Sukses

Timnas AMIN Bakal Gelar Nobar Debat Perdana Capres, Berikut Lokasinya

Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) bakal menggelar nonton bareng (nobar) debat capres untuk Pilpres 2024 yang akan berlangsung malam ini, Selasa (12/12/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) bakal menggelar nonton bareng (nobar) debat capres untuk Pilpres 2024 yang akan berlangsung malam ini, Selasa (12/12/2023).

Berdasarkan press rilis yang diterima Liputan6.com, nobar bakal dilakukan di dua rumah pemenangan AMIN di Jakarta. Lokasi pertama berada di Rumah Perubahan yang berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat.

"Sekretariat Timnas AMIN mengundang bapak dan ibu hadir untuk nobar debat pertama pilpres di Posko Perubahan," bunyi keterangan tersebut, dikutip Selasa (12/12/2023).

Juru Bicara Timnas AMIN Angga Putra Fidrian mengatakan, Anies-Cak Imin juga bakal menyapa para pendukung di Rumah Perubahan sebelum bertolak ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Capres dan cawapres didampingi keluarga masing-masing, akan bertemu dan menyapa masyarakat yang nonton bareng di Diponegoro 10 sekitar pukul 18.00 WIB," kata Angga.

Lokasi kedua nonton bareng, berada di Rumah Perubahan yang bertempat di Jalan Brawijaya 10 Nomor 46, Jakarta Selatan. Di sini nobar bertajuk 'Kenduri Rakyat & Nobar Debat 1 Pilpres 2024'.

"Rumah Perubahan Brawijaya X mengundang sahabat-sahabat pengerak perubahan AMIN untuk turut hadir di acara Kenduri Rakyat dan Debat 1 Pilpres 1 2024," katanya.

Nonton bareng debat di Rumah Perubahan Brawijaya 10 juga akan dimeriahkan dengan penampilan akustik dari Arbain Band. Kenduri rakyat dijadwalkan berlangsung pukul 15.30-18.00 WIB dan dilanjutkan dengan nobar debat pukul 19.00-20.00 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tim Panelis Siapkan 18 Pertanyaan Saat Debat Capres

Tim panelis sendiri telah menyiapkan 18 pertanyaan untuk debat capres 12 Desember 2023. Maka dari itu, setiap segmen akan berisi tiga pertanyaan debat.

Nantinya, capres akan memilih pertanyaan secara acak. Setelah itu ia akan memaparkan tanggapannya terkait pertanyaan yang sudah diambil tersebut.

Lalu, capres lain akan menanggapi selama empat menit. Capres pertama yang menjawab diberi kesempatan lagi untuk menimpali.

"Masing-masing peserta debat capres itu nanti sebelum memasuki perdebatan mengambil dulu secara acak akan dapat pertanyaan yang mana. Itu lah yang akan disampaikan oleh moderator," jelas Hasyim.

"Setelah mendapatkan itu, misalkan kesempatan pertama, si calon A itu, calon B dan C diberikan kesempatan untuk menanggapi apa yang disampaikam oleh calon A. Setelah menanggapi, calon A juga diberikan kesempatan untuk menanggapi balik supaya kemudian clear di bagian perdebatan itu," sambungnya.

Selanjutnya, untuk sesi terakhir atau yang keenam akan berisi closing statement dari para capres.

"Kemudian paling akhir sesi keenam, itu adalah pernyataan penutup atau closing statement. Gambaran demikian sehingga segmen dua, tiga, empat, lima boleh dikatakan aktif, boleh dikatakan semuanya interaktif lah antarcalon, tentu dipandu oleh moderator," imbuh Hasyim.

3 dari 4 halaman

Polisi Kerahkan Ribuan Personel untuk Debat Pilpres 2024, Ada Pengalihan Arus Jalan

Polda Metro Jaya telah menyiapkan pengamanan dan skenario pengalihan arus lalu lintas di sekitar Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), tempat di mana debat capres-cawapres Pilpres 2024 perdana digelar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, personel yang diturunkan untuk mengawal jalannya debat capres-cawapres berjumlah 2.000 personel. Mereka terbagi menjadi beberapa Satgas atau Satuan Tugas.

Trunoyudo menyebut, satgas Kamtib jalantas, satgas preemptif, satgas Kamtib jalantas, satgas tindak dan satgas gakkum serta satgas humas, dikerahkan.

"Seluruh personel yang dilibat dalam proses pengamanan ini ada sebanyak 2.000 personel, terdiri dari 7 satgas," kata dia dalam keterangannya, Senin (11/12/2023) malam.

Trunoyudo mengatakan, rekayasa lalu lintas bersifat situasional. Kendati, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menghindari ruas jalan di sekitar lokasi selama debat Pilpres 2024 berlangsung.

"Pelaksanaan rekayasa lalu lintas bersifat situasional," ujar Trunoyudo.

4 dari 4 halaman

Rekayasa Lalu Lintas pada 12 Desember 2023

Berikut rekayasa lalu lintas pada 12 Desember 2023.

  • Kendaraan yang datang dari arah Bundaran HI yang akan menuju ke Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan Haji Agus Salim maupun Jalan Pamekasan
  • Kendaraan yang datang dari arah Jalan Haji Agus Salim yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI Traffic Light Hos Cokroaminoto 
  • Kendaraan yang datang dari arah Jalan Rasuna Said yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Cokroaminoto atau belok ke kanan ke Jalan Diponegoro
  • Kendaraan yang datang dari arah Jalan Diponegoro yang akan menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said maupun ke kanan Jalan Hos Cokroaminoto. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini