Sukses

Siti Atikoh Ganjar: Anak Muda Butuh Kehadiran Pemerintah Kalau Buat Film

Selain kehadiran pemerintah, dari sisi royalty, Atikoh pun menilai perlu adanya perlindungan terhadap kekayaan intelektual.

Liputan6.com, Jakarta - Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti bersama istri Sandiaga Uno yaitu Nurasia Uno menghadiri nonton bareng (nobar) film berjudul "Jatuh Cinta Seperti di Film-Film” di CGV Grand Indonesia, Rabu (13/12/2023). 

Berhubungan dalam pembuatan film, Atikoh juga mengungkapkan pentingnya kehadiran pemerintah bagi kaum muda yang berkarya. Menurutnya, hal ini dapat memajukan industri kreatif di bidang perfilman. 

"Teman-teman anak-anak muda ini butuh kehadiran pemerintah, karena kalau membuat film itu kan biayanya besar ya," ujar Siti Atiqoh dihadapan awak media usai nobar. 

Selain kehadiran pemerintah, dari sisi royalti, Atikoh pun menilai perlu adanya perlindungan terhadap kekayaan intelektual agar bisa menghargai sebuah karya. 

"Karena ini mengingatkan terhadap perlindungan intelektualitas dan kekayaan intelektual, jadi kita harus benar-benar bisa menghargai karya," jelas istri Ganjar tersebut. 

Tak hanya itu, Atikoh menuturkan bahwa mereka dapat mendukung perfilman di Indonesia agar tidak terkena banned terhadap pembajakan. Lalu, industri kreatif juga dapat berupa musik maupun film dan karya lainnya. 

"Kita bisa men-support untuk terjadinya banned terhadap pembajakan. Apapun itu, apa itu musik atau film atau karya-karya yang lain lukis dan sebagainya tergantung ya," kata dia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Safari Politik, Siti Atiqoh Ganjar Bertemu Perempuan Tani dan Muslimat di Kulon Progo Yogyakarta

Sebelumnya, Siti Atikoh Supriyanti mengawali kegiatan safari politiknya dengan bertemu petani dari Kelompok Wanita Tani (KWT) di Balai Roro Jonggrang, Kulon Progo, Yogyakarta, Rabu, 6 Desember 2023.

Siti Atikoh Ganjar tiba sekitar pukul 08.05 WIB. Dia tampak didampingi oleh anggota DPR RI dari Fraksi PDIP My Esti Wijayati. Kehadiran Atikoh disambut meriah oleh para ibu-ibu yang berada di lokasi.

Sejumlah ibu-ibu lansia tampak menabuh lesung sebagai tanda dimulainya sebuah prosesi acara. Atikoh pun langsung ikut bersama menabuh lesung.

Usai menambuh lesung, Atikoh menyampaikan terima kasihnya kepada para lansia itu.

"Terima kasih ya Mbah," ucap Atiqoh sambil menyalami para lansia itu.

Para lansia itu pun terlihat begitu senang mendapat salam dari Atikoh. Tak hanya itu, Atikoh juga memeluk satu-persatu para lansia itu.

"Sehat sehat nggih Mbah," ucap Atikoh sambil memeluk mereka.

Selanjutnya, Atikoh diminta ikut bernyanyi dengan tembang lagu Jawa di halaman Balai Roro Jonggrang. Dia juga terlihat mengajak sejumlah ibu-ibu peserta pertemuan untuk berdendang tembang Jawa sambil berjoget. Suasana keceriaan pun terpancang di acara tersebut.

3 dari 4 halaman

Rangkaian Safari Politik Atikoh

Untuk diketahui, kunjungan safari politik Atikoh ke Yogyakarta merupakan rangkaian safari politik hari ketiga, yang sebelumnya dimulai dari Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, dan diakhiri di Solo.

Pada hari ketiga, kegiatan istri Ganjar tersebut di antaranya agenda pertemuan dengan KWT dan Muslimat di Balai Roro Jonggrang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Lalu menggelar pertemuan dengan Industri Ekonomi Kreatif di Jogja T-shirt di Gamping, Sleman, Yogyakarta.

Menjelang siang, Atikoh akan berdialog dengan Kelompok Tani dan Panen Brambang di Joglo Wukirasri Singosaren, Wukirsari, Kab. Bantul, Yogyakarta.

Kemudian, Atikoh dijadwalkan bergerak ke wilayah Bantul. Atikoh akan melakukan konsolidasi perempuan pendukung Ganjar di Lapangan Dwi Windu, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Sowan ke Ponpes Gelar 

Istri calon Presiden (Capres), Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti, sowan ke Pondok Pesantren Gelar Peuteuycondong, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin 4 Desember 2023.

Siti Atikoh Ganjar bersama Ketua DPP PDI Perjuangan, Wiryanti Sukamdani, dan rombongan tiba di Pondok Pesantren Gelar Peuteuycondong sekira pukul 10.10 WIB.

Kehadiran Siti Atikoh langsung disambut hangat oleh perwakilan Ponpes.

Atikoh pun menyalami satu persatu perwakilan pesantren dan sejumlah jajaran perwakilan Partai yakni Anggota DPR RI Fraksi PDIP Diah Pitaloka, Ketua DPC PDIP Kabupaten Cianjur Susilawati, serta jajaran pengurus partai lainnya.

Atikoh kemudian di antar untuk berkunjung dan sowan ke kediaman perwakilan Pondok Pesantren Peuteuycondong Gelar.

Di sana, Atikoh diterima dengan hangat oleh perwakilan Ponpes. Dia juga dimintai tanda tangan di sebuah buku.

4 dari 4 halaman

Berziarah ke Makam Pendiri Ponpes Gelar

Setelah itu, Atikoh dan rombongan diantar para pengasuh pondok untuk berziarah ke makam pendiri Ponpes Gelar, almarhum KH Zen Abdusomad (Mama Gelar) dan Hj Hindun Fathimah (Umi Gelar).

Dia tampak khusyuk memanjatkan doa dan selawat. Sekira kurang lebih 10 menit memanjatkan doa, Atikoh dan rombongan pun meninggalkan makam Mama Gelar dan Umi Gelar.

Kemudian, Atikoh melanjutkan kegiatan dengan hadir di acara silaturahmi bersama ibu-ibu dan perempuan di halaman aula Pondok Pesantren Gelar. Kegiatan itu dihadiri ratusan oleh ratusan Ibu-ibu dan perempuan Majelis Taklim sekitar Ponpes.

Dalam momen itu juga, Atikoh sempat diserbu oleh puluhan anak-anak Sekolah Dasar (SD) yang ingin berebut bersalaman dengan istri Capres nomor urut 3 itu. "Ibu salim, Bu," ucap anak-anak yang kompak mengenakan seragam merah-putih.

"Semoga menjadi anak sholehah ya, pinter-pinter semuanya," pesan Atikoh kepada anak-anak tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.