Sukses

Anies Kunjungi Pasar Pasar Kepuh Kuningan, Langsung Diteriaki "Presiden" oleh Pendukung

Saat blusukan, Anies Baswedan meladeni warga pasar yang hendak berfoto dengan dirinya. Hingga akhirnya ia berhenti di salah satu kios dalam pasar.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan blusukan ke Pasar Kepuh, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Sabtu, (9/12/2023) untuk berkampanye.

Anies yang tiba pasar Kepuh, Kuningan sekitar pukul 07.25 WIB bersama istrinya Fery Farhati langsung disambut bersama puluhan pendukung yang telah menunggunya. Gema suara dukungan terhadap dirinya pun terdengar mengiringi saat masuk ke dalam pasar.

"Anies...Presiden!, Anies...Presiden!," teriak para pendukung Anies, Pasar Kepuh, Kuningan, Sabtu (9/12/2023).

Saat blusukan, dirinya meladeni warga pasar yang hendak berfoto dengan dirinya. Hingga akhirnya ia berhenti di salah satu kios dalam pasar.

Di kios tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu bersama istrinya membeli jajanan pasar. Dirinya bahkan sempat salah fokus ketika ada anak kecil yang terus menerus memanggil dirinya yang sedang berbelanja.

"Pak Anies, Pak Anies," panggil salah satu anak kecil itu.

Capres nomor urut 1 lantas gagal fokus dan memanggil anak mungil itu. Sambil ditemani sang ibundanya, anak kecil tersebut mencium tangan Anies dan Fery.

Sementara pada agenda kampanye Anies hari ini diantaranya adalah menghadiri orasi sejumlah pemuda, bertemu dengan Kiai lalu menghadiri jamuan Kasepuhan oleh Panglima Keraton. Di penghujung acara ia akan menghadiri Gema AMIN bershalawat di Ponpes Da'arul Maarif.

2 dari 3 halaman

Anies Baswedan Mau Gandeng Eks Pegawai KPK Jadi Tim Berantas Mafia Daging

Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan, bertekat merekrut eks pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjadi tim memberantas mafia daging.

Hal ini disampaikan Anies dalam kampanye kesepuluh di Peternakan PT Indo Prima Beef, Lampung, Kamis (7/12/2023).

"Soal mafia daging itu harus diberantas dan kami nanti akan membuat tim khusus untuk memberantas mafia daging dan kami akan merekrut orang-orang berintegritas," kata Anies.

Selain eks pegawai KPK, Anies berjanji juga ingin merekrut orang-orang yang tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) KPK. Anies meyakini mereka memiliki integritas.

"Kita mungkin akan merekrut orang-orang yang pernah bekerja di KPK yang kemarin tidak lolos TWK itu kita rekrut saja karena mereka orang-orang yang berani, orang-orang yang berintegritas untuk menjadi Task Force Tata Niaga daging, memerangi mafia daging," ucap Anies.

"Dan harapannya orang-orang berintegrasi ini punya pengetahuan, punya pengalaman, punya kemampuan dan yang paling penting mereka punya harga diri yang tidak dijualbelikan," sambung Anies.

 

3 dari 3 halaman

Bertemu Peternak Sapi

Pada kunjungannya ke PT Indo Prima Beef, Anies bertemu dengan peternak sapi. Dia menerima aspirasi dan mendapati setidaknya tiga masalah terkait tata niaga peternakan, salah satunya ialah soal mafia daging.

Selain itu, Anies juga menemukan persoalan mengenai kebutuhan bibit bagi para peternak yang harus dibantu negara. Kemudian, terkait batas kredit yang harus dibuat lebih leluasa bagi peternak.

Selanjutnya, Anies juga menerima keluhan peternak soal impor daging kerbau yang membuat banyak usaha peternakan menurun dan bahkan tidak berlanjut.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka

Video Terkini