Sukses

Berpakaian Khas Madura, Mahfud Md Siap Debat Cawapres di JCC

Mahfud Md pun menjelaskan tentang makna baju khas Madura yang dipakainya untuk debat cawapres pada Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md bersiap untuk bergerak ke Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, dalam rangka menghadiri debat cawapres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (22/12/2023), Mahfud Md tiba di Media Center Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat sekitar pukul 17.13 WIB. Dia mengenakan pakaian berciri khas Madura, belang merah putih.

Dia pun mengaku siap menghadapi debat cawapres di JCC, Senayan, Jakarta, sedangkan Ganjar Pranowo belum tanpa hadir di Teuku Umar.

"Siap (debat cawapres)," kata Mahfud.

Mahfud Md pun menjelaskan tentang makna baju khas Madura yang dipakainya tersebut.

"Ini baju rakyat Madura, ada dua lapis, ini ada lapisan priayi dan ada lapisan rakyat. Nah ini baju rakyat, sehingga saya pakai baju adat Madura," tutur Mahfud.

"Kenapa saya pakai, ini menunjukkan masalah yang dihadapi rakyat," sambungnya.

 

2 dari 3 halaman

Main dengan Cucu

Sementara itu, dibandingkan berkutat dengan materi dan bahan dialog, Mahfud mengaku malah menghabiskan waktu dengan cucunya sebelum ajang debat cawapres.

"Saya tadi main sama cucu 13.30 WIB sampai jam 15.00 WIB, itu ke tempat rekreasi anak-anak, karena cucu saya datang dari Surabaya, datang mau akhir tahun di sini. Jadi saya lebih baik main sama cucu," jelas dia.

Dia pun menyatakan kesiapannya mengikuti debat cawapres berhadapan dengan cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan cawapres nomor urut dua Giran Rakabuming Raka.

"Daripada menyiapkan apa-apa yang menurut saya masih spekulatif semuanya," Mahfud menandaskan.

3 dari 3 halaman

Persiapan Mahfud Md Jelang Debat Cawapres, Disiapkan Bahan tapi Tak Baca Semua

Sebelumnya, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga, Mahfud Md mengaku sangat siap menghadapi debat cawapres yang dilaksanakan KPU RI di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, malam ini. Meski ada banyak materi yang tidak sempat didalami, dia tetap percaya diri dapat menampilkan kemampuan terbaik.

"Ya saya mencoba menseleksi dulu. Segini banyak (bertumpuk). Ada yang lewat WA, ada yang lewat kertas itu partisipasi kepada saya," tutur Mahfud di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

"Tapi terus terang saya tidak bisa membaca semuanya, maka ya saya coba olah dari itu secara random itu, karena pada umumnya debat itu kan ingin merekam kemampuan saat berdebat ya. Bukan orang belajar seminggu tapi debat,” sambungnya.

Mahfud menegaskan kesiapannya menghadapi tema apapun yang ditentukan dalam ajang debat cawapres, termasuk soal ekonomi dan bisnis.

"Nggak apa-apa, kalau mau jadi pemerintah harus siap di segala bidang. Kan pemerintah itu bukan hanya pemerintahan di bidang hukum, pemerintahan di bidang ekonomi, pemerintahan di bidang budaya. Semua kalau pemerintah itu. Oleh sebab itu harus siap," jelas dia.