Sukses

Intip Keseruan Anies Bantu Cak Imin Jelang Debat Cawapres hingga Simulasi Pertanyaan Sulit

Unggahan video simulasi tanya jawab Anies-Cak Imin diberi judul 'Bersyanda bapack-bapack'. Siapapun yang ketawa dalam permainan maka lawan dapat poin. Kemudian bagi yang kalah bakal dislepet menggunakan sarung.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan, membantu cawapresnya, Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin jelang debat perdana cawapres di JCC Senayan, Jumat malam (22/12/2023). 

Keduanya, melakukan simulasi dengan berbagai pertanyaan jenaka. Momen ini dibagikan Anies di berbagai akun media sosialnya seperti Instagram dan Twitter.

"Bantuin Gus Imin persiapan debat nanti malam. Simulasi tanya jawab pertanyaan sulit," kata Anies lewat akun Twitter @aniesbaswedan, Kamis (22/12/2023).

Pada unggahan Twitternya itu, nampak Anies dan Cak Imin mengenakan kemeja dengan warna senada. Keduanya duduk saling berhadap-hadapan di sebuah meja. 

Unggahan video simulasi tanya jawab itu diberi judul 'Bersyanda bapack-bapack'. Siapapun yang ketawa dalam permainan maka lawan dapat poin. Kemudian bagi yang kalah bakal dislepet menggunakan sarung.

Pada rekaman video, terlihat Anies memulai simulasi dengan bertanya kepada Cak Imin terlebih dahulu. Nampak Cak Imin juga berusaha menahan tawa. 

"Kota apa di Jawa yang banyak bapak-bapaknya?," tanya Anies.

"Masa saya absen satu persatu ini. Jombang, Solo, Jogja? Apa yang bener?," jawab Cak Imin.

Jawaban Cak Imin rupanya tidak tepat yang disambut tawa keduanya, sehingga baik Anies maupun Cak Imin sama-sama memperoleh poin. 

"Purwo-daddy (Purwodadi, Jawa Tengah)," kata Anies menjawab Cak Imin.

Pertanyaan dilanjutkan Cak Imin. Dia bertanya ke Anies tentara apa yang paling kecil.

"Ini emang harus meleset ya otaknya ini. Tentara-tentara-an. Apa?," jawab Anies ke Cak Imin.

"Jawabannya tentara yang paling kecil ya tentara sekutu," ujar Cak Imin.

Mendapati jawaban Cak Imin, Anies tak habis pikir. Dia langsung tertawa dan Cak Imin. 

Pada simulasi ini, Anies lebih banyak tertawa sehingga Cak Imin mendapat poin maksimal. Hingga simulasi berakhir, Cak Imin memperoleh poin tertinggi dan menjadi pemenang. 

Anies yang kalah telak dari Cak Imin dihukum dengan cara dislepet pakai sarung oleh Cak Imin. 

Unggahan yang sama, juga dibagikan Cak Imin di akun Instagram pribadinya @cakiminnow. Unggahan ini, telah ditonton 18,4 ribu orang pada pukul 09.19 WIB, Jumat (22/12 2023).

"Latihan tahan tawa dulu. Awas kalau ada yang ketawa kena slepet," kata Cak Imin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan 18 Pertanyaan untuk Cawapres

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) Hasyim Asy'ari menyatakan pihaknya menyiapkan 18 pertanyaan yang tengah disusun oleh 11 panelis untuk debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jumat, 22 Desember 2023.

Tema debat cawapres kali ini mengenai ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

"Panelis menyiapkan 18 pertanyaan, ada 6 sub tema," ujar Hasyim di Gedung KPU, Kamis (21/12/2023).

Hasyim menyebut nanti pihaknya akan mengundi pertanyaan yang akan diberikan moderator kepada ketiga cawapres yakni, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md.

Kata Hasyim, pertanyaan yang akan diberikan kepada ketiga cawapres diundi semata demi keadilan.

"Pertanyaan dalam sub tema masing-masing ada 3 itu kan, soal undian. Dalam pandangan kami itu lebih fair daripada KPU yang menentukan karena pastilah ada tuduhan di-setting," kata Hasyim.

"Jadi, dari masing-masing sub tema sudah ada pertanyaan dan sudah terambil," Hasyim menambahkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.