Sukses

Prabowo Debat dengan Anies soal Polusi Jakarta: Susah Yah Kalau Kita Menyalahkan Angin

Calon Presiden Nomor urut dua, Prabowo Subianto, tampil dalam debat perdana Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Dalam acara tersebut, Prabowo dan Calon Presiden Nomor urut satu, Anies Baswedan, berdebat soal polusi udara di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto, tampil dalam debat perdana Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Dalam acara tersebut, Prabowo dan Calon Presiden Nomor urut satu, Anies Baswedan, berdebat soal polusi udara di Jakarta.

Prabowo mendapat kesempatan untuk bertanya kepada Anies. Dan Ketua Umum Gerindra itu menanyakan soal polusi udara di DKI yang parah kepada Anies yang merupakan Mantan Gubernur DKI.

"Sering sekali DKI menerima indeks polusi tertinggi di dunia. Bagaimana dengan anggaran Rp80 Triliun mas Anies tidak dapat berbuat sesuatu yang berarti untuk mengurangi polusi?" tanya Prabowo.

Anies menjawab, di Jakarta ada alat pemantau polusi udara. Bila masalah polusi udara bersumber dari dalam kota, maka hari ini, besok, minggu depan konsisten akan kotor.

"Tapi ada hari dimana kita bersih, dimana kita kotor. Apa yang terjadi? Polusi udara tak punya KTP, angin tak punya KTP. Angin bergerak dari sana-sini. Ketika polutan yang muncul dari PLTU mengalir ke Jakarta, maka Jakarta punya indikator dan ketika polusi bergerak ke Lampung, Sumatera, di sana tak ada alat monitor," jelas Anies.

Anies kemudian menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan yaitu pengendalian emisi dari kendaraan bermotor, elektrifikasi kendaraan umum, dan konversi kendaraan umum.

"Dulu yang naik kendaraan umum 350 ribu per hari, sekarang 1 juta per hari. Itu kita kerjakan untuk menangani polusi di Jakarta," jawab Anies.

Prabowo pun merespons Anies. Ia mengaku bingung dengan jawaban Anies yang malah menyalahkan angin terkait polusi di Jakarta.

"Susah yah kalau kita menyalahkan angin. Kalau kita menyalahkan angin, hujan, mungkin tidak perlu pemerintahan," ucap Prabowo.

2 dari 2 halaman

Jawaban Prabowo Ketika Ditanya Ganjar soal Putusan MK Terkait Batas Usia Capres-Cawapres

Calon Presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, menanyakan kepada Calon Presiden Nomor urut dua, Prabowo Subianto, mengenai keputusan Mahkamah Konstitusi terkait batas usia capres-cawapres. Lalu, apa jawaban Prabowo?

"Mohon maaf pak. Terpaksa sekali saya harus bertanya. Apa komentar Pak Prabowo terhadap keputusan yang melahirkan MKMK itu," tanya Ganjar dalam debat perdana Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam.

Prabowo pun mendapat waktu untuk menjawab pertanyaan Ganjar.

"Mengenai Mahkamah Konstitusi aturannya sudah jelas. Kita juga bukan anak kecil, rakyat kita juga pandai, cerdas, tahu bagaiamana prosesnya. Yang intervensi siapa? Tapi intinya adalah kita tegakkan konstitusi, Undang-Undang, kita perbaiki yang kurang sempurna dan kita patuh komitmen Undang-Undang itu sendiri," jawab Prabowo.

 

Video Terkini