Sukses

TPN: Debat Perdana akan Jadi Panggung Ganjar-Mahfud

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo Subianto-Mahfud Md menegaskan pihaknya sangat siap menghadapi debat perdana yang digelar Selasa (12/12/2023).

Liputan6.com, Jakarta Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md menegaskan pihaknya sangat siap menghadapi debat perdana yang digelar Selasa (12/12/2023).

Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, mengatakan Ganjar dan Mahfud sudah melakukan kunjungan ke berbagai daerah guna menyerap aspirasi masyarakat dan hasilnya dirangkum sebagai bahan persiapan debat.

"Hari ini Pak Ganjar dan Pak Mahfud sudah berada di Jakarta. Mereka sedang melakukan persiapan untuk debat besok," kata Andi Widjajanto, Senin (11/12/2023).

Sementara itu, Juru Kampanye Nasional (Jurkamnas) Ganjar-Mahfud, Aryo Seno Bagaskoro mengaku pihaknya optimistis debat capres-cawapres itu akan menjadi panggung bagi Ganjar dan Mahfud mengungkapkan gagasan dan pemikiran menghadapi pasangan lainnya.

"Saya rasa debat ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat umum tentang apa yang menjadi gagasan dan pemikiran dari masing-masing kandidat capres. Nah, karena besok topiknya adalah tentang hukum, sebenarnya bagi kami ini adalah panggung Pak Ganjar dan Pak Mahfud," kata Aryo Seno.

Politikus PDI Perjuangan ini mengungkapkan, baik Ganjar Pranowo maupun Mahfud sama-sama memiliki pengalaman mumpuni di bidang hukum dan pemerintahan.

Ganjar yang merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berpengalaman dalam urusan legislasi. Sementara Mahfud, menurut Aryo, dikenal sebagai Si Pendekar Hukum.

"Pak Ganjar dan Prof. Mahfud mempunyai track record panjang di dunia hukum. Pak Ganjar S1-nya bidang hukum. Pernah menjadi legislator, dua periode. Dan, Prof. Mahfud Md saat ini dikenal luas sebagai pendekar hukum Indonesia," jelas Aryo Seno.

Menurut Seno, pasangan Ganjar-Mahfud yang berangkat dari pengalaman, berkomitmen kuat untuk menegakkan hukum dan memberantas korupsi saat memimpin Indonesia.

"Standing point juga sangat penting bagi Pak Ganjar dan Prof Mahfud. Tidak hanya bicara tentang ke depan saat membangun Indonesia ketika menjabat presiden dan wakil presiden," kata Seno.

"Debat ini juga berbicara tentang entry point bagi masyarakat luas untuk melihat rekam dekat pandang beliau berdua dalam track record sebagai pemimpin di bidangnya masing-masing," Seno menambahkan.

Seno menegaskan, seluruh tim pemenangan maupun partai politik pendukung Ganjar-Mahfud optimistis kedua tokoh tersebut mampu menyampaikan kepada masyarakat Indonesia terkait sektor hukum dan sejumlah isu lainnya dalam debat capres.

Ia menambahkan, seluruh tim pemenangan Ganjar-Mahfud bakal bekerja keras untuk mengambil undecided voters yang mencapai 28,7 persen sebagaimana hasil survei Litbang Kompas.

"Masih banyak yang galau, jadi kami rasa debat ini bisa menjadi salah satu jawaban. Nanti masyarakat akan melihat. Dan kita pastikan, kalau Pak Ganjar dan Pak Mahfud yang bicara dibangun debat, pasti ada kejutan dalam debat besok yang disampaikan oleh beliau berdua," kata Seno.

 

2 dari 4 halaman

KPU: Total Durasi Debat Perdana Pilpres 2024 Selama 150 Menit, Dibagi 6 Segmen

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengungkapkan, total durasi debat perdana pilpres 2024 akan berlangsung selama 150 menit. Durasi debat tersebut terpecah kepada sejumlah sesi dengan durasi bersih debatnya 120 menit.

"Totalnya 150 menit, untuk debatnya 120 menit, dibagi enam segmen dan di antara segmen ada jeda iklan, waktunya kurang lebih lima menit," kata Hasyim saat jumpa pers di kantor KPU Republik Indonesia, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Hasyim menambahkan, 11 panelis yang ditunjuk dan menandatangani pakta integritas, sudah bekerja dalam menyusun soal yang akan menjadi bank soal selama debat. Selain itu, mereka sudah dikarantina sejak dua hari lalu agar menjaga profesionalitas.

"Panelis sudah bekerja dan moderator yang akan memimpin debat capres, mereka sudah siap," ucap Hasyim.

Komisioner KPU August Mellasz menambahkan, enam segmen tersebut adalah satu, pembukaan pembacaan tata tertib dan penyampaian visi misi dan program kerja.

"Segmen kedua dan ketiga, pendalaman visi misi dan program kerja, pertanyaan dan interaksi antara pasangan calon yang lain. Segmen empat dan lima yaitu tanya jawab dan tanggapan. Di sana akan terjadi proses interaksi tanggapan, lontaran, pertanyaan dari pasangan calon dan direspons antara calon dengan calon yang lain. Dan terakhir adalah segmen penutup," jelas August.

Debat capres-cawapres perdana pilpres 2024 digelar Selasa, 12 Desember 2023. Nantinya pada debat perdana tersebut ketiga calon presiden akan beradu gagasan terkait sejumlah tema yaitu hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

3 dari 4 halaman

Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel Jadi Moderator Debat Perdana Pilpres 2024

Dua orang jurnalis dipilih menjadi moderator untuk memandu jalannya debat perdana capres-cawapres di pilpres 2024. Keduanya adalah Ardianto Wijaya Kusuma dan Valerina Daniel.

Kedua nama itu diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Sabtu (9/12/2023).

"Kita sudah mendapatkan moderator untuk diskusi atau debat pertama capres-cawapres, yaitu Ardianto Wijaya Kusuma dan Valerina Daniel," kata Komisioner KPU RI August Mellaz dalam keterangannya.

Selain moderator, KPU juga merilis 11 nama panelis debat perdana capres-cawapres pada pilpres 2024. Ada mantan Ketua Komnas HAM hingga Guru Besar yang masuk dalam daftar panelis.

August menerangkan, 11 orang telah menyatakan kesediaannya untuk menjadi panelis pada debat pertama pilpres 2024.

"Kita sudah mendapatkan konfirmasi dan kesediaannya. Ada 11 panelis yang kami sudah hubungi dan bersedia sejak kemarin," ujar dia.

August menyampaikan, panelis bakal membuat materi soal debat capres. Mereka akan dikarantina terhitung sejak Minggu, 10 Desember 2023 hingga Rabu, 13 Desember 2023 di Jakarta.

"Untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan disusun oleh panelis. Nanti kami akan diskusikan tema besarnya dan kemudian bagaimana rumusan-rumusan pertanyaan, termasuk bagaimana tata kelola dari pertanyaan-pertanyaan yang nanti akan dirumuskan oleh para panelis di situ," ujar dia.

4 dari 4 halaman

KPU Segel Pertanyaan Debat Pilpres 2024

Komisioner KPU RI August Melasz menjamin kerahasiaan soal debat pemilu 2024. Salah satunya dengan menyegel seluruh dokumen pertanyaan hingga dibuka saat debat dimulai.

"Pertanyaan itu akan disegel, terus nanti misalkan diserahkan ke moderator untuk disampaikan ke pasangan calon (paslon)," kata August kepada awak media, seperti dikutip Minggu (10/12/2023).

August menegaskan jajaran komisioner KPU pun tidak tahu pertanyaan apa yang akan disampaikan kepada para kandidat masing-masing paslon. Menurut August, pihak yang mengetahui selain penyusun soal dari tim ahli hanyalah tim panelis yang sudah terpilih.

"Kita enggak pernah tahu pertanyaannya apa. Itu lah kemudian panelis juga menandatangani pakta integritas untuk tidak membocorkan, untuk menjaga pertanyaan itu," jelas August.

Meski begitu, KPU memastikan pertanyaan yang disampaikan masih dalam koridor dan tema yang sudah ditentukan di tiap sesi debatnya.

Hal itu menjadi pegangan kepada para kandidat untuk menyiapkan materi terbaiknya saat menjawab pertanyaan yang disampaikan moderator debat capres-cawapres.

"Paling penting kan tema debatnya apa, dari situlah kemudian pertanyaan. Kami akan sampaikan dalam konteks pengarahan semuanya (terkait tema)," August menandasi.

Â