Sukses

Sampaikan Visi Misi, Gibran Tegaskan Keberlanjutan, Percepatan, dan Penyempurnaan

Gibran menegaskan bahwa garis besar dari visi misi pasangan capres-cawapres nomor urut 2 adalah keberlanjutan, percepatan, dan penyempurnaan program-program yang sudah berjalan.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mendapat giliran pertama menyampaikan visi dan misi pada debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2023) malam.

Dalam kesempatan tersebut, dia menegaskan bahwa garis besar dari visi misi pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka adalah keberlanjutan, percepatan, dan penyempurnaan program-program yang sudah berjalan.

"Narasi besarnya di sini adalah keberlanjutan, percepatan, dan penyempurnaan," ujar Gibran menutup penyampaian visi misi di debat cawapres.

Dalam uraian visi misi tersebut, Gibran menjelaskan bahwa agar Indonesia mampu keluar dari jebakan kelas menengah, maka negara harus mampu menaikkan nilai tambah dalam negeri termasuk juga keluar dari resistensi global.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini sudah baik yaitu bisa mengurangi penurunan angka pengangguran kemiskinan. Selain itu juga mampu menurunkan gini ratio.

Lalu apa yang akan dilanjutkan ke depannya?

Gibran mengatakan bahwa dirinya akan melanjutkan hilirisasi. "Bukan hanya tambang tetapi juga pertanian, perikanan, digitalisasi dan lainnya," ucap Gibran Rakabuming Raka.

2 dari 3 halaman

Tema Debat Cawapres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat kedua kandidat calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Debat kedua yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat, 22 Desember 2023 ini memberikan porsi lebih banyak kepada ketiga cawapres.

Artinya, ini merupakan kesempatan perdana bagi Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md untuk menyampaikan gagasannya di arena debat Pilpres 2024.

Debat cawapres kali ini mengusung tema tentang Ekonomi (ekonomi kerakyatan serta ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)-Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Infrastruktur dan Perkotaan.

Dalam debat cawapres ini, KPU telah menunjuk Alfito Deannova Trans Corp dan Liviana Cherlisa dari Kompas TV sebagai moderator.

3 dari 3 halaman

Daftar Panelis

Selain itu, KPU juga telah menunjuk 11 panelis yang semuanya sudah berada di Jakarta untuk menyusun pertanyaan dan bahan debat.

Adapun daftar nama 11 panelis debat cawapres 22 Desember 2023 adalah sebagai berikut:

  1. Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020);
  2. Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember);
  3. Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Alma Jaya 2015-2023);
  4. Fausan Al Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung);
  5. Handri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Undonesia);
  6. Hyronimus Rowa (Wakil Rektor bidang Akademik dan Inovasi IPDN);
  7. Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM);
  8. Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025);
  9. Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro);
  10. Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta); dan
  11. Yosa Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS).