Sukses

KPU soal Evaluasi Debat Pilpres Perdana: Format Tetap Tidak Akan Berubah

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) rampung melaksanakan rapat evaluasi, terkait debat perdana Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) rampung melaksanakan rapat evaluasi, terkait debat perdana Pilpres 2024.

Menurut Komisioner KPU August Mellazs, pada debat berikutnya yakni calon wakil presiden (Cawapres) pada 22 Desember 2023 format dipastikan tidak berubah.

“Format debat tidak mengalami perubahan. Jadi untuk debat kedua, nanti bisa diteruskan ketiga, keempat, kelima. Tapi setiap kali selesai pelaksanaan debat, kita akan lakukan evaluasi,” kata August kepada awak media di Kantor KPU RI Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Dia melanjutkan, evaluasi hari ini membahas banyak hal. Khususnya yang bersifat tata tertib. August mengakui, banyak catatan yang disampaikan kepada KPU RI dari masing-masing tim pasangan calon, begitu pun antar pasangan calon nomer urut 1,2, dan 3.

“Kami akan optimalkan tim paslon terkait tata tertib. Jadi nanti akan ada lebih memperkuat koordinasi antar Liaison Officer (LO) KPU dengan tim paslon dalam rangka (ketertiban) pendukung dan segala macamnya,” jelas dia.

Selain soal ketertiban pendukung, landscape panggung debat yang dilangsungkan di halaman kantor KPU RI pada 12 Desember 2023 juga menjadi sorotan.

Menurut hasil evaluasi, kapasitas yang terbatas membuat penyiaran tidak dapat menangkap penuh gambar dari suasana debat.

“Jadi ada keterbatasan juga dalam konteks broadcast, lighting, segala macam,” jelas dia.

 

2 dari 3 halaman

Masalah Teknis Bisa Diperbaiki

August berupaya, masalah teknis yang menjadi evaluasi debat perdana bisa diperbaiki di kesempatan debat selanjutnya. Dia optimis, karena penyelenggaraan debat kedua dilangsung di hotel maka kapasitas ruang bisa lebih terakomodasi.

“Mungkin untuk debat kedua, ketiga, keempat dan kelima problem semacam itu mungkin bisa dikurangi karena tidak dilaksanakan di kantor KPU, dilangsungkan di hotel di Jakarta,” ungkap dia.

Terkait lokasi hotel, August belum dapat memastikan. Sebab hal itu harus dirapatkan lagi bersama tv pool penyelenggara.

“Untuk lokasi besok kita akan ketemu dengan pihak TV pool penyelenggaranya. Karena ada beberapa usulan,” dia menandasi.

 

3 dari 3 halaman

Debat Perdana Berjalan 150 Menit

Sebagai catatan, debat perdana calon presiden sudah dilangsungkan pada semalam, Selasa 12 Desember 2023 di Kantor KPU Republik Indonesia.

Debat berjalan selama 150 menit dengan total enam segmen. Sebagai informasi pada segmen pertama adalah sesi untuk penajaman visi misi yang disampaikan oleh masing-masing kandidat, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Pada segmen kedua hingga kelima, masing-masing dari kandidat mengambil pertanyaan secara acak yang sudah disusun oleh 11 panelis.

Pada segmen tersebut, para kandidat diperbolehkan saling berinteraksi dan menanggapi jawaban yang disampaikan. Segmen terakhir atau ke enam adalah penutup. Kandidat dipersilakan membuat closing statement.