Sukses

Anies Respons Pertanyaan Panelis soal Papua, Prabowo: Tidak Sesederhana Itu Pak Anies

Menurut Anies, perlu ada keadilan yang setara bagi masyarat di Papua. Perlu ada pendekatan dialog yang tidak mengedepankan kekerasan.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, merespons jawaban capres nomor urut 2 Prabowo Subianto  yang mendapatkan pertanyaan soal isu kekerasan di Papua dari panelis debat. Anies mengatakan, masalah di Papua sangat kompleks dan bukan hanya soal kekerasan. 

"Masalahnya bukan hanya kekerasan, di Jakarta saja tidak yang berpendapat, ada terorisme, separatis, dan  kriminal, masalah utamanya tidak adanya keadilan bagi masyarakat Papua,” ucap Anies. 

Menurut Anies, perlu ada keadilan yang setara bagi masyarat di Papua. Perlu ada pendekatan dialog yang tidak mengedepankan kekerasan.  

"Tujuannya bukan semata-mata meniadakan kekerasan. Damai itu bukan tiada kekerasan, tapi ada keadilan,” kata dia. 

Prabowo pun langsung merespons pernyataan Anies. Dia mengakui tidak mudah mengatasi permasalahan di Papua.  

“Benar, tapi tidak sesederhana itu Pak Anies. Ada faktor-faktor lain: geopolitik, ideologi, jadi ini tidak gampang,” kata dia. 

"Tapi saya sependapat kita harus tegakkan keadilan,” lanjut Anies. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini