DPC PDIP Kabupaten Cianjur Susilawati, serta jajaran pengurus partai lainnya.

Atiqoh kemudian diantar untuk berkunjung dan sowan ke kediaman perwakilan Pondok Pesantren Peuteuycondong Gelar.

Di sana, Atiqoh diterima dengan hangat oleh perwakilan Ponpes. Dia juga dimintai tanda tangan di sebuah buku. 

Setelah itu, Atiqoh dan rombongan diantar para pengasuh pondok untuk berziarah ke makam pendiri Ponpes Gelar, almarhum KH Zen Abdusomad (Mama Gelar) dan Hj Hindun Fathimah (Umi Gelar).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.