Sukses

Cak Imin Ziarah ke Makam Pujangga Amir Hamzah di Langkat, Bacakan Puisi Taman Dunia

Cak Imin didampingi mantan Gubernur Sumatera Utara sekaligus Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Timnas AMIN di Sumatera, Edy Rahmayadi.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ziarah ke Makam pujangga Amir Hamzah di Langkat, Medan, Sumatera Utara. Usai berziarah, dia membacakan salah satu puisi karya pujangga itu.

Pantauan Liputan6.com, pada Jumat (8/12/2023) Cak Imin melakukan ziarah tepat sebelum sholat Jumat digelar. Makam Pujangga Amir Hamzah berada di samping Masjid Azizi, Tanjung Pura, Langkat.

Cak Imin mengenakan baju kemeja putih dan ikat kepala khas Sumatera Utara. Dia didampingi mantan Gubernur Sumatera Utara sekaligus Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Timnas AMIN di Sumatera, Edy Rahmayadi.

Terlihat Cak Imin beserta rombongan melantunkan doa-doa dengan khusyuk di depan makam Amir Hamzah tersebut.

Usai berziarah, Cak Imin mengenang mendiang Amir Hamzah karena merupakan tokoh pahlawan nasional sekaligus seorang sastrawan pujangga baru. Menurut Cak Imin, Amir Hamzah meninggal di usia muda.

"Memang prestasi-prestasinya dahsyat. Seorang muda yang melahirkan banyak karya. Bahkan banyak memimpin dan banyak optimisme dan menjadikan sastra Indonesia berkembang dengan baik," kata Cak Imin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cak Imin Baca Puisi Karya Amir Hamzah

Pada kesempatan itu, Cak Imin juga membacakan salah satu puisi karya Amir Hamzah yang berjudul 'Taman Dunia'.

Berikut isi puisi Taman Dunia karya Amir Hamzah yang dibacakan Cak Imin:

Kau masukkan aku ke dalam taman-dunia, kekasihku!

Kau pimpin jariku, kau tunjukkan bunga tertawa; kuntum tersenyum

Kau tundukkan haluku tegak, mencium wangi tersembunyi sepi

Kau gemelaikan di pipiku rindu daun beldu melunak lemah

Tercengang aku, takjub, terdiam

Berbisik engkau:

"Taman swarga, taman swarga mutiara rupa"

Engkau pun lenyap

Termangu aku gilakan rupa.

 

 

3 dari 4 halaman

Kampanye Hari ke-11, Cak Imin Bertolak ke Sumatera Utara

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar (Cak Imin) melanjutkan kampanye hari ke-11 dengan bertolak ke Sumatera Utara pada Jumat (8/12/2023).

Dari agenda yang diterima Liputan6.com, Cak Imin bakal berdialog dengan komunitas Bentor persis di depan pintu keluar Bandara Kualanamu, Deli Serdang. Cak Imin dijadwalkan tiba di Medan pada pukul 09.00-09.20 WIB.

Selanjutnya, Cak Imin rencananya akan bertemu dengan para ulama dan para tokoh masyarakat di Langkat, Sumatera Utara. Pertemuan akan berlanjut hingga siang hari.

"Pukul 10.20-12.00 WIB, pertemuan dengan ulama tokoh masyarakat di Tanjung Pura, Langkat," demikan bunyi informasi tersebut, dikutip Jumat (8/12/2023).

Siang harinya, pada pukul 12.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, Cak Imin akan melaksanakan salat Jumat di Masjid Azizi, Langkat. Setelah itu Cak Imin akan melanjutkanagenda kampanye pemilu 2024 dengan ziarah ke makam pujangga Amir Hamzah.

4 dari 4 halaman

Agenda Selanjutnya

Pada sore hari sekira pukul 15.40 hingga 16.40 WIB, Cak Imin bertolak ke Binjai. Dia akan melakukan pertemuan dengan masyarakat di GOR Binjai.

Sore menjelang malam, Cak Imin lanjut menghadiri pertemuan dengan da'i dan tokoh-tokoh perempuan di sebuah hotel di kawasan Medan.

"Pukul 17.10-18.10 WIB, pertemuan dai, tokoh-tokoh perempuan, dan milenial di Hotel di Grand Kanaya Medan," ujar cawapres yang diusung Nasdem, PKB dan PKS itu.

Kampanye Cak Imin di Medan ditutup dangan kunjungan ke warung kopi atau Warkop Agam Multatuli. Di sana, dia akan berdialog bersama mahasiswa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.