Sukses

Masalah HAM dan Konflik di Papua, Prabowo: Ada Campur Tangan Asing yang Ingin Indonesia Pecah

Calon Presiden Nomor urut dua, Prabowo Subianto, tampil dalam debat perdana Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden Nomor urut dua, Prabowo Subianto, tampil dalam debat perdana Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Dalam acara debat, Prabowo ditanya mengenai strateginya menyelesaikan masalah HAM dan konflik di Papua.

"Masalah Papua adalah rumit karena di situ terjadi suatu gerakan separatisme. Dan gerakan ini sudah kita ikuti cukup lama. Kita melihat ada campur tangan asing di situ, kita melihat kekuatan tertentu selalu ingin Indonesia pecah," kata Prabowo.

Untuk itu, kata Prabowo, masalah HAM menjadi sesuatu yang harus diutamakan dan di antaranya juga harus lindungi seluruh rakyat Papua.

"Karena di situ kelompok teroris menyerang orang Papua sendiri, diteror oleh kelompok teroris separatis ini."

Prabowo mengatakan, rencananya adalah memperkuat aparat, dan mempercepat pembangunan ekonomi.

"Presiden Jokowi adalah presiden yang paling banyak ke Papua kalau tidak salah sampai 19 kali dan pemerintahan di bawah Jokowi ekonomi Papua paling tinggi. Saya akan lanjutkan kemajuaan ekonomi sosial dan melindungi rakyat Papua dari separatisme dan menjamin penegakan HAM," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies: Banyak Aturan Ditekuk Sesuai Kepentingan Pemegang Kekuasaan

Calon Presiden Nomor urut satu, Anies Baswedan, tampil dalam debat perdana Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Anies mengatakan, banyak aturan ditekuk sesuai dengan kepentingan pemegang kekuasaan.

Anies mengatakan, negara hukum harus menempatkan hukum sebagai rujukan utama untuk memastikan hadir rasa keadilan.

"Memberikan kebermanfaatan dan memberikan kepastian kepada semua. Ini harus dipegang teguh oleh pemegang kekuasaan baik yang di puncak dan seluruh jajaran," kata Anies.

"Tapi apa yang terjadi? Banyak aturan ditekuk sesuai dengan kepentingan pemegang kekuasaan. Apa ini akan diteruskan? Tidak, ini harus diubah. Ini harus dikembalikan," tambahnya.

3 dari 3 halaman

2.120 Aparat Gabungan Amankan Debat Perdana Pilpres 2024

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo mengatakan sebanyak 2.120 aparat gabungan TNI-Polri akan disiagakan dalam acara de.

"Polres Metro Jakarta Pusat dengan Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, juga Pemprov DKI akan menggelar sebanyak 2.120 personel. Kami menggelar pengamanan baik itu dari Bundaran Hotel Indonesia kemudian ruas jalan Imam Bonjol sampai dengan Taman Suropati," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

Susatyo menjelaskan, aparat pengamanan gabungan akan memetakan daerah di sekitaran wilayah KPU RI. Dia mencatat, ring 2 dan ring 3 berada di sekitar kantor KPU termasuk Bundaran HI hingga Taman Suropati. Sementara daerah ring 1 merupakan daerah yang akan ditempati pasangan capres-cawapres.

“Ring 1 diamankan oleh aparat kepolisian dari Mabes Polri,” jelas dia.

Dia meyakini, dengan kesiap-siagaan ribuan personel hari ini maka debat perdana calon presiden 2024 akan berjalan baik dan lancar.

“Insya Allah kegiatan pada malam hari ini dengan sinergi semua pasukan pengamanan bisa berjalan dengan aman dan lancar," Susatyo menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini