Sukses

Anies Akui Diskusi Bareng Cak Imin Jelang Debat Cawapres: Kami Optimis

Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan mengatakan, sempat berdiskusi dengan Cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin) jelang debat perdana cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan mengatakan, sempat berdiskusi dengan Cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin) jelang debat perdana cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023.

"Tentu ada seperti juga kemarin diskusi sama Gus Imin sebelum debat," kata Anies di sela-sela silahturahmi di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Aziziyah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (19/12/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini menyatakan, Cak Imin merupakan tokoh yang mumpuni. Dia menyebut, Cak Imin telah melewati berbagai proses dan pengalaman politik sejak masih muda.

"InsyaAllah. Gus Imin itu seorang yang sudah melewati berbagai macam tukar pikiran sejak muda dan sesungguhnya debat ini kan wacana atau wahana menyampaikan apa yang sudah menjadi pikirannya. Apa yang sudah ada dalam dirinya itu kan tidak bisa disiapkan seperti pentas teater yang dihafalkan," jelas Anies.

Lebih lanjut, dia optimis Cak Imin bakal mampu menyampaikan gagasannya dengan baik saat debat. Menurutnya, Cak Imin akan dapat meyakinkan masyarakat untuk memilih AMIN di Pilpres 2024.

"Nggak bisa dihafalkan karena itu kami optimistis sekali Gus Imin akan hadir menunjukkan pikirannya, gagasannya, cara berpikir, cara komunikasinya yang InsyaAllah akan membuat masyarakat Indonesia makin yakin bahwa pasangan AMIN InsyaAllah pasangan yg setara dalam banyak hal," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Porsi Debat Pilpres 2024

Diketahui, KPU menyediakan lima porsi debat capres-cawapres, tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres. Adapun debat perdana capres sudah digelar pada 12 Desember 2023.

Rencananya debat untuk porsi cawapres, antara Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming dan Mahfud Md akan dilaksanakan pada Jumat 22 Desember 2023.

Adapun tema debat kedua yang akan disampaikan cawapres yaitu ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

3 dari 4 halaman

11 Panelis Debat Cawapres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan sejumlah persiapan jelang debat calon wakil presiden (debat cawapres) Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Debat cawapres tersebut bakal dilakukan pada Jumat 22 Desember 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).

Salah satunya, KPU merilis nama 11 panelis debat. Para panelis debat cawapres nantinya akan merumuskan pertanyaan untuk ketiga cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md.

Berikut daftar nama 11 panelis debat cawapres 22 Desember 2023:

1. Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020),

2. Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember),

3. Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Alma Jaya 2015-2023),

4. Fausan Al Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung),

5. Handri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Undonesia),

6. Hyronimus Rowa (Wakil Rektor bidang Akademik dan Inovasi IPDN),

7. Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM),

8. Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025),

9. Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro),

10. Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta), dan

11. Yosa Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS)

4 dari 4 halaman

Moderator Debat Cawapres

Selain itu, menurut Ketua KPU Hasyim Asy'ari, pihaknya menunjuk Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa sebagai moderator dalam debat cawapres.

"Moderator yang akan memimpin atau memoderasi debat calon wakil presiden besok tanggal 22 Desember yang pertama adalah Alfito Deannova dari Trans Crop, kemudian yang kedua adalah Kompas TV, Liviana Cherlisa," ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin 18 Desember 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.