Sukses

Jelang Debat Capres Perdana, Anies Baswedan Istirahat dari Kegiatan Kampanye

Captain Timnas AMIN Muhammad Syaugi Alaydrus memastikan , Anies dan Muhaimin siap menghadapi segala kegiatan dalam Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan istirahat sejenak dari rutinitas kampanye jelang debat perdana capres Pilpres 2023. Debat perdana capres diketahui akan berlangsung pada Selasa, 12 Desember 2023.

"Oh iya (istirahat), tiap hari kan ada persiapan-persiapan kan baik itu untuk kampanye, sekarang persiapan untuk pelaksanaan debat ya. Jadi semua itu perlu dipersiapkan," ujar Captain Timnas AMIN Muhammad Syaugi Alaydrus di Sekretariat Timnas AMIN, Jalan Diponegoro 10, Jakarta Pusat, Minggu (10/12/2023).

Syaugi menyebut, Anies maupun pendampingya cawapres Muhaimin Iskandar tak masalah dengan urusan debat. Syaugi memastikan keduanya siap menghadapi segala kegiatan dalam Pilpres 2024 karena sudah dipersiapkan matang bersama Timnas AMIN.

"Selama kita punya perencanaan yang baik meng-organize organisasi kemudian ambil keputusan. Jadi itu yang selalu disampaikan oleh Pak Anies maupun Pak Muhaimin. Sehingga setiap kegiatan itu direncanakan dengan baik," ujar Syaugi.

Diketahui, debat pertama untuk capres digelar pada 12 Desember 2023. Temanya meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat kedua untuk cawapres digelar 22 Desember 2023. Temanya meliputi ekonomi, baik kerakyatan, maupun digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/D, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat ketiga untuk capres digelar 7 Januari 2024. Temanya pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Debat keempat untuk cawapres digelar pada 21 Januari 2024. Temanya adalah pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Debat pamungkas untuk capres digelar 4 Februari 2024. Tema debat terakhir meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cak Imin: Debat 12 Desember Urusannya Mas Anies, Saya Cuma Nonton

Sebelumnya, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan, ia dan Capres Anies Baswedan siap mengikuti debat capres-cawapres yang akan diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Diketahui, capres dan cawapres peserta Pilpres 2024 memiliki porsi debatnya masing-masing sebagaimana yang telah ditetapkan KPU.

"Debat cawapres nanti tanggal 22 Desember 2023, kita sudah siap," kata Cak Imin kepada wartawan di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (9/12/2023).

Jelang debat cawapres berlangsung, Cak Imin akan memastikan tubuhnya dalam kondisi yang bugar. Mengingat padatnya jadwal kampanye ke berbagai wilayah Indonesia yang ia lakukan.

"Ya Insya Allah lah kita akan siap fisiknya, ini bener-bener udah mulai puncak ini sebentar lagi," ujarnya.

Mengenai debat capres, ia menyatakan tidak bakal ikut campur dalam urusan debat capres yang akan diikuti perdana pasangannya Anies Baswedan pada 12 Desember 2023.

Menurutnya, debat capres menjadi tanggung jawab penuh Anies sebagai cawapres. Dia, bakal hadir hanya sebagai penonton.

"Yang tanggal 12 urusannya Mas Anies, saya cuman nonton," kata Cak Imin.

3 dari 3 halaman

Format

Sebelumnya, KPU telah mengumumkan format debat capres-cawapres. Ketiga pasangan capres dan cawapres peserta Pilpres 2024 akan melaksanakan debat sebanyak lima kalian.

Secara rinci, debat capres-cawapres 2024 akan digelar sebanyak dua kali pada Desember 2023, dua kali pada Januari 2024, dan satu kali pada Februari 2024. Capres akan debat sebanyak tiga kali, dan cawapres dua kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.